Selain membuat tidak nyaman, karang gigi juga menjadi salah satu masalah pada gigi yang membuat rasa percaya diri menurun atau hilang. Karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah karang gigi, segera bersihkan karang gigi Anda ke dokter gigi. 

Namun jika Anda masih belum mengalaminya dan ingin mencegah karang gigi terjadi pada gigi Anda, maka ada beberapa jenis buah dan sayur yang dianjurkan untuk Anda konsumsi guna mencegah karang gigi Anda alami. 

Apa sajakah jenis buah dan sayur untuk mencegah karang gigi? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda!

Buah dan Sayur Untuk Mencegah Karang Gigi

Buah cranberries

Rekomendasi buah dan sayur untuk mencegah karang gigi yang pertama adalah buah cranberries. Cranberries ini merupakan jenis buah yang mengandung polifenol seperti teh. Nah, kandungan polifenol tersebut dapat menghalau plak yang menempel di gigi sehingga mencegah terjadinya karang gigi dan berpotensi mengurangi resiko gigi berlubang. 

Walaupun demikian, terdapat beberapa hal yang Anda harus perhatikan sebelum mengonsumsi buah cranberries, diantaranya : 

  • Pertama, simpan buah cranberries di tempat yang kering dan terhindar dari paparan cahaya langsung matahari.
  • Kedua, selama pengkonsumsian buah cranberries, perhatikan bagaimana kondisi Anda setelah mengkonsumsinya. Jika Anda mengalami frekuensi buang air kecil yang terbatas dan rasa panas ketika buang air kecil, maka segera hentikan pengonsumsiannya.

For your information juga bahwa buah cranberries menjadi salah satu jenis buah yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, namun buah ini tidak menyembuhkan infeksi saluran kemih. 

Buah strawberry

Selain cranberries, jenis buah selanjutnya yang dapat mencegah karang gigi adalah buah strawberry. Buah ini kaya akan kandungan asam alami yang sangat baik untuk menghilangkan terjadinya karang gigi. Zat asam yang terdapat didalam buah strawberry juga memiliki kemampuan untuk merangsang produksi air liur dalam mulut yang nantinya akan membantu membasmi bau mulut yang cukup mengganggu.  

Lihat dan baca:  Mau Tips Diet ala Gracia Indri? Simak Tulisan Berikut

Buah jeruk

Buah jeruk termasuk salah satu jenis buah yang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C di balik buah jeruk tersebut selain sangat baik untuk penambah stamina dan mencerahkan kulit, juga sangat baik dalam mengatasi karang gigi. 

Kandungan zat asam yang terkandung dibaliknya mampu membunuh beberapa jenis bakteri didalam mulut. Bagi Anda yang ingin menggunakan kulit jeruk sebagai penghilang karang gigi, cara memanfaatkannya sangat tidak sulit. 

Pertama – tama, ambil kulit jeruk yang telah dikupas dari buahnya. Setelah itu gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi berkarang secara perlahan. Bagian kulit inilah yang akan merontokkan karang gigi Anda. Lakukan secara rutin, sementara buahnya bisa Anda makan untuk menambah stamina, mencerahkan kulit dan sangat baik untuk booster vitamin C tubuh Anda. 

Buah apel

Masih membahas tentang buah dan sayur untuk mencegah karang gigi, buah apel juga menjadi salah satu jenis buah yang ampuh merontokkan karang gigi kalau Anda lakukan secara rutin. Hal ini karena kandungan asam alami di balik buah ini yang ampuh merontokkan karang gigi. 

Kandungan buah apel lainnya seperti misalkan vitamin A didalamnya, sangat bermanfaat bagi tubuh. Di balik buah apel juga terkandung vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kadar gizi harian Anda. Dianjurkan Anda mengkonsumsi buah ini secara rutin setiap hari untuk memenuhi gizi harian Anda.

Buah Sayur Untuk Karang Gigi
Buah Sayur Untuk Karang Gigi

Wortel

Setelah membahas buah untuk mencegah karang gigi, sekarang ada jenis sayur yang juga dapat membantu mencegah timbulnya faktor penyebab karang gigi. Sayur tersebut adalah sayur yang selama ini dikenal kaya kandungan vitamin A yaitu wortel.

Nah, ternyata selain sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah mata minus, wortel juga dapat mencegah karang gigi terbentuk. Caranya tumbuk wortel dan kemudian gosok – gosokkan pada gigi yang berkarang secara rutin. 

Lihat dan baca:  Ini Perbedaan Deodorant dengan Antiperspirant

Kemangi

Terakhir, ada kemangi yang menjadi salah satu tanaman yang juga berfungsi mencegah terbentuknya karang gigi. Kemangi dengan kandungan didalamnya mampu mengurangi bakteri di mulut sehingga sekaligus mencegah bau mulut. 

Itulah beberapa jenis buah dan sayur untuk mencegah karang gigi yang dapat Anda manfaatkan untuk mencegah karang gigi dan menghilangkan karang gigi secara alami. Manfaatkan berbagai produk alami untuk mencegah dan mengatasi semua masalah gigi Anda.