Pergi ke tanah suci merupakan impian setiap muslim yang ingin menyempurnakan pengamalan rukun Islam. Cara cek nomor porsi haji terbaru 2021 dapat dilakukan melalui situs Kemenag. Nomor porsi haji merupakan nomor urut pendaftaran yang didapatkan saat setoran awal di bank.

Sebagai salah satu negara yang mayoritas beragama Islam, negara Indonesia mendapatkan kuota haji yang cukup banyak. Setiap tahun kurang lebih 221.000 jamaah haji siap berangkat untuk menjalankan ibadah haji. Terdapat perubahan saat pandemi di mana kunjungan lebih dibatasi. Namun dengan kondisi yang mulai membaik, bukan tidak mungkin ibadah haji akan normal kembali.

Negara Indonesia sendiri pengajuan keberangkatan masih tinggi peminat. Meskipun jumlah kuota tinggi namun antrian nomor porsi haji masih panjang hingga mencapai 20 tahun. Namun hal ini tentunya tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk niat ke Baitullah.

Aplikasi Cek Nomor Porsi Haji
Aplikasi Cek Nomor Porsi Haji

Pentingnya Mengetahui Nomor Porsi Haji

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa nomor porsi haji merupakan nomor yang didapatkan saat setoran awal di bank tempat menerima biaya penyelenggaraan ibadah haji atau BPIH. Biaya ini merupakan pembiayaan atau ongkos yang digunakan untuk naik haji. Informasi mengenai perkiraan porsi haji tentunya penting diketahui pendaftaran haji.

Anda dapat memantau nomor tersebut secara online dan tentunya lebih efektif. Tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor kementerian agama untuk mendapatkan informasi tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi maka nomor ini dapat dilihat dengan mengunjungi website Kementerian Agama (Kemenag). Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan selama calon jamaah memiliki akses internet.

Cara Cek Nomor Porsi Haji Terbaru 2021

Memantau nomor porsi haji secara online, salah satunya bermanfaat untuk mengetahui perkiraan keberangkatan. Anda dapat memanfaatkan kemudahan mengakses situs resmi kementerian agama. Hal ini akan lebih memudahkan apalagi bagi yang tidak memiliki waktu banyak untuk mengecek secara langsung. Berikut tools paling mudah untuk cek nomor porsi haji dan tahun keberangkatannya:


 
  1. Buka browser yang biasa Anda gunakan
  2. buka halaman aplikasi cek nomor porsi haji berikut ini
  3. Lakukan pengecekan melalui nomor yang tertera pada setoran awal pendaftaran haji di bank (BPIH).
  4. Masukkan 10 digit nomor porsi haji pada formulir cek porsi haji dan pilih menu “Cari”.
  5. Tunggu beberapa saat dan informasi porsi haji akan muncul di halaman haji.kemenag.go.id seperti contoh dibawah ini:
Contoh Hasil Pengecekan Nomor Porsi Haji
Contoh Hasil Pengecekan Nomor Porsi Haji

Informasi pada halaman website tersebut diantaranya tentang perkiraan tahun keberangkatan baik dalam masehi maupun hijriah. Anda juga bisa melihat kuota calon jamaah dari provinsi, kuota berdasarkan posisi dan juga perkiraan pelunasan setoran. Jika pada halaman tersebut tidak bisa melihat estimasi keberangkatan maka kemungkinan server sedang overload.

Demikianlah cara cek nomor porsi haji terbaru 2021 melalui website. Dengan mengetahui informasi dari nomor tersebut maka akan ada sedikit gambaran mengenai jadwal pemberangkatan haji. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.