Dunia Islam

YPI Al Azhar Buka Pemakaman Di Karawang

Dewasa ini mencari tanah pemakaman yang terawat dan jauh dari kesan menakutkan itu sangat sulit. Karena lahan pemakaman yang...

Written by Editorial · 2 min read >
pemakaman Al Azhar Memorial Garden

Dewasa ini mencari tanah pemakaman yang terawat dan jauh dari kesan menakutkan itu sangat sulit. Karena lahan pemakaman yang ada, kurang terawat dengan baik, bahkan tanah kuburannya terkesan berdempet-dempetan. Hal ini terjadi karena minimnya lahan kosong yang tersedia saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan pemakaman, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar  mempelopori gerakan pemakaman muslim dengan konsep syariah. Di mana pemakaman dikelola dengan baik mengikuti ketentuan syariah Islam.

Dari sekian banyaknya tempat yang ada di Indonesia, YPI Al Azhar memilih untuk membuka lahan pemakaman syariah di Karawang Timur. Lokasinya sangat strategis bisa dijangkau selama beberapa menit saja dari arah gerbang tol Karawang Timur 2.

Peziarah yang ingin berkunjung ke makam bisa menemukan taman pemakaman Al Azhar dengan mudah dan cepat.

Layanan Al-Azhar Memorial Garden

Layanan yang diberikan oleh Al-Azhar Memorial Garden bukan sebatas mengelola tanah pemakaman saja. Ahli waris akan menerima layanan lain yang dibutuhkan saat mengurus jenazah di antaranya:

Layanan Pemulsaran

Sudah menjadi salah satu ketentuan Islam di mana bila ada saudara kita yang meninggal harus dibantu pemakamannya dengan baik. Layanan pemulsaran yang ditawarkan oleh Al-Azhar Memorial Garden meliputi aktivitas yang dibutuhkan di rumah duka.

Di mana prosesi pengurusan jenazah akan dibantu sepenuhnya termasuk memandikan, mengkafani, dan prosesi penting lainnya hingga jenazah siap diberangkatkan menuju tanah pemakamannya.

Layanan pemulsaran ini dilakukan oleh staf Al-Azhar Memorial Garden yang berpengalaman. Sehingga prosesi pengurusan jenazah bisa dilakukan sesuai ketentuan Islam. Karena bagaimana pun juga, konsep utama pemakaman Al Azhar adalah pemakaman muslim.

Layanan Penjemputan Hingga Prosesi Pemakaman

Fasilitas selanjutnya yang diberikan adalah penjemputan langsung oleh staf Al-Azhar Memorial Garden di depan gerbang tol Karawang Timur. Setelah jenazah tiba di lahan pemakaman Al Azhar, maka pelaksanaan prosesi pemakaman akan langsung dilakukan.

Tentu saja, prosesi ini turut mengikuti sumber hukum syariah Islam. Termasuk dari segi bentuk lahan pemakamannya sendiri benar-benar sesuai dengan syariat.

Layanan Pemeliharaan Makam

Merupakan bentuk keistimewaan yang membedakan antara pemakaman lain dengan taman pemakaman Al Azhar. Di mana, badan YPI Al Azhar memberikan bantuan menyeluruh terhadap ahli waris untuk mengelola lahan pemakaman keluarganya.

Pengelolaan lahan ini bukan dilakukan sehari ketika pemakaman dilangsungkan atau seminggu kemudian. Melainkan dilakukan selamanya, uniknya lagi ahli waris tidak perlu pusing memikirkan biaya perawatannya.

Tidak ada pungutan perawatan pengelolaan lahan per bulan sebagaimana sistem yang biasa diterapkan pada pemakaman lain.

Dengan adanya perawatan dan pengelolaan lahan pemakaman, pemakaman yang ada di kompleks Al-Azhar Memorial Garden selalu tampak bersih dan rapi. Peziarah yang mau berziarah pun tidak perlu merasa tidak nyaman.

pemakaman Al Azhar Memorial Garden
Pemakaman muslim Al Azhar Memorial Garden

Keunggulan Al-Azhar Memorial Garden

Selain memenuhi kebutuhan ahli waris dengan 3 layanan yang telah dijelaskan di atas. Masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh Al-Azhar Memorial Garden sebagai pengelola lahan pemakaman muslim di Karawang Timur.

Berkonsep Pemakaman Sesuai Syariah

Ada banyak alasan mengapa seorang ahli waris jarang mengunjungi pemakaman keluarganya. Dan salah satu alasan yang diungkapkan karena kompleks pemakamannya yang menyeramkan sehingga membuat mereka tidak nyaman saat berziarah.

Beda dari pemakaman lainnya, Al-Azhar Memorial Garden berkonsep taman yang memungkinkan bagi siapa saja untuk datang termasuk anak-anak. Taman pemakaman Al Azhar dibuat serapi mungkin tidak ada kesan angker sama sekali.

Kontak langsung official Al Azhar Memorial Garden via WhatsApp

Fasilitas Lengkap

Para peziarah yang datang untuk mengunjungi tanah pemakaman keluarganya akan memperoleh fasilitas lengkap. Di mana fasilitas yang disediakan sudah termasuk area parkir luas, masjid, gazebo, toilet dan lainnya. Sehingga, peziarah bisa melakukan aktivitas penting bahkan beribadah bila tiba waktunya.

Privasi Terjaga

Akses menuju taman pemakaman Al Azhar dijaga secara ketat oleh tim security. Penjagaan yang dilaksanakan bukan hanya 8-12 jam saja melainkan selama 24 jam.

Untuk masuk ke area pemakaman ini, pengunjung hanya bisa melalui satu pintu. Oleh karenanya, privasi yang diberikan Al-Azhar Memorial Garden tidak perlu diragukan lagi. Hanya orang yang berkepentingan saja yang akan diizinkan masuk oleh tim keamanan.

Hanya Membayar Sekali

Keuntungan lainnya memilih menggunakan jasa Al-Azhar Memorial Garden adalah pembayaran yang dipungut satu kali. Artinya, ahli waris tidak perlu menyiapkan budget untuk membayar perpanjang lahan pemakaman maupun biaya perawatan makam.

Sehingga budget yang seharusnya dialokasikan untuk perawatan dan perpanjang makam bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Dengan membayar sekali saja, ahli waris akan memperoleh bebas biaya perawatan dan pengelolaan lahan yang berlaku selamanya. Serta mendapatkan sertifikat pemanfaatan lahan pemakaman.

Fasilitas yang diberikan oleh Al-Azhar Memorial Garden sebagai penyedia kompleks pemakaman sangat lengkap. Di mana, bukan hanya membantu pengurusan lahan pemakaman sekaligus perawatannya saja. Melainkan terjun langsung dalam membantu prosesi pengurusan jenazah.

Bila ingin mendapatkan kemudahan saat mengurus pemakaman keluarga atau mempersiapkan lahan pemakaman sendiri sejak dini. Maka Al-Azhar Memorial Garden Karawang Timur akan menjadi pilihan yang paling tepat berdasarkan syariah Islam.