Jika Anda sering membaca koran, majalah maupun media elektronik tentu sudah tidak heran dengan teks editorial. Teks ini mampu memberikan fakta seputar situasi maupun kondisi dari suatu kejadian tertentu. Cakupan teks editorial juga begitu bervariasi.

Misalnya, tentang politik, ekonomi, sosial, olahraga, humaniora dan sebagainya. Bahkan teks editorial juga banyak yang menceritakan tentang hiburan, baik skala internasional maupun seputaran lingkup nasional.

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial sejatinya merupakan jenis teks yang memuat opini, fakta maupun pandangan dari tim redaksi terkait kejadian tertentu di sekitaran lokasi. Topik yang diangkat dalam teks ini juga sangat bervariasi dan dapat dikatakan tidak terbatas.

Teks editorial yang belakangan ramai diperbincangkan di antaranya bantuan tunai bagi pelajar dan mahasiswa dari Kemendikbud, terganggunya server YouTube, Gmail dan Play Store hingga berita penghargaan musik Asia. Beragamnya tema tersebut tentu akan menarik minat banyak pembaca.

Secara garis besar adanya teks editorial mampu memberikan manfaat guna merangsang pemikiran serta menggerakkan para pembaca sekalian untuk melakukan tindakan tertentu. Jadi, teks ini bukan hanya sekedar bentuk pemberian informasi semata saja.

Lihat juga materi statistik dan matematik di Statmat.id

Struktur Teks Editorial

Sebagai salah satu jenis bacaan yang populer di kalangan masyarakat luas, teks editorial mempunyai struktur tersendiri. Struktur teks editorial terdiri atas pernyataan pendapat, argumentasi dan penegasan ulang.

1. Pernyataan Pendapat

Bagian ini juga sering disebut sebagai tesis. Tesis memuat sudut pandang dari sisi penulis pada persoalan yang tengah diangkat. Biasanya pada bagian tesis memuat sejumlah teori yang bisa semakin diperkuat oleh suatu argumen.

2. Argumentasi

Pada bagian argumentasi memuat sejumlah alasan sekaligus bukti yang memperkuat pernyataan pendapat (tesis) sebelumnya. Muatan argumentasi di antaranya pernyataan umum, pernyataan para ahli sampai data hasil penelitian yang dilakukan.

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang atau yang sering disebut reiteration mencakup penguatan ulang terhadap argumentasi sebelumnya. Bahkan dalam penegasan ulang juga perlu ditunjang oleh berbagai macam fakta yang mampu mendukung seluruh argumen.

Cara Pembuatan Teks Editorial

Ilustrasi Pembuatan Teks Editorial
Ilustrasi Pembuatan Teks Editorial

Setelah memahami bagaimana struktur teks editorial, berikutnya Anda perlu memperhatikan bagaimana cara pembuatan teks tersebut. Setidaknya ada empat cara menulis teks editorial dengan baik dan benar yang bisa Anda ikuti.

  1. Cobalah memilih topik paling baru dan menarik pembaca terlebih dahulu.
  2. Lakukan pengumpulan data guna mendukung opini yang dituangkan.
  3. Sesuaikan topik yang ingin ditulis dengan target pembaca.
  4. Sunting teks dengan kalimat yang pas dibaca oleh para pembaca.

Contoh Teks Editorial

1. Teks Editorial Politik terkait Corona

Pemerintah Didesak untuk Gratiskan Vaksin Corona

Juru bicara khusus vaksinasi corona nasional yakni Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan sejumlah alasan mengapa pemerintah tidak secara penuh menggratiskan vaksin. Hal ini tentu memicu beragam protes massal.

Pertama, Nadia menjelaskan karena adanya alasan anggaran pemerintah guna menangani virus corona. Belum lagi urusan BPJS guna melayani orang-orang yang sedang sakit. Selain itu, juga masih ada besaran biaya lain yang diperlukan. Misalnya, APBD, pembukaan kamar RS tambahan hingga dana bantuan sosial.

Maka dari itu, perlu adanya gotong royong demi merealisasikan pemulihan ekonomi skala nasional. Salah satunya dengan tidak sepenuhnya menggratiskan vaksin. Hal ini diharapkan akan efektif demi menjaga kestabilan ekonomi bangsa.

Ilustrasi Pendukung Teks Editorial Corona
Ilustrasi Pendukung Teks Editorial Corona

2. Teks Editorial Kesehatan dan Pandemi

Siap Akhir Tahun: Singapura Mengizinkan Vaksin Pfizer

Singapura menyusul Inggris dan AS untuk ikut menggunakan vaksin pfizer demi melawan virus corona. Hal ini dikutip dari pembicaraan Perdana Menteri Singapura yakni Lee Hsien Loong pada hari senin silam. Bahkan vaksin tersebut siap suntik mulai akhir tahun 2020.

Bukan hanya dirinya saja, akan tetapi banyak pejabat penting lainnya yang akan menerima vaksin pertama virus corona bersama dengan para tenaga medis. Walaupun demikian tetap saja vaksinasi tersebut tetap bersifat sukarela.

Singapura hingga saat ini masih melaporkan adanya kasus corona. Setidaknya sampai detik ini terdapat 58.000 kasus dengan 29 orang meninggal dunia. Negara ini juga termasuk ke dalam salah satu yang melaporkan tingkat kematian akibat virus corona terendah di dunia.

3. Teks Editorial Lingkungan

Limbah Elektronik Jakarta Capai 22,6 Ton

Hingga akhir tahun 2020 ini tercatat jumlah limbah elektronik di Jakarta ada sebanyak 22,6 ton. Hal tersebut disampaikan dari data Dinas Lingkungan Hidup setempat pada rabu silam. Data yang diperoleh juga didasarkan pada layanan e-waste.

Ada begitu banyak titik dropbox e-waste yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Mulai dari kantor pemerintahan, sekolah, kantor swasta, stasiun kereta, halte bus maupun ruang publik lainnya. Tidak mengherankan jika begitu banyak total jumlah limbah elektronik di Jakarta.

Metode e-waste bisa dijalankan dengan skema tertentu. Penjemputan sampah elektronik ini harus diawali dengan pengisian Google Form terlebih dahulu pada laman yang disediakan. Berikutnya barulah akan dilakukan penjemputan limbah sesuai urutan.

Untuk menulis teks editorial tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hanya saja Anda harus memahami struktur dan bagaimana cara pembuatannya saja. Selebihnya Anda bisa langsung menuliskan kejadian maupun peristiwa apa saja yang terjadi di lingkungan.