Pendidikan

5 Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir

Wasir atau ambeien tak jarang dianggap sebagai kondisi ringan, karena memang biasanya tidak menimbulkan berbagai masalah yang cukup serius,...

Written by Editorial · 1 min read >
makanan serat tinggi untuk wasir

Wasir atau ambeien tak jarang dianggap sebagai kondisi ringan, karena memang biasanya tidak menimbulkan berbagai masalah yang cukup serius, bahkan wasir bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal jika didiamkan begitu saja, wasir bisa menjadi semakin parah hingga menganggu aktifitas dan kesehatan untuk jangka panjang. 

Bahaya wasir jika tidak diobati secara tepat dan cepat diantaranya bisa memicu anemia yang membuat penderitanya merasa lemah, lelah, dan sesak nafas. Tidak hanya itu, di kondisi parah wasir juga bisa menghambat suplai oksigen yang menuju anus dan membuat jaringan mati di sekitar anus. Untuk mengobati wasir ini sebenarnya sederhana sekali. Berikut 5 makanan berserat tinggi untuk wasir yang dipercaya efektif mengobati penyakit tersebut dengan tepat tanpa efek samping.

Baca juga: Posisi tidur yang baik untuk penderita ambeien

5 Makanan Serat Tinggi untuk Wasir

Brokoli

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang baik untuk penderita wasir atau ambeien, salah satunya adalah makanan berserat tinggi berikut ini, yakni brokoli. Ya, brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki bentuk unik dan rasa yang nikmat. Sayuran tersebut ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya efektif untuk mengobati penyakit wasir.

Tidak hanya tinggi kandungan serat, brokoli juga dikenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Pengkonsumsian brokoli secara rutin dan teratur akan membantu melancarkan kinerja saluran pencernaan, sehingga bisa mencegah datangnya peradangan pada wasir yang diderita. Anda bisa menjadikannya sebagai jus sayur brokoli atau memasaknya dengan cara dikukus.

Jus lobak

Pilihan lain, makanan berserta tinggi untuk wasir adalah jus lobak. Meskipun memiliki rasa yang sedikit kurang enak, tetapi jus lobak ini dipercaya ampuh dalam menyembuhkan penyakit wasir. Sudah sejak dulu pakar kesehatan mempercayai dan menyarankan agar penderita wasir untuk lebih rutin lagi mengkonsumsinya setiap hari.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, penderita wasir disarankan untuk mengkonsumsi jus lobak tersebut sebanyak ¼ gelas saja, tetapi Anda juga bisa menambah porsinya menjadi ½ gelas atau 1 gelas penuh.

Jeruk nipis dan jahe

Agar wasir yang Anda derita tidak semakin parah, maka Anda disarankan untuk segera mencari cara mengobati wasir tersebut. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jeruk nipis dan jahe. Caranya mudah sekali, Anda bisa menjadikannya sebagai minuman yang dikonsumsi saat pagi dan sore hari dalam keadaan hangat.

Meskipun campuran jeruk nipis dan jahe ini efektif untuk mengobati wasir, tetapi Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan, cukup 2 kali setiap hari. Tidak hanya ampuh meringankan gejala wasir, mengkonsumsi minuman tersebut juga bisa mencegah dehidrasi akibat wasir.

makanan serat tinggi untuk wasir
jahe untuk meredakan wasir

Kunyit

Selanjutnya ada kunyit yang juga ampuh mengobati wasir atau ambeien. Tidak hanya tinggi akan kandungan serat, kunyit ternyata juga memiliki sifat anti inflamasi. Tidak heran jika kunyit dipercaya bisa membantu menyembuhkan wasir dengan cepat tanpa efek samping.

Untuk mengobati wasir dengan kunyit caranya mudah sekali, Anda hanya perlu merebusnya ke dalam air terlebih dulu. Jika sudah mendidik, saring air rebusan kunyit lalu konsumsi saat masih hangat di setiap hari.

Pepaya

Terakhir ada pepaya yang juga bisa dijadikan sebagai makanan yang baik bagi penderita wasir. Buah pepaya pada dasarnya dikenal luas sebagai makanan tinggi serat sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, pepaya juga dikenal ampuh mengatasi sembelit.

Sebagai informasi, semebelit ternyata bisa membuat peradangan pada wasir hingga akhirnya menjadi semakin parah. Pilih buah pepaya yang sudah masak, lalu konsumsi setiap hari hingga sakit yang Anda derita sembuh.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 5 makanan berserat tinggi untuk wasir. Semoga bisa bermanfaat.