Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Kamis, 27 Nopember 2014  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Cidokom Wakili Kab Bogor Lomba Desa Tingkat Provinsi
[Hallo Bogor]

Cidokom Wakili Kab Bogor Lomba Desa Tingkat Provinsi

Bogor,Pelita
Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2010 dari 411 desa dan 17 Kelurahan yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, Desa Cidokom, Kecamatan Gunung Sindur mendapat penilaian sebagai desa berprestasi untuk mengikuti lomba Desa Tingkat Jawa Barat.
Penilaian tersebut, secara langsung dilakukan Tim Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat yang berjumlah delapan orang, dan diterima Wakil Bupati Bogor, H Karyawan Fathurachman didampingi sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Hj Nurhayanti, Ketua Tim Peggerak PKK Kabupaten Bogor, Hj Elly Halimah Rachmat Yasin. Dan Kepala Desa Cidokom Achmad Dahlan beserta isteri, di kantor Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur, Selasa (18/5).
Wakil Bupati Bogor, H Karyawan Faturachman saat menerima rombongan yang tergabung dalam tim penilaian perlomban desa di tingkat Jawa Barat yang diketuai Hj Ninik Kencanawati, MSi dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa dengan terpilihnya Desa Cidokom untuk mewakili Kabupaten Bogor ini bukan berarti memberikan indikasi bahwa desa-desa lain tidak memperoleh pembinaan sebagaimana mestinya, karena proses pembinaan desa terus dikembangkan secara menyeluruh dan intensif, khususnya melalui pengembangan program desa sehat, desa cerdas dan desa raharja yang mengarah pada pembinaan desa mandiri.
Terciptanya desa sehat, desa cerdas dan desa raharja pada dasarnya merupakan hasil dari upaya dan program yang dikembangkan dalam bentuk bina manusia, bina usaha dan bina lingkungan secara terintegrasi dengan upaya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kemitraan masyarakat desa dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan, ujarnya.
Dikatakannya , upaya pengembangan desa juga mendapat penguatan dengan dikembangkannya program peningkatan perekonomian daerah yang berdaya saing dengan titik berat kepada revitalisasi pertanian dan pembangunan berbasis perdesaan yang merupakan refleksi dari salah satu misi pembangunan daerah Kabupaten Bogor.
Menurutnya program ini bertujuan untuk menguatkan karakter pedesaan serta mengembalikan kejayaan pertanian sebagai suatu sistem terpadu yang bersinergi dengan pembangunan ekonomi lokal pedesaan melalui implementasi kebijakan ketahanan pangan dan pengembangan komoditas unggulan, termasuk pengembangan industri pedesaa non pertanian dan pengembangan wisata andalan di desa.
Dengan misi ini, lanjut Wabup, diharapka setiap desa yang ada di kabupaten bogor memiliki produk unggulan yang mampu berkembang menjadi sentra unggulan, sehingga potensial membuka lapangan kerja dan meningkatkan peluang pendapatan bagi penduduk desa serta menjadi magnet pertumbuhan bagi desa-desa lainnya.
Terkait dengan Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur yang menjadi objek penilaiann pada kesempatan ini, tambah Wabup, yakni telah berhasil meraih prestasi terbaik I Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2010, karena seluruh elemen masyarakatnya, mulai dari kepala desa, perangkat desa, BPD, LPM Desa, TP PKK Desa, hingga para pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Lembaga Kemasyarakatan Desa lainnya, memiliki komitmen, jiwa dan semangat kebersamaan yang kuat untuk bersama sama mengatasi tantangan dan permasalahan pembangunan desanya.
Prestasi yang telah diraih tersebut, memberikan indikasi positif, bahwa Desa Cidokom telah memenuhi kriteria desa berprestasi serta telah menjalani proses seleksi yang ketat, kiranya hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Tim Penilai untuk menempatkan Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur dalam posisi terhormat pada pelaksanaan perlombaan desa tahun 2010 dan menjadikannya sebagai duta Jawa Barat dalam perlombaan desa tingkat Nasional Tahun 2010, kata Wabup.
Sementara itu, ketua Tim Penilai Dra. Hj. Ninik Kencanawati, M.Si., dalam kata sambutannya mengatakan bahwa dirinya bersama tim penilai lainnya, merasa terkesan dengan penyambutan dari warga Desa Cidokom yang begitu luar biasa, hal ini terlihat dari partisipasi masyarakatnnya yang begitu tinggi dalam mendukung setiap program yabg diselenggarakan oleh Pemerintahan Desa Cidokom.
Menurutnya, Perlombaan desa dan kelurahan tahun ini adalah merupakan perlombaan desa dan kelurahan tingkat Propinsi Jawa Barat yaitu perlombaan desa di Jawa Barat yang meliputi di 17 Kabupaten dan kelurahan di 9 Kota, dan hasil dari penilaian tersebut, akan dihasilkan 3 desa dan 3 kelurahan yang akan mengikuti penilaian perlombaan desa dan kelurahan juara tingkat Propinsi Jawa Barat.
Dikatakannya, penilaian yang digunakan dalam perlombaan ini adalah dengan sistem klarifikasi yaitu sistem untuk mengkarifikasi data hasil penilaian perlombaan desa dan kelurahan yang dilaksanakan oleh Kabupaten dan Kota masing-masing, dengan metode penilaian melalui wawancara, telaahan, data administrasi desa dan kelurahan serta peninjauan lapangan dengan titik berat atau penekanan pada nilai loncatan score disertai perkembangan desa dan kelurahan dalam dua tahun terakhir dari delapan indikator.
Kedelapan indikator tersebut meliputi, bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, pemerintahan, partisipasi masyarakat, kelembagaan masyarakat, dan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat atau PKK. (ugi)


 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Tindak Pelanggaran Penjualan Miras
Sejumlah Dinas Teknis Dipanggil Dewan, Dua Mangkir
Disdukcapil Verifikasi Data Penduduk
Pabrik Garmen Salahgunakan Ijin
Tiga Kepala Sekolah SMP Rangkap Jabatan