Cetak sekarang!

Turnamen Catur Grandmaster Internasional Makita-Lakoni, Utut Adianto vs Zhu Chen Bertarung Catur But

Laporan:

 

Partai pertama dwitarung spektakuler Catur Buta antara Juara Dunia Wanita FIDE GM Zhu Chen vs GM Utut Adianto digelar pada Minggu, 15 Februari 2004 pukul 13.00-14.00 WIB di Graha Kita Karya Jalan Boulevard Bukit Gading
Jakarta, Pelita

Partai pertama dwitarung spektakuler Catur Buta antara Juara Dunia Wanita FIDE GM Zhu Chen vs GM Utut Adianto digelar pada Minggu, 15 Februari 2004 pukul 13.00-14.00 WIB di Graha Kita Karya Jalan Boulevard Bukit Gading Raya 1, Kelapa Gading. Dwitarung tersebut akan disiarkan secara live di televisi swastga ANTV.

"Acara yang dipandu oleh Putri Indonesia 2001 Angelina Sondakh itu akan menghadirkan dua komentator, yaitu Eka Putra Wirya dan GM Edhi Handoko. Partai kedua berlangsung pukul 15.00-16.00 WIB," kata Kristianus Liem, Humas PB Percasi dalam siaran pers yang diterima Pelita, Senin (9/2).

Menurut Kristianus, acara catur tanpa melihat papan dua pentolan catur dunia itu dimaksudkan sebagai peresmian gedung baru Karya Group yang rencananya akan dibuka oleh Ketua MPR Amien Rais. Karya Group adalah perusahaan distributor produk-produk Makita dan Lakoni milik Santoso Wirya, kakak kandung mantan Ketua Harian PB Percasi Eka Putra Wirya.

"Khusus acara eksebisi catur buta hanya terbuka untuk undangan dan pers saja. Baru besoknya pada acara Turnamen Catur Grandmaster Internasional Makita-Lakno, 16-25 Februari 2004 mulai pukul 15.30 WIB terbuka untuk umum. GM Edhi Handoko kembali akan menjadi komentator," papar Kristianus.

Turnamen catur yang akan mempertemukan tiga pecatur terbaik Indonesia vs tiga ratu catur dunia itu akan menggunakan sistem kompetisi penuh di mana keenam pemain tersebut saling berhadapan dua kali.

Tiga pecatur yang mewakili Indonesia itu adalah GM Utut Adianto (rating Elo 2591), MI Danny Juswanto (2505) dan MI Susanto Megaranto (2458). Sementara tiga pecatur wanita dari luar adalah Juara Dunia Wanita FIDE GM Zhu Chen (2490) dari Cina, Juara Wanita Eropa tahun 2002 GM Antoaneta Stefanova (2478) dari Bulgaria dan Juara Wanita Asia tahun 2000 MI Hoang Thanh Trang (2447) dari Vietnam.

Turnamen Catur Grandmaster Internasional Makita-Lakoni masuk kategori 10 FIDE dengan rating rata-rata 2495. Itu berarti pemain yang ingin mencapai Norma GM memerlukan 7 angka dari 10 babak yang dipertandingkan.

Semua tiga papan yang dipertandingkan akan menggunakan DGT Electronic Smartboard yang didatangkan dari Belanda, sehingga seluruh partai yang dimainkan dapat disaksikan langsung oleh penonton lewat dua belas televisi layar lebar yang ditempatkan di seputar gedung. Acara yang diberi tajuk Kings of Indonesia vs Queens of the World itu dipastikan akan menarik dari segi tontonan maupun bobot caturnya.

"Seluruh hasil dan notasi partainya juga akan disiarkan secara online di internet," tutur Ketua Panitia Eka Putra Wirya, Situs resmi panitia adalah www.sekolahcatur.com/makita. (dik)


Sumber: http://116.213.48.92//artikel/23061.shtml