Dunia Bisnis

Contoh Analisa Harga Satuan Pekerjaan di Area Jawa

Artikel ini disponsori oleh: Pagar Panel Beton dari Asiacon Sebelum melakukan penawaran pada suatu pekerjaan di instansi pemerintah, penyedia...

Written by Editorial · 1 min read >
Ilustrasi beton prategang dan harga satuan pekerjaan

Artikel ini disponsori oleh: Pagar Panel Beton dari Asiacon

Sebelum melakukan penawaran pada suatu pekerjaan di instansi pemerintah, penyedia jasa harus membuat penawaran harga.  Pastinya harga penawaran tidak melampaui Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner’s Estimate (OE). Sebelum membuat penawaran harga ada baiknya dipahami terlebih dahulu tentang apa itu analisa harga satuan pekerjaan.

Analisa harga satuan pekerjaan dibuat berdasarkan suatu metode pekerjaan tertentu. Analisa harga satuan pekerjaan harus mengandung asumsi-asumsi yang tergambar di dalam spesifikasi teknis dan gambar desain. Hal tersebut tentu saja dilengkapi dengan jangka waktu rencana penyelesaian pekerjaan.

Pengertian Analisa Harga Satuan Pekerjaan

Analisa harga satuan pekerjaan adalah tabel yang menunjukkan harga satuan pekerjaan konstruksi dan merupakan penjabaran dari:

  1. Perkalian kebutuhan bahan bangunan
  2. Upah kerja
  3. Peralatan dengan harga bahan bangunan
  4. Standard pengupahan pekerja
  5. Harga sewa / beli peralatan untuk menyelesaikan per satuan pekerjaan konstruksi

Darimana Dasar Perhitungan Analisa Harga Satuan Pekerjaan?

Dasar perhitungan analisa harga satuan pekerjaan adalah hasil penelitian dan pengalaman. Namun untuk menyeragamkan perhitungan se indonesia dan memudahkan pekerja konstruksi, maka pemerintah membuat koefisien analisa harga satuan SNI. Biasanya yang mengeluarkan SNI adalah menteri pekerjaan umum.

Tabel Analisa Harga Satuan Pekerjaan di Area Jawa

ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP)
DI AREA JAWA ATAS TAHUN 2020

AHSP Area Jawa 2020
AHSP Area Jawa 2020

Keterangan:

  • Tabel analisa harga satuan pekerjaan di atas sesuai dengan standard SNI.
  • Harga di atas belum termasuk biaya overhead dan keuntungan kontraktor.
  • Jika Anda bertindak sebagai kontraktor maka harus ditambahkan persentase keuntungan di dalamnya.

Jika dilihat dari analisa harga satuan di atas untuk biaya pekerjaan 1 m3 Beton Site Mix dengan mutu K-300 membutuhkan biaya Rp 802.873,41,00. Biaya sejumlah tersebut sudah termasuk bahan material dan upah kerja, namun belum termasuk keuntungan dan PPN.

Bagaimana jika item pekerjaan tidak ada dalam analisa SNI? Mengingat perkembangan dunia konstruksi begitu cepat, sehingga banyak material pengganti dan material hasil inovasi seperti pekerjaan dinding precast.Inilah fungsi seorang enginering, maka kita boleh membuat koefisien analisa harga satuan sendiri dengan membuat sebuah penelitian dilapangan, sehingga dapat diterima oleh semua pihak.

cara mudah menjadi member hni hpai

Cara Mudah Menjadi Member HNI HPAI

Editorial in Dunia Bisnis
  ·   1 min read

Leave a Reply