5 Pagelaran Budaya Indonesia di Dunia Internasional

5 Pagelaran Budaya Indonesia di Dunia Internasional

Salah satu hal yang patut dibanggakan oleh bangsa Indonesia adalah ragamnya budaya yang dimiliki. Dari Sabang sampai Merauke, sentuhan adat istiadat yang khas membuahkan berbagai seni yang sangat indah, bahkan mampu dinikmati oleh berbagai bangsa di dunia.

Budaya sebagai salah satu aset terbesar negara, berhasil menjadi sorotan berbagai penjuru dunia. Hal ini dapat menjadi gerbang awal menuju Indonesia kaya. Ini adalah langkah awal terjalinnya hubungan baik antarnegara di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, politik, dan hiburan.

Mari mengulas balik berbagai budaya Indonesia yang telah dikenalkan oleh anak bangsa di berbagai penjuru dunia:

1. Penampilan Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Culture Day Islamabad, Pakistan, Maret 2018 lalu.

Mereka menampilkan Tari Saman dari Aceh dan Tari Tapak Suci. Harapannya, dengan mengenalkan tarian khas daerah di Indonesia, negara-negara tetangga semakin tertarik dengan keunikan yang Indonesia miliki.

2. Pameran pakaian tradisional, kerajinan tangan dan penampilan tari-tarian tradisional di Madrid, Spanyol, awal tahun 2018

promosi budaya indonesia di spanyol
Promosi budaya Indonesia di Spanyol, dokpri
Dalam rangka promosi budaya dan ekonomi Indonesia, kedutaan besar RI bersama masyarakat diaspora di Madrid, mengenalkan budaya Indonesia lewat pameran batik, patung seni dan benda-benda bercorak budaya Indonesia, serta terdapat penampilan tarian Lancang Kuning, Zapin dan Serampang 12.

Tidak lupa, penampilan ini pun mampu menarik para penonton asing untuk mampir berwisata ke Indonesia.

3. Pameran kuliner khas Indonesia di Kopenhagen

 kuliner-indonesia-di-copenhagen
Kuliner Indonesia di Copenhagen, Denmark

Beragam kekhasan Indonesia tidak berhenti pada karya seni saja, namun juga kulinernya yang memiliki cita rasa tinggi. Tanah tropis Indonesia yang subur mampu menumbuhkan berbagai rempah-rempah untuk menciptakan kreasi rasa dalam masakan. KBRI Kopenhagen membantu menduniakan kuliner Indonesia dalam Festival dan Bazar Kuliner Budaya Indonesia di Kopenhagen, Denmark.

4. Penampilan Tari Kipah, Tari Belibis, Tari Muda Mudi, dan Tarian Nagekeo Bangkit di Llgollen Internasional Musical Eisteddfod di Wales, Inggris, 3-8 Juli 2018

tari aceh ditampilkan di Inggris
Tari asal aceh ditampilkan di Inggris, dokpri

Tim Al-Izhar membawakan Tari Kipah dari Aceh, Tari Belibis dari Bali, Tari Muda Mudi dari Papua, dan Tarian  Nagekeo Bangkit dari Flores- Nusa Tenggara Timur di ajang festival bergengsi. Tak hanya makna fisik yang menyinari benua biru tersebut, tarian-tarian di atas juga memiliki makna filosofis yang ingin dikenalkan pada dunia. Sifat kerjasama, gotong royong, persahabatan, solidaritas, persatuan, adalah arti dari tarian-tarian tersebut, yang melambangkan watak dari bangsa Indonesia. Menarik, bukan?

5. Penampilan seni Angklung di Tokyo, Jepang, 23 Juni 2018 lalu

angklung dari Bandung tampil di tokyo

penampilan angklung sma 3 Bandung, dokpri

Keluarga Paduan Angklung (KPA) SMA Negeri 3 Bandung berangkat ke Jepang dengan membawa seni dari tatar sunda, yaitu alat musik angklung. Penampilan mereka memukau warga Jepang. Bagaimana tidak, melodi yang dihasilkan oleh alat musik ini tidak kalah indahnya dari alat-alat musik modern. Nada lagu-lagu pop internasional pun mampu diterjemahkan dengan harmoni alat musik yang terbuat dari bambu ini.

Tentu masih banyak lagi karya anak bangsa dan wujud cinta tanah air mereka di mancanegara. Apresiasi demi apresiasi yang didapat, semoga mampu mengantarkan pada kemajuan Indonesia di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Leave a Reply

Close Menu