Memelihara hewan merupakan hobi sebagian banyak orang. Mulai dari memelihara kucing, burung, reptil, kambing ataupun sapi sebagai hewan ternak. Salah satu yang paling porpuler di masyarakat adalah memelihara burung.  Jenis burung yang dipelihara memiliki beberapa jenis fungsi yakni burung hias, burung kicau, dan burung ternak. Saat ini yang paling banyak digemari tentu memelihara burung kicau.

Akan menjadi ketenangan sendiri jika pagi-pagi minum kopi sambil mendengarkan kicauan burung yang merdu. Hal inilah yang membuat burung kicau memiliki banyak penggemar. Semakin merdu suara burung makan akan berbanding lurus dengan harganya yang semakin naik. Nah, sebagai referensi untuk kamu yang ingin memulai memelihara burung kicau berikut daftar 5 burung kicau terbaik.

5 Burung Kicau Terbaik Bersuara Merdu

Untuk kicau mania merupakan sebuah kebanggan tersendiri jika memiliki atau dapat memelihara burung kicau terbaik. Apalagi saat ini banyak kontes dan perlombaan untuk mengadu kicau burung. Agar tidak salah pilih ketika membeli burung kicau, berikut sedikit ulasan mengenai burung kicau paling merdu yang perlu kicau mania tau.

Burung Kacer

Burung satu ini dijuluki sebagai burung fighter. Kenapa? karena disetiap perlombaan burung kicau, burung kacer pasti akan ada untuk tampil. Bahkan ada lomba burung kicau yang khusus untuk perlombaan burung kacer. Ada beberapa jenis burung kacer yang perlu kamu tahu seperti, kacer poci dari Sumatra, kacer ireng dari Jawa, kacer madagaskar, kacer kalimantan, dan kacer blorok. Harga burung kacer dewasa mulai dari 500 ribu sampai 1 juta. Harga kacer sendiri akan terus bertambah jika sering memenangkan lomba.

Burung Cucak Ijo

Burung berwarna hijau satu ini memang burung kicau terbaik yang sering diincar oleh kicau mania. Cucak ijo menjadi salah satu burung kicau yang sering diikut lombakan. Selain karena kicauannya yang merdu juga karena ciri khas cucak ijo yang memiliki gaya ngentrok. Gaya dari ngentrok atau njegrik dari cucak ijo inilah yang membuat kicau mania tidak bisa berpaling darinya.

Burung Murai Batu

Predikat burung kicau terbaik tentu akan jatuh pada burung murai batu. Dengan kepandaian dan kebiasaan dari murai batu yang dapat menirukan suara kicau burung lain, menyebabkan burung satu ini memiliki fans tersendiri. Salah satu jenis murai batu yang paling terkenal adalah murai batu medan. Harga murai batu sendiri dibandrol sekitar 1jutaan keatas. Sedangkan untuk murai batu yang sering memenangkan lomba kicau, harganya bisa mencapai ratusan juta.

Burung Anis Merah

Anis Merah disebut juga sebagai Punglor merah merupakan burung kicau asli Indonesia yang sering dijumpai di pulau Jawa dan Bali. Dengan bentuknya yang unik dan menawan, menjadikan anis merah sering diikutkan lomba burung kicau. Selain dari kicauannya yang merdu, kebiasaan teler anis merah yang menjadikan burung ini banyak peminatnya. Gaya teler ini muncul ketika anis merah mulai berkicau dengan menundukkan kepala dan bergoyang kekanan dan kekiri seperti orang teler.

Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suara Merdu
Burung Jalak Suara Merdu

Dengan kepandaian jalak suren yang dapat menirukan berbagai kicau burung tak keculai kicau burung fighter, menjadikan jalak suren sebagai salah satu favorit kicau mania. Walaupun sering dinilai sebagai burung yang cerewet karena memiliki banyak isian, namun burung satu ini sering dijadikan sebagai masteran. Ada 3 jenis jalak suren yang perlu kamu tahu yakni jalak suren jawa, jalak suren yunan, dan jalak suren india. Perbedaan dari 3 jenis jalak suren ini terletak dari bentuk bulu yang ada di kepalanya.

Itulah 5 jenis burung kicau terbaik yang kicau mania harus tahu. Walaupun memilki harga yang cukup mahal, namun kicauan dari burung-burung di atas tak perlu diragukan. Demikian dan semoga bermanfaat.