Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Minggu, 23 Nopember 2014  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Dari Rapat Kabinet Terbatas Pasokan Bahan Pokok Aman
[Ekonomi dan Keuangan]

Dari Rapat Kabinet Terbatas Pasokan Bahan Pokok Aman

Jakarta, Pelita
Menko Perekonomian Boediono mengatakan pada intinya dari segi kesiapan menjelang Lebaran yang terkait dengan penyediaan pasokan bahan-bahan pokok relatif cukup aman.
Ada berbagai barang termasuk yang sangat pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, dan BBM yang jadi fokus pembahasan, itu semua aman. Kemudian masalah transportasi juga cukup aman, baik sarana, prasarananya, infrastruktur, dari berbagai moda, jelasnya kepada pers usai rapat kabinet terbatas (Ratas) tentang persiapan Idul Fitri 1428 H, di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (20/9).
Dari aspek persiapan dan perbaikan jalan, ditargetkan pada H-10 semua kegiatan perbaikan dan pelebaran jalan harus sudah selesai.
Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menambahkan persediaan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) selama bulan puasa dan menjelang Lebaran masih normal dan tidak ada laporan mengenai gejolak harga.
Dari segi kesediaan bahan pokok, aman. Bahkan untuk daging, ayam, telur, baik dari segi produksi maupun rencana produksi, dilaporkan para produsen aman sampai akhir tahun. Perkembangan harga tidak menunjukkan gejolak tinggi, katanya.
Untuk beras, gula, minyak goreng juga menurut pantauan tidak ada kekhawatiran dari segi gejolak kenaikan harga, kecuali untuk barang yang tidak tahan lama. Seperti cabe, daging, telur, dan ayam yang akan mengalami gejolak sesaat saat permintaan meningkat pada Hari Raya.
Berdasarkan pengalaman, saat Lebaran selalu terjadi kenaikan permintaan 10-20 persen di masa puasa dan Lebaran, sehingga harga biasanya naik antara 1-10 persen tergantung jenis komoditinya. Gejolak sesaat seperti ini terjadi setiap tahun, dan masyarakat juga perlu mengantisipasinya, kata Mari.
Pengguna sepeda motor
Pemerintah memperkirakan jumlah sepeda motor yang mudik keluar dari wilayah Jabodetabek pada Lebaran tahun ini akan mengalami kenaikan dari 1.856.619 sepeda motor tahun 2006 menjadi 2.437.572 sepeda motor atau naik sebesar 31,29 persen.
Hal tersebut disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Departemen Perhubungan Iskandar Abubakar.
Salah satu kendala yang dihadapi nanti adalah pertumbuhan sepeda motor cukup tinggi yakni mencapai 30 persen (tepatnya 31,29 persen-Red), jelas Iskandar dalam jumpa pers yang dihadiri Menko Perekonomian Boediono, Menteri Perdagangan Mari E Pangestu, Kapolri Jenderal Pol Sutanto, dan Dirut Perum Bulog Mustafa Abubakar.
Hadir pula dalam Ratas yang dipimpin Presiden Yudhoyono itu antara lain Wapres Jusuf Kalla, Menko Polhukam Widodo AS, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menag M Maftuh Bsyuni, dan Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto.
Sementara itu, jumlah penumpang angkutan umum selama Lebaran juga diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 5,7 persen dibandingkan tahun 2006.
Besarnya jumlah penumpang angkutan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai total 14,8 juta orang. Terdiri dari 1,7 juta orang adalah penumpang angkutan udara, 534.000 penumpang angkutan laut, 2,6 juta penumpang angkutan kereta api, 7,2 juta penumpang angkutan jalan, dan 2,7 juta orang angkutan sungai danau dan penyeberangan, jelasnya.
Namun secara umum, masalah kesiapan transportasi cukup aman, setelah melihat demand dan suplai serta kapasitas yang disediakan cukup besar.
Untuk jalan raya permintaan 7,2 juta penumpang sedangkan suplai 15 juta penumpang, sehingga untuk transportasi jalan, ini bisa dipenuhi. Kecuali yang menjadi permasalahan nanti adalah kepadatan lalu lintas yang mengakibatkan gangguan kelancaran sehingga dari Polri dan Pemda akan melakukan upaya di sepanjang angkutan darat supaya lancar, tuturnya.
Taati peraturan
Kapolri Jenderal PolSutanto mengingatkan para pemudik yang menggunakan sepeda motor agar berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas yang ada guna menghindari terjadinya kecelakaan.
Yang saya ingatkan adalah pengendara motor karena jumlahnya semakin meningkat. Mereka banyak yang merupakan pengguna motor baru, sehingga tentu belum berpengalaman untuk jarak jauh. Mohon diantisipasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan, katanya.
Kapolri menambahkan agar para pengendara sepeda motor memperhatikan titik-titik tertentu sebagai tempat pemberangkatan dan tempat peristirahatan bagi pengguna sepeda motor.
Kalau Lebaran biasanya ingin cepat sampai dan kurang hati-hati sehingga sering celaka, kita mohon hati-hati dan tidak terburu-buru, katanya.
Pihaknya juga menyediakan sejumlah titik-titik pemberangkatan bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, antara lain di Monumen Nasional (Monas).
Titik pemberangkatan di DKI adalah di Monas, dan beberapa tempat yang lain. Silakan nanti berangkat bersama-sama secara bergelombang, ada jam-jamnya yang akan diumumkan oleh Direktorat Lalu Lintas, katanya.(ant/iz)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Pemerintah Perketat Impor Daging Sapi Hanya dari Empat Negara
Menakertrans: Pembayaran THR Wajib Hukumnya
Perum Pegadaian Segera Berubah Jadi Perseroan Terbatas
Budi Mulya dan Ardhayadi Deputi Gubernur BI yang Baru
Ekspor Bordir dan Sulaman Capai 15,2 Juta Dolar