Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Selasa, 22 Juli 2014  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Kantor Samsat Jambi Bak Hotel Berbintang
[Nusantara]

Kantor Samsat Jambi Bak Hotel Berbintang

SUMPEK, semrawut, berdesak-desakan, dan fasilitas yang kurang di Kantor-kantor Samsat di Tanah-Air merupakan suatu hal lumrah. Tapi suasana di hotel berbintang, baru Pelita temukan dan rasakan di Kantor Samsat Jambi, Provinsi Jambi; pekan lalu.
Meski Kantor-kantor Samsat di seluruh Indonesia berusaha agar para wajib pajak memperoleh pelayanan baik dan suasana nyaman, tapi Samsat Jambi tampaknya menduduki peringkat teratas dibandingkan Kantor-kantor Samsat lainnya.
Di depan loket tak ada antrean. Para wajib pajak menunggu di tempat duduk empuk, ruangan yang sejuk, dan semuanya tertib. Bahkan kantor tersebut menyediakan ruangan khusus untuk para Lansia yang akan membayar pajak kendaraannya.
Saat Pelita bersama tujuh wartawan dari Jakarta meninjau kantor itu hari Kamis (14/5), seluruh karyawan mengenakan seragam batik. Katanya, setiap hari Kamis seluruh PNS di Provinsi Jambi diwajibkan mengenakan pakaian batik.
Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah Samsat Jambi Yusrin Yusman, kantor tersebut berdiri sejak empat tahun lalu. Sejak dibuka, Kantor Samsat Jambi memberikan pelayanan yang memadai kepada para wajib pajak, khususnya yang akan membayar pajak kendaraan bermotor, baik roda dua atau roda empat. Kami terus melakukan pembenahan-pembenahan, termasuk mengatasi calo, baik dari dalam maupun luar. Kerjasama kami dengan Dispenda dan Jasa Raharja Cabang Jambi sangat baik, jelasnya.
Untuk mengatasi beroperasinya calo --yang biasanya banyak dikeluhkan oleh para wajib pajak-- Kantor Samsat Jambi sengaja membuka loket khusus untuk biro jasa. Tujuannya agar tidak ada praktik percaloan. Namun, untuk mengurus pajak pada Loket Kuasa Wajib Pajak, biro jasa harus melampirkan surat kuasa bermaterai. Ada 10 biro jasa resmi yang terdaftar di tempat kami. Setiap hari ada sekitar 100 surat kuasa. Mungkin orang-orang yang memberikan surat kuasa itu tidak ada waktu untuk membayar sendiri, kata Kasi STNK Samsat Jambi AKP Herlina.
Menjawab Pelita mengenai jumlah wajib pajak yang memerlukan pelayanan di Kantor Samsat Jambi, Herlina menyebutkan antara 500 hingga 1.000 berkas/hari. Ini sudah ideal, kata anggota Polwan itu. Meski demikian, pihaknya ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, di antaranya dengan membuka Gerai Samsat di Mal WTC Batanghari, Drive Thrue, dan Samsat Batandang. Khusus untuk pelayanan Samsat Batandang, Kantor Samsat Jambi menyiapkan 10 unit sepeda motor yang akan mendatangi wajib pajak secara door to door setelah mengetahui pajak kendaraannya akan masuk jatuh tempo.
Untuk Gerai Samsat, setiap hari targetnya melayani 50 hingga 100 berkas/hari, sedangkan untuk Samsat Batandang setiap petugas ditargetkan mendatangi lima wajib pajak/hari. Ini merupakan terobosan dari Dirlantas Polda Jambi agar ada peningkatan pemasukan dari wajib pajak, ucap AKP Herlina lagi.
Berkat pelayanan itulah, Kantor Samsat Jambi meraih Sertifikat ISO 9001:2000 tahun 2008.
Berbeda dengan Jambi, Samsat Palembang, di Sumatera Selatan suasananya masih seperti Kantor-kantor Samsat lainnya. Masyarakat wajib pajak masih bergerombol di depan loket. Meski sudah dilengkapi dengan alat penyejuk ruangan, suasana panas masih terasa.
Kami berusaha meningkatkan pelayanan dan mewujudkan transparansi, agar masyarakat merasa nyaman, kata Kasi STNK Samsat Palembang Kompol Wishnu Buddaya yang mendampingi Wadirlantas Polda Sumsel AKBP Budi Prasetyo, pekan lalu.
Di Samsat Palembang sebanyak 3.000 berkas/hari yang harus dilayani, baik untuk kendaraan roda empat atau roda dua. Jumlah itu melebihi kapasitas ideal Kantor Samsat itu, yakni 750 berkas/hari. Untuk itu berbagai langkah inovasi dilakukan Kantor Samsat Palembang, di antaranya mendirikan Gerai Samsat di Mal PTC dan Kantor Samsat Pembantu di beberapa daerah.
Di Kantor Samsat Palembang --yang juga sudah meraih Sertifikat ISO 9001:2000 tahun 2008-- seorang wajib pajak bisa memperpanjang STNK antara dua atau tiga jam.
Di kantor itu, masyarakat juga bisa mengakses informasi melalui komputer di ruang khusus informasi mengenai kendaraan bermotor, biaya pajak yang harus dibayar, dan lain-lain; termasuk jika ada kasus tabrak lagi dan masyarakat mengetahui nomor polisi kendaraan yang melakukan tabrak lari itu bisa diketahui siapa pemiliknya. Tapi untuk alamat pemilik kendaraan, hanya kami yang bisa membukanya, ucap Kompol Wishnu Buddaya.(be)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Ulah Nincak Nu Leutik
KTNA Segera Membentuk Pengurus di Kecamatan
Pemkab Barut Adakan Pelatihan Damkar
Penerimaan Bea Adm TNKB 2008 Samsat Depok Capai Rp1,9 M
Pemkab Batanghari Tengah Melaksanakan Birokrasi Reformasi