Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Kamis, 24 April 2014  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Mampukah Condro Kirono Menakhodai
[Metropolitan]

Dirlantas Polda Metro Jaya Sertijab
Mampukah Condro Kirono Menakhodai
Dirlantas Polda Metro Jaya?

JABATAN Dirlantas Polda Metro Jaya, menurut rencana Senin (15/9) diserahterimakan dari Kombes Pol Drs Djoko Susilo, SH, MSi kepada Kombes Pol Drs Condro Kirono. Acara serah terima jabatan akan dilaksanakan di Gedung Utama Polda Metro Jaya, sekitar pukul 13.00 WIB dengan Inspektur Upacara Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Adang Firman.
Berbagai kalangan banyak yang bertanya, mampukah Condro Kirono menahkodai Dirlantas Polda Metro Jaya seperti halnya yang telah dilakukan Djoko Susilo selama ini, atau malah Condro bakal lebih berprestasi lagi? Seperti diketahui, jabatan Condro Kirono sebelumnya yakni Dirlantas Polda Jawa Timur, di Surabaya. Sedangkan Djoko Susilo, setelah serah terima jabatan, dia menjabat sebagai Wakil Direktur Lalulintas Markas Besar Kepolisian (Mabak) II.
Berdasarkan data yang ada, cikal bakal pendidikan Djoko Susilo dengan Condro Kirono merupakan sama-sama alumi Akademi Kepolisian (Akpol) lulusan tahun 1984. Bahkan mereka berdua dalam menempuh pendidikan sekolah perwira tingginya pun (Sespati) sama-sama satu angkatan. Walaupun dalam meniti karier jabatan elite kelalulintasannya, Condro Kirono dapat dikatakan di atas satu strip dari pengalaman yang telah dialami Djoko Susilo.
Hal itu dapat terlihat dari tiga kali jabatan Dirlantas sebelumnya yang dialami Condro Kirono yakni Kaditlantas Polda Yogyakarta, Kaditlantas Polda Samarinda, dan Dirlantas Polda Jawa Timur. Sedangkan jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya yang akan diembannya mendatang ini, merupakan jabatan Dirlantas yang ke empat kalinya.
Memang jika dibandingkan dengan Polda lain di Indonesia, Polda Metro Jaya memiliki permasalahan yang sangat berbeda dengan jajaran Polda lainnya. Disamping dilihat dari sisi budaya masyarakatnya yang heterogen, permasalahannya pun lebih kompleks. Salah satu faktor pendukung utamanya, karena Polda Metro Jaya berada di Ibukota negara.
Sehingga tak heran, jika di Polda Metro Jaya ini khususnya untuk jabatan Dirlantas, selain merupakan jabatan prestise seorang Polisi Lalulintas, juga merupakan tantangan berat bagi para Polisi Lalulintas berpangkat Kombes senior untuk meraih prestasi sehingga pangkatnya dapat pecah menjadi bintang satu (Brigjen Pol).
Maka menjadi hal yang wajar ketika para polisi berbasis pendidikan Lalulintas berpangkat melati tiga saling berlomba untuk berebut jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya ini. Namun dari kalangan polisi itu sendiri banyak yang menilai jabatan itu dapat diraih selain dari titian prestasi karier, yang lebih menentukan adalah berkah garis tangan seseorang.
Dua polisi berpangkat Komisaris Besar senior, yakni Djoko Susilo dan Condro Kirono, diakui sama-sama dua polisi yang memiliki karier cemerlang dijabatan kelalulintasannya. Hal itu diungkapkan mantan Kadispen Polda Metro Jaya Kombes Pol Zaenuri Lubis, yang saat ini menduduki salah satu jabatan di Bareskrim Mabes Polri. Menurut dia, adik angkatannya itu, sama-sama dua polisi yang dalam meniti kariernya sangat berprestasi. Sehingga tak heran jika keduanya kini sudah menggondol kelulusan Sespati.
Mereka berdua memang dua polisi yang sangat brilian. Jujur saja, saya salut kepada keduanya yang telah gigih dapat meniti karier yang cemerlang di dalam organisasi, papar Zaenuri Lubis kepada Pelita melalui handphonenya, kemarin.
Bahkan, Perwira Menengah polisi berpangkat melati tiga lulusan Akpol 1981 ini juga, sempat mengucapkan selamat dan sukses kepada keduanya, dimana kedua polisi yang juga berpangkat melati tiga ini ternyata juga telah dapat membuktikan kinerjanya dengan baik dan berprestasi, baik kepada masyarakat luas maupun kepada para pimpinannya terdahulu dan sekarang.
Dilain pihak, mayoritas staf dan karyawan Dirlantas Polda Metro Jaya pun banyak yang berharap atas kepemimpinan Condro Kirono mendatang dapat membawa peningkatan kinerja jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya, khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Minimal menindaklanjuti berbagai program seperti yang telah dilahirkan oleh Dirlantas sebelumnya yakni Djoko Susilo.
Saya yakin kepemimpinan Pak Condro dapat lebih meningkatkan kinerja Dirlantas Polda Metro Jaya. Hal itu dapat dikatakan masuk akal, karena berbagai pengalaman Pak Condro dalam mengemban jabatan Dirlantas pada beberapa Polda lainnya, papar salah seorang staf Dirlantas Polda Metro Jaya yang enggan disebut jati dirinya ini.
Seperti diketahui, Djoko Susilo dianggap merupakan salah seorang polisi di jajaran lalulintas yang telah berhasil memimpin Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi program yang telah digulirkannya, terutama menyangkut peningkatan peran dan pelayanan Dirlantas Polda Metro Jaya kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
Berbagai pihak menilai keberhasilan yang diraih Djoko Susilo itu, selain ditopang dengan keprofesionalan pemahaman kelalulintasan yang diperolehnya dari mengikuti pendidikan di Serpong Banten, berbagai studi banding ke mancanegara terkait alih teknologi trasportasi perkotaan seperti di Tokyo, Hongkong, dan Korea juga turut menunjangnya.
Sehingga menjadi tak heran lagi, jika kemudian pimpinannya pun sangat percaya kepada Djoko Susilo, lalu Djoko Susilo diberi amanah jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya hingga selama empat tahun lebih. Padahal sebelumnya, belum ada sejarah pada jabatan yang sama, ada Polisi Lalulintas yang dipercaya oleh pimpinan memangku jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya hingga di atas tiga tahun lamanya.(danang donoroso)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
8.000 Perda Beragam
Waspadai Maraknya Penipuan Berkedok Undian Gratis Berhadiah
Jangan Bersedekah Pada Gepeng
Jakarta Bakal Miliki Green Building
Semua Angkutan Lebaran Harus Lulus Uji Kir dan Emisi