Jika Anda ingin memulai toko online dan tidak ingin berurusan dengan inventaris, produksi, pengiriman, gudang, atau sistem backend lainnya, bisnis dropshipping mungkin sangat cocok untuk dicoba.

Seorang dropshipper adalah seorang perantara. Anda perlu menemukan pelanggan, dan perusahaan lain yang memproduksi dan mengirimkan produk, dan Anda mengambil bagian dari pendapatan. Mau tahu bagaimana cara untuk memulai bisnis ini?

Cara Memulai Bisnis Dropship

Cara Mulai Bisnis Dropship
Cara Mulai Bisnis Dropship

Siap untuk mengetahui cara memulai dropshipping? Berikut ini adalah panduan dari Bizbox.id yang akan membuat Anda siap untuk sukses. Tapi ingat, proses pastinya akan berbeda-beda untuk setiap toko, jadi silakan sesuaikan prosesnya berdasarkan kebutuhan dan audiens Anda.

  1. Pilih Niche

Anda harus memilih niche, area khusus dalam industri yang lebih besar dan menjadi fokus dari produk dan bisnis Anda. Tidak ada bisnis yang bisa menjual segalanya kepada semua orang. Niche yang baik adalah yang memiliki produk yang bersedia dibayar orang secara online. Dropshipping bukanlah tempat untuk meluncurkan banyak produk yang belum teruji.

Niche bisa berupa apa saja. Anda dapat memilih produk yang berkaitan dengan makanan, mode, perbaikan rumah, elektronik, hiburan dan sebagainya. Setiap niche juga memiliki sub-niche. Misal, niche topi dapat dipersempit menjadi topi wanita, topi olahraga, dan banyak lagi.

Niche juga dapat ditentukan berdasarkan demografi, Anda dapat memilih untuk menargetkan mahasiswa, orang tua, dan banyak lainnya.

  1. Pilih Produk dan Temukan Supplier

Salah satu langkah terpenting ketika mempertimbangkan bagaimana memulai dropshipping adalah memilih supplier untuk diajak bekerja sama. Beberapa supplier menawarkan berbagai macam produk yang sesuai dengan hampir semua niche. Saat memilih supplier, pertimbangkan hal-hal seperti:

  • Lokasi: Apakah supplier mengirim hanya di wilayah tertentu atau ke bisa luar kota? Harga: Beberapa supplier membebankan biaya bulanan atau tahunan, sementara yang lain hanya mengenakan biaya untuk produk dan pengiriman. Perhatikan baik-baik setiap detail dari emua biaya.
  • Ulasan: Bagaimana review pelanggan yang sudah ada?
  • Kebijakan supplier: Bagaimana mereka menangani return? Bagaimana jika produk rusak?

Pastikan untuk memesan beberapa sampel dan menguji produk yang akan Anda jual secara online. Menguji sampel adalah kunci untuk mempertahankan toko berkualitas tinggi dan memastikan bahwa barang terlihat seperti gambar dan berfungsi seperti yang dijelaskan.

  1. Buat Toko Menonjol

Langkah selanjutnya adalah, pikirkan cara agar toko Anda menonjol. Ingat, orang lain juga bisa menjual barang yang sama. Misalnya, Anda mungkin memiliki toko yang berpusat di sekitar produk fashion.

 Selain baju atasan Anda bisa kok menjual satu set hadiah baju yang mencakup semua yang dibutuhkan untuk OOTD harian seperti tas, sepatu dan topi sekalian.

  1. Kembangkan Rencana Pemasaran

Pemasaran dimulai dengan mengetahui audiens dan niche Anda. Kepada siapa Anda memasarkan, dan mengapa? Untuk menjangkau audiens a, Anda harus mencari tahu di mana mereka berada. Apakah mereka paling baik dijangkau dengan pemasaran online, melalui surat, secara langsung, atau di tempat lain?

Ada berbagai cara Anda dapat menjangkau orang-orang dan berikut adalah strategi pemasaran yang bisa dicoba :

  • Paid, online advertising: Tampilkan iklan Anda kepada calon pelanggan di situs web yang telah mereka kunjungi. Tetapkan opsi penargetan berdasarkan segala hal mulai dari usia dan tingkat pendapatan hingga lokasi dan minat.
  • SEO: Jangkau orang-orang yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda di mesin telusur seperti Google.
  • Pemasaran media sosial: Tetap terhubung dengan pengikut atau calon pelanggan melalui postingan, video langsung, atau iklan berbayar.

Bisnis dropshipping yang Anda jalani berkaitan dengan pemasaran dan layanan pelanggan untuk menjangkau orang baru, membangun loyalitas, dan menjadi toko ontline tepercaya. Anda tidak perlu menghasilkan apa-apa. Anda hanya perlu mencari supplier, menaikkan harga, menarik pelanggan, dan mendapatkan keuntungan dari penjualan yang dilakukan