Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Jum'at, 19 September 2014  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Pelabuhan Priok Berlakukan Tarif Baru Jasa Kapal
[Ekonomi dan Keuangan]


Pelabuhan Priok Berlakukan Tarif Baru Jasa Kapal

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Tanjung Priok, mulai 10 November 2008 memberlakukan tarif baru pelayanan jasa kapal setelah mendapat persetujuan pemerintah.
Sebelumnya sejumlah asosiasi pengguna jasa pelabuhan dan direksi PT Pelindo II mengajukan penyesuaian tarif baru tersebut setelah hampir tujuh tahun tidak mengalami kenaikan, kata Asisiten Manager Pelayanan Pelanggan dan Humas Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, Hambar Wiyadi, Kamis (8/11).
Tarif baru pelayanan jasa kapal tersebut meliputi jasa labuh, jasa pemanduan, jasa penundaan dan jasa tambat, dengan rata-rata kenaikan dalam negeri 40-45 persen dan luar negeri antara 10-12,5 persen dari tarif sebelumnya.
Penyesuaian tarif ini sesuai Surat Keputusan Direksi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Nomor: HK.56/4/16/PI-II-07 tanggal 1 Nopember 2007 Tentang Tarif Pelayanan Jasa Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok dan Surat Keputusan Direksi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II Nomor HK.56/4/17/PI-II-07 tanggal 1 Nopember 2007 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Tarif Pelayanan Jasa Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok.
Dikatakan, penyesuaian tarif jasa pelayanan kapal sebelum diajukan ke pemerintah telah dibahas dan disetujui secara bersama-sama antara manajemen Pelindo II dengan asosiasi pengguna jasa antara lain DPC Insa Jaya, DPC APBMI Tanjung Priok, DPW Gafeksi/INFA DKI Jakarta, BPD Ginsi DKI Jakarta dan DPD GPEI DKI Jakarta.
Selain itu, mendapat persetujuan dari Dewan Pemakai Jasa Angkutan Indonesia (Depalindo), yang selanjutnya dikonsultasikan dengan Menteri Perhubungan (Menhub) untuk mendapatkan persetujuan.
Mekanisme tarif yang akan diberlakukan telah sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 39/2004 tanggal 29 Maret 2004 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 72 Tahun 2005 tentang perubahan atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 50 Tahun 2003 tentang Jenis, Struktur dan Golongan Tarif Pelayanan Jasa Kepelabuhanan untuk pelabuhan laut.
Selain itu, juga sesuai dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan Individual Port Tariff, maka masing-masing pelabuhan dilakukan penetapan besaran tarif dengan mnghitung biaya pokok dan tingkat pencapaian level of service.
Apabila melihat tarif pelayanan jasa kapal yang ada (saat ini) sebelum penyesuaian sudah tidak mampu mencapai cost recovery akibat membengkaknya biaya operasional pelayanan jasa kepelabuhanan, tingginya kebutuhan dana untuk investasi, biaya perawatan fasilitas, khususnya terhadap kebutuhan biaya pengerukan alur pelabuhan.
Perlu didukung
Karena itu, untuk meningkatkan pelayanan perlu didukung dengan sejumlah investasi serta pengadaan penambahan fasilitas dan peralatan yang memadai dan handal untuk kelancaran kegiatan operasional pelayanan jasa kepelabuhanan.
Dengan adanya penyesuaian tari, manajemen Cabang Pelabuhan Tanjung Priok dapat mengantisipasi berbagai tuntutan keinginan pelanggan dan memenuhi kebutuhan pelayanan dipasar global, katanya.
Untuk itu akan terus diupayakan meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan, termasuk investasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, memenuhi desakan kebutuhan untuk investasi fasilitas dan peralatan teknologi kepelabuhanan.
Dengan adanya penyesuaian tarif pelayanan jasa kapal, manajemen pelabuhan akan mampu meningkatkan pelayanan (level of service), jelasnya.
Menurut Hambar, Untuk peningkatan pelayanan, Cabang Pelabuhan Tanjung Priok telah melakukan investasi Rp213,9 miliar, diantaranya pningkatan dan perkuatan lapangan penumpukan, pendalaman dan perkuatan di sejulmah dermaga (dermaga 114, 11, 200 dan Terminal Besi Bekas) hinggal kedalaman mencapai - 14 Meter LWS (Lower Water Springs).
Investasi lainnya untuk peningkatan jalan di dalam pelabuhan, pembangunan lapangan penumpukan, pembangunan gate lini I di terminal konvensional, penambahan jaringan CCTV (Close Circiut Televison) dan pengembangan sistem informasi berbasis WEB dan Wireless di terminal konvensional, penataan ruang sisi laut darat lini I dan lini II serta pengadaan dua unit kapal tunda yang sudah dapat beroperasi pada awal tahun 2008. (y)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Depkeu Tetap akan Jual Aset Texmaco
BUMN Diminta Jangan Mudah Dirikan Anak Perusahaan
Presiden: Harga BBM Tidak Akan Dinaikkan
Pengamat: Bantuan Modal kepada UMKM
Pengamat: Tepat Keputusan BI Pertahankan BI Rate