Dunia Bisnis

Batu Bata vs Batako: Perbedaan dan Kelebihannya

Memiliki rumah impian tentunya menjadi idaman setiap orang. Apalagi rumah yang menjadi tempat tinggal saat tua ini merupakan rumah...

Written by Editorial · 3 min read >
batu bata vs batako

Memiliki rumah impian tentunya menjadi idaman setiap orang. Apalagi rumah yang menjadi tempat tinggal saat tua ini merupakan rumah yang nyaman dan tenang dan tahan lama. Memiliki rumah yang berkualitas tidak terlepas dari pemilihan bahan bangunan yang juga berkualitas. Salah satu material bangunan yang penting adalah dinding.

Di Indonesia, terdapat dua material yang biasa digunakan untuk dinding rumah, yaitu batu bata merah dan juga batako. Keduanya cukup populer di kalangan orang Indonesia. terlebih bagi mereka yang sedang berencana untuk membangun rumah. Tentunya bahan material tersebut masuk ke dalam list yang dipertimbangkan.

Baik batako maupun batu bata merah keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Nah untuk lebih mengenal apa saja keunggulan batu bata merah dibandingkan dengan batako, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Keunggulan Batu Bata Merah

Batu bata merah merupakan material bangunan yang biasa digunakan untuk dinding rumah. Material ini terbuat dari bahan tanah liat dan juga air yang kemudian dikeringkan.  Batu bata merah sangat populer di Indonesia dan bisa ditemukan hampir di seluruh pelosok tanah air.

Baca juga: Harga Batu Bata Merah Area Pulau Jawa

Hal ini tidak menutup kemungkinan karena bahan bakunya yang mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa keunggulan batu bata merah. Check it out!

Proses Pemindahan yang Mudah Dilakukan

Keunggulan batu bata yang pertama yang harus Anda ketahui adalah proses pemindahannya yang mudah. Hal ini terjadi mengingat bentuk dan ukuran batu bata merah yang kecil dan cukup ringan. Sehingga sangat memudahkan untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Batu bata merah ini juga sangat fleksibel. Apapun kendaraan yang digunakan untuk memuatnya, bisa semua. Misalnya pick up, puso atau truck. Bahkan gerobak sekalipun terkadang digunakan untuk memindahkan batu bata merah ini dari ujung gang ke gang yang lainnya karena memang jalannya yang sempit, sehingga Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara untuk memindahkannya karena sangat mudah.

Proses Pemasangan yang Mudah

Tidak hanya proses pemindahannya yang mudah, ternyata keunggulan batu bata merah yang lainnya adalah proses pemasangannya juga cukup mudah. Siapapun tenaga yang membangun hunian Anda dipercaya bisa memasang batu bata merah dengan mudah. Tidak harus memiliki keahlian khusus untuk bisa memasang batu bata merah ini.

Berbeda dengan bahan material lainnya,diperlukan keahlian khusus dalam proses pemasangannya. Dan biaya pemasangannya pun menjadi lebih mahal. Hal ini tidak berlaku bagi batu bata merah.dan inilah yang tentunya juga menjadi alasan kenapa banyak orang Indonesia memilih batu bata merah sebagai material dinding untuk rumahnya.

Memungkinkan Untuk Bidang yang Kecil

Karena bentuk dan ukurannya yang kecil sehingga memungkinkan untuk membuat bidang yang kecil. Misalnya untuk area taman bunga maka tidak terlalu banyak membuat potongan-potongan kecil bahan material. Dengan menggunakan batu bata merah tentunya akan semakin mudah karena ukurannya yang pas.

Berbeda dengan batako yang memiliki ukuran lebih besar. Tenaga tukang batu akan kesulitan untuk memotong batako untuk membuat material yang kecil. Selain itu pada saat proses pemotongan belum tentu hasilnya sesuai yang diinginkan. Bisa jadi potongannya menjadi pecah atau hancur dan tidak bisa digunakan. Tentunya hal ini akan membuat Anda boros.

Harganya Terjangkau

Dibandingkan dengan material dinding lainnya, batu bata merah memiliki keunggulan dari segi harga. Keunggulan batu bata merah inilah yang banyak menjadi alasan kenapa banyak yang memilih menggunakan batu bata merah. Batu bata merah memiliki harga yang bersahabat, sehingga bisa dijangkau oleh semua masyarakat.

Harga batu bata merah ini dibandrol dengan harga tidak lebih dari seribu rupiah tiap satuannya.  Murahnya harga batu bata ini tidak terlepas dari bahan baku untuk batu bata merah, yakni campuran tanah lempung dan air. Berbeda dengan batako yang merupakan campuran dari pasir, semen dan air, membuat batako memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan batu bata merah.

Mampu Menyerap Panas

Keunggulan batu bata merah lainnya selain memiliki harga yang murah adalah mampu menyerap panas. Kemampuan ini tidak dimiliki oleh batako. Rumah yang terbuat dari batu bata merah cenderung lebih sejuk jika dibandingkan dengan rumah dari batako. Panas yang ada di luar ruangan diserap oleh batu bata merah yang terbuat dari tanah.

Sehingga, sekalipun di luar rumah dalam kondisi yang sangat panas, akan tetapi ketika masuk rumah, rumah Anda akan tetap terasa adem dan sejuk. Dan hal ini membuat Anda betah merasa tinggal di rumah.

Kekurangan Batu Bata Merah

Selain memiliki keunggulan batu bata merah juga memiliki beberapa kekurangan yang dimiliki. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Waktu Pengerjaan yang Lama

Bentuk dan ukuran dari batu bata merah selain menjadi keunggulan batu bata merah, disisi lain juga menjadi kekurangannya. Hal ini terjadi pada proses pengerjaannya yang menjadi lebih lama.

Lamanya proses pengerjaan ini juga tentunya akan membuat Anda lebih boros. Pasalnya biaya tenaga yang dipakai juga akan semakin lama dan biaya lainnya. Misalnya makan siang dan snack. Hal ini juga harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan batu bata merah.

Susunan yang Tidak Rapi

Sekalipun memiliki ukuran yang sama, belum tentu ketika dipasang bisa memiliki struktur yang sama. Terkadang ada yang menonjol di salah satu sisi. Hal inilah yang membuat batu bata kurang rapi. Oleh karena itu, banyak yang kemudian dilanjutkan dengan proses finishing dengan menggunakan plester. Namun hal ini membuat Anda boros semen.

Membuat Suhu Ruangan  Tidak Stabil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya keunggulan batu bata merah adalah mampu menyerap panas. Akan tetapi tidak berhenti pada situ saja. Batu bata juga mampu menyerap dingin. Sehingga ketika musim dingin tiba, rumah Anda akan menjadi sangat dingin. Perubahan cuaca juga akan membuat suhu di rumah Anda menjadi tidak stabil.

Kekurangan dan kelebihan Batako

Ukuran Batako yang Lebih Besar

Melihat dari ukurannya, batako memiliki ukuran yang lebih besar dari pada batu bata merah. Hal ini menjadi sebuah kelebihan dan juga kekurangan bagi batako. Kelebihan dari ukurannya yang besar membuat proses pengerjaannya menjadi lebih cepat.

Sementara ukurannya yang besar ini juga menjadi kekurangan apabila digunakan untuk proses pembangunan bidang yang kecil. Batako harus dipotong terlebih dahulu dan hal tersebut rentan pecah atau hancur yang akhirnya menjadi terbuang percuma.

Tidak Mampu Menyerap Panas

Ketidakmampuan dari batako dalam menyerap panas menjadi kelebihan dan kekurangan tergantung tempat tinggal Anda. Bagi Anda yang tinggal di dataran rendah, batako membuat rumah Anda panas. Akan tetapi bagi Anda yang tinggal di gunung. Batako membuat rumah Anda lebih hangat dan nyaman tentunya.

Nah itulah beberapa keunggulan batu bata merah dibandingkan dengan batako. Semoga informasi di atas bermanfaat.

cotoh totebag

5 Model Tas Seminar Paling Populer

Editorial in Dunia Bisnis
  ·   2 min read