WhatsApp Web memberi kita kemudahan dalam bekerja sekaligus berbalas pesan. Melalui WA Web kita dapat mengerjakan dua hal sekaligus yaitu menyelesaikan pekerjaan di laptop atau di PC sambil membalas pesan yang masuk sehubungan dengan pekerjaan maupun urusan pribadi. Selama ini kita mengetahui bahwa WA Web dapat digunakan pada perangkat Android, Blackberry dan Windows Phone. Bagaimana cara pakai WA Web dari WhatsApp iOS?

Kini kita dapat menikmati layanan WA Web dari HP iPhone. Padahal dulu kita harus melakukan jailbreak terlebih dahulu sebelum dapat memakai WA Web dari iPhone. Kini, layanan WA berbasis Web telah tersedia untuk digunakan di HP iPhone. Dulu hanya iPhone yang tidak bisa menggunakan layanan WA Web karena adanya pembatasan yang diberikan oleh iPhone namun kini pembatasan tersebut sudah dihapuskan.

Cara Menggunakan WA Web dari iPhone

 cara pakai whatsapp web di laptop atau pc
cara pakai whatsapp web di laptop atau pc

Dengan menggunakan dua perangkat baik menggunakan WA di HP maupun di laptop, maka pesan yang masuk dan keluar dari akun kita akan disingkronkan antara HP dan laptop atau komputer. dengan demikian bagi yang mengirim pesan WA sambil bekerja tetap dapat melakukan keduanya sekaligus. Jadi kita tidak perlu sering melihat atau membuka HP untuk mengecek WA karena pesan tersebut sudah langsung kita terima di komputer. lebih praktis bukan?.

Syarat untuk menggunakan WA Web di iphone adalah penggunanya harus memiliki akun WA yang aktif di HP iPhonenya. Selanjutnya memiliki koneksi internet yang stabil. Browser yang digunakan di komputer pun sudah di update pada versi terbaru. Gunakan browser seperti Chrome, Firefox, Opera dan atau Safari untuk hasil yang lebih optimal.

Lantas jika semua syarat sudah dipenuhi, bagaimana cara pakai WA Web dari WhatsApp iOS ?. ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

Cara Pakai Wa Web Dari Whatsapp Ios2
Cara Pakai Wa Web Dari Whatsapp iOS
  1. Pastikan HP iPhone yang digunakan memiliki akun WhatsApp yang aktif. Jika belum, silahkan download terlebih dulu aplikasi WA for iPhone terlebih dahulu kemudian aktifkan aplikasinya.
  2. Buka halaman WA Web dari browser di komputer atau laptop.
  3. Siapkan HP iPhone, di laman WA Web yang dibuka di browser akan muncul permintaan untuk memindai QR Code.
  4. Buka aplikasi WA di HP iPhone, kemudian pilih Settings – WhatsApp Web.
  5. Pilih opsi Scan QR Code kemudian selanjutnya pindai kode yang muncul di WA Web.
  6. Setelah kode berhasil dipindai, maka WA Web sudah bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

WA Web di HP iPhone tidak memerlukan update karena sudah dilakukan oleh sistem serves WhatsApp itu sendiri. Namun agar penggunaannya berjalan maksimal maka pastikan anda menggunakan WhatsApp dengan versi terbaru (lihat juga: cara memperbarui aplikasi WhatsApp).

Karena aplikasi ini berbasis web maka penggunaannya di setiap browser akan berbeda antara Chrome, Opera atau browser lainnya. Walaupun terdapat banyak aplikasi browser yang dapat digunakan untuk membuka WA Web namun sangat disarankan untuk menggunakan browser Chrome, Opera atau Firefox.

Cara Logout WhatsApp Web di iPhone

Jika aplikasi WA Web sudah tidak digunakan lagi, anda dapat logout dari WA Web di laptop dan komputer dengan mudah. Ikuti langkah mudahnya berikut ini:

Cara Pakai Wa Web Dari Whatsapp Ios
Cara Pakai Wa Web Dari Whatsapp Ios
  1. Bukalah aplikasi WA di HP iPhone.
  2. Buka menu Pengaturan yang berada pada sisi kanan bawah layar HP, lalu klik WhatsApp Web atau Desktop.
  3. Pada menu ini anda dapat melihat semua komputer yang tersambung dengan sistem WA.
  4. Klik menu Matikan atau Logout Dari Semua Komputer.
  5. Anda akan menerima notifikasi yang akan meyakinkan anda untuk keluar atau Logout ?.
  6. Klik Logout, dan semua komputer akan terputus dari jaringan WA.

Bagaimana Melakukan Update Agar iOS Selalu Dapat Membuka WA Web ?

Mulai tanggal 1 November 2021, semua iPhone dengan iOS lama tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp baik di HP maupun Web. Informasi ini disampaikan secara resmi oleh pihak WhatsApp. iPhone yang tidak dapat menjalankan aplikasi WhatsApp adalah mereka yang memiliki iOS 9 kebawah. Sistem iOS memang telah berusia lebih dari 5 tahun karena dirilis pada tahun 2015. Karenanya wajar jika iOS 9 ke bawah harus mendapatkan pembaharuan agar dapat membuka aplikasi WA.

Cara Pakai Wa Web Dari Whatsapp Ios
Cara Pakai Wa Web Dari Whatsapp Ios

Beberapa HP iPhone seri lawas yang masih bisa digunakan untuk membuka WA adalah semua seri iPhone yang memiliki iOS minimal iOS 10. Karena itu seri lawas seperti iPhone 4, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, iPhone 6Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan iPhone SE generasi pertama yang masih memakai iOS 9 harus mau melakukan upgrade ke tingkat yang lebih tinggi jika masih ingin menggunakan aplikasi WA di HP iPhonenya.

Untuk pengguna iPhone seri 6s, 6sPlus dan SE generasi pertama masih memiliki kesempatan untuk melakukan upgrade ke iOS 15 0.2. Ketiga model ini sudah mengalami enam kali pembaharuan iOS sejak pertama kali diluncurkan. Bagaimana cara mengecek dan mengupdate iOS versi terbaru?. Simak langkahnya di bawah ini:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan.
  2. Klik pilihan General atau Umum.
  3. Klik opsi About atau Tentang. Akan muncul informasi tentang versi iOS yang dijalankan oleh HP.
  4. Jika HP butuh pembaharuan maka akan muncul link pembaharuannya, klik Update.
  5. Tunggu hingga proses update dan install berjalan sempurna.
  6. Selesai.

Sebelum mulai melakukan update, pastikan bahwa HP memiliki daya dan kapasitas memori yang cukup. HP juga harus tersambung dengan koneksi internet yang stabil agar update tidak putus ditengah jalan.

Demikian ulasan mengenai cara pakai WA Web dari WhatsApp iOS dari Pelita.or.id. Caranya mudah sekali bukan? Ketika bekerja, sebaiknya menggunakan WA Web sebagai alat komunikasi agar kita tidak terlalu sering terlihat membuka HP karena pesan yang masuk sudah dapat dilihat langsung di layar PC atau laptop. Hal ini juga untuk menghindari performa kerja yang menurun akibat nampak terlalu sering berkirim pesan lewat HP.

Author