Ada banyak alasan mengapa seseorang tertarik untuk bekerja di luar negeri. Selain untuk mendapatkan pengalaman dan membangun relasi, alasan lainnya mengapa orang berkeinginan untuk bekerja di luar negeri adalah soal gaji yang tinggi. 

Jika Anda juga termasuk salah satu orang yang tertarik bekerja di luar negeri dan sekarang sedang mencari tahu trik dan tips cara mencari dan melamar kerja di luar negeri, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tips triknya untuk Anda. Simak baik – baik informasi selengkapnya berikut ini!

Tips Cara Mencari dan Melamar Kerja di Luar Negeri

Lakukan riset tentang perusahaan yang akan dilamar pada situs resminya

Jangan asal – asalan ketika akan melamar kerja. Hal pertama yang Anda harus lakukan sebagai tips interview kerja dan cara mencari pekerjaan di luar negeri adalah memperbanyak riset. Pastikan Anda meriset semua hal tentang perusahaan yang akan Anda lamar. 

Saringlah secara ketat dengan cara membuat check list tentang kantor atau perusahaan mana saja yang sudah terjamin dan Anda ingin lamar. Carilah informasi lengkap tentang perusahaan tersebut bahkan kalau perlu soal fasilitas dan gaji yang diberikan. Cari juga informasi tentang kualifikasi persyaratan lamaran serta dokumen apa saja yang Anda harus siapkan untuk melamar kerja di perusahaan tersebut. 

Siapkan niat serta antusiasme yang tinggi  untuk melamar

Ketika melamar kerja di luar negeri tentu saja rasa percaya diri yang tinggi perlu Anda miliki. Persiapkan segala sesuatunya mulai dari dokumen legal yang Anda perlukan sampai dengan daftar skill serta pengalaman Anda. 

Semakin banyak Anda kepo dan semakin banyak juga informasi yang akan didapatkan, maka tentu saja hal tersebut akan menjadi bekal untuk melamar kerja Anda di luar negeri. 

Manfaatkan sosial media

Sudahkah Anda memanfaatkan akun sosial media dengan baik? Mulai dari akun sosial media seperti halnya LinkedIn sangat penting Anda punya dan dapat Anda pergunakan sebaik mungkin untuk mencari informasi tentang lowongan kerja. 

Jika Anda sudah punya akun sosial media, mendapatkan informasi yang lebih luas akan jauh lebih mudah. Anda pun bisa membuat akun seprofesional mungkin dan tulis semua hal yang Anda punya di bio profil. Bisa jadi riwayat hidup yang meyakinkan dapat menjadi salah satu alasan perusahaan menerima Anda bekerja dan bergabung didalamnya. 

Perdalam lagi skill dan siapkan mental

Semua hal perlu Anda persiapkan secara matang, termasuk juga skill Anda. Jangan sampai nantinya setelah bekerja, Anda malah belum dapat menyesuaikan diri dengan perusahaan yang menerima Anda. Hal tersebut akan menyulitkan Anda sendiri selama bekerja. 

Karena itu, siapkan mental yang kuat dan tahan banting di segala kondisi demi karir Anda di perusahaan yang telah menerima Anda. Jangan sampai mengecewakan mereka dan tunjukkan loyalitas Anda. Konsistenlah dalam bekerja dan belajar di perusahaan yang menerima Anda. 

Jangan terlalu banyak berharap, namun berusahalah secara maksimal

Jika Anda mengalami kegagalan ketika sedang melamar kerja, hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang biasa. Tugas Anda hanyalah berpikir positif, mencoba lagi di perusahaan lainnya dan berusahalah semaksimal mungkin.

Jika lamaran mengalami penolakan, coba telaah mengapa Anda ditolak. Perbaiki apa – apa yang kurang dari diri Anda supaya potensi diterima di lamaran – lamaran selanjutnya lebih besar. 

Jangan lupa siapkan dana dan minta restu keluarga

Last but not least, tips cara mencari dan melamar kerja di luar negeri yang juga perlu Anda perhatikan adalah soal dana. Siapkan modal untuk mengurus visa, tempat tinggal selama di luar negeri, kebutuhan sehari – hari dan sebagainya. 

Tentu keputusan bekerja di luar negeri bukan hal yang mudah. Jadi pastikan juga Anda sudah mendapatkan restu dari keluarga agar perjalanan jadi lebih mudah. 

Itulah beberapa tips cara mencari dan melamar kerja di luar negeri yang Anda harus praktekkan. Jadikan mimpi Anda nyata dengan usaha yang maksimal. Semoga ulasan yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan bermanfaat.

Write A Comment