Browser merupakan aplikasi yang sangat penting pada perangkat HP. Melalui browser ini anda dapat membuka website yang dibutuhkan. Banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka website di HP. Salah satunya adalah Opera Mini Apk yang dapat diunduh dan diinstal di perangkat Android. Simak ulasan berikut ini mengenai cara download Opera Mini Apk dan instalasinya di HP anda.

Mengenal Opera Mini Apk

download Opera Mini Apk

Opera Mini adalah browser yang banyak dipilih orang-orang untuk diinstal di HP mereka. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini memang disukai banyak orang karena memiliki banyak keunggulan. Interface yang minimalis dan user friendly membuat siapa saja bisa menggunakan browser Opera Mini. Selain itu kecepatan browsingnya juga menjadi salah satu poin yang mengungguli browser lainnya.

akses internet lebih cepat dan murah dengan aplikasi opera mini
keunggulan utama opera mini

Berbeda dengan browser lainnya, Opera Mini tetap dapat digunakan secara optimal walaupun anda sedang mengalami kendala dalam jaringan internet. Jika anda browsing dan surfing di internet menggunakan browser lain, anda tidak dapat memuat laman apapun saat jaringan internet sedang lelet. Namun jika anda menggunakan Opera Mini, jaringan lambat bukan masalah karena anda tetap dapat membuka laman website yang anda inginkan.

Aplikasi Opera Mini tersedia untuk perangkat Android dan bisa di download secara langsung dan gratis di Google Play Store. Banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi ini membuat Google menyematkan rating 4.3 untuk aplikasi ini. Hal ini membuktikan bahwa Opera Mini adalah aplikasi browser yang kredibel, aman dan terpercaya.

Fitur Lengkap Opera Mini

Selain interface dan tampilan yang user friendly, Opera Mini Apk memiliki beragam fitur yang akan membuat pengalaman browsing anda semakin menyenangkan dan optimal. Apa saja fitur unggulan Opera Mini Apk yang membuat browser ini digunakan banyak orang?.

download Opera Mini Apk

1. Custom Tampilan Opera Mini Apk

Fitur ini sangat disukai dan menjadi salah satu fitur unggulan Opera Mini. Pada browser lainnya, anda hanya akan menemukan tampilan-tampilan yang itu-itu saja. Tapi dengan menggunakan Opera Mini anda akan menemukan kesenangan lain yaitu tampilan yang bisa dikustomisasi sesuai dengan selera anda.

2. Video Player

Dengan menggunakan browser Opera Mini anda dapat menonton video yang di download adari internet kangsung menggunakan browser tanpa harus menggunakan player yang terpisah. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki HP model lama yang ukuran RAMnya kecil. Ketika ingin menonton video yang di download dari internet tidak perlu memaksa HP melakukan pekerjaan multitasking karena anda dapat langsung menonton videonya di browser.

3. Smart Download

Jika di PC anda bisa menggunakan Internet Download Manager maka di perangkat Android anda bisa menggunakan browser Opera Mini. Hal ini dapat dilakukan karena di browser ini terdapat fitur yang benama Smart Download yang dapat membantu anda untuk mendeteksi berbagai file yang dapat diunduh baik video maupun audio.

4. Share File Secara Offline

Opera Mini memiliki sebuah fitur untuk berbagi file secara offline selayaknya Airdrop atau Google Naerby Share. Fitur ini dapat digunakan dengan sesama pengguna Opera Mini melalui jaringan nirkabel. Cara melakukannya ialah dengan mendekatkan HP ke perangkat yang ingin dibagikan file nya.walau hanya bisa dilakukan dengan posisi antar HP yang sangat dekat, namun fitur ini sangat membantu karena tidak diperlukan biaya atau kuota untuk menggunakan fitur ini.

5. Fitur Night Mode

fitur built in mode terang dan mode gelap opera mini
fitur night mode keren di Opera Mini

Saat ini aplikasi yang tidak memiliki fitur night mode disebut sebagai aplikasi yang ketinggalan jaman. Untuk mengikuti trend ini maka Opera Mini juga hadir dengan fitur Night Mode. Jika fitur ini diaktifkan maka tampilan browser akan menjadi gelap. Tampilan seperti ini memang lebih ramah untuk mata karena rasa silau akan berkurang. Penggunaan Night Mode juga bisa menghemat baterai anda.

6. Fitur Extreme Data Saver

Jika anda menggunakan paket data untuk browsing dijamin paket data anda akan cepat habis. Ini merupakan masalah bagi sebagian orang yang mengandalkan paket data untuk tersambung ke internet. Jika anda menggunakan browser Opera Mini anda dapat mengaktifkan fitur Extreme Data Saver untuk menghemat penggunaan kuota. Fitur ini akan membantu anda menghemat data saat menggunakan Opera Mini.

7. Fitur VPN

Saat anda sedang membuka situs tertentu, mendadak anda diarahkan ke laman provider internet, ini artinya situs yang anda kunjungi tersebut di blokir oleh provider atau oleh pemerintah. Hal ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan browser Opera Mini. Anda bisa membuka situs tanpa ancaman pemblokiran. Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Download Opera Mini Apk dan Instalasinya

download Opera Mini Apk

Anda bisa melakukan download Opera Mini Apk langsung dari Google Play Store di HP anda. Namun jika memori di HP sudah penuh, hal ini tentu tidak bisa dilakukan dan menjadi masalah cukup besar. Jika hal ini terjadi maka anda harus mengunduh Opera Mini Apk dari situs yang menyediakan aplikasi semacam ini. Carilah link yang paling sesuai dengan kebutuhan anda kemudian klik download.

Lihat juga: Review Situs Voicely

Setelah se;esai mendownload aplikasinya, anda harus memasang atau melakukan instalasi di HP agar browser terpasang sempurna dan bisa digunakan. Simak langkah instalasinya di bawah ini:

Nama AplikasiOpera Mini APK
DeveloperOpera
Ukuran file17.1 MB
Tanggal update18 Maret 2022
Link Download[Unduh]
Detail aplikasi Opera Mini APK Official Download Terbaru
  • Buka pengaturan di HP kemudian cari menu perizinan untuk menginstall aplikasi dari luar Play Store. Umumnya fitur ini terdapat di menu Security atau Privacy, namun bisa saja berbeda di setiap perangkat.
  • Di menu Setting pilihlah submenu App and Notifications.
  • Klik Advanced dan pilih opsi Special App Access.\
  • Pilih menu Install Unknown Apps.
Install Opera Mini Apk Dari Sumber Tidak Dikenal
Install Opera Mini Apk Dari Sumber Tidak Dikenal
  • Di layar HP akan nampak daftar aplikasi yang memiliki akses untuk melakukan instalasi. Pilihlah salah satu aplikasi seperti File Manager atau Google Files.
  • Klik Allow From This Source.
  • Bukalah File Manager, klik file aplikasi yang ada di folder download.
  • Kik pada file tersebut.
  • Anda akan diarahkan ke laman isntalasi, klik pilihan Install.
  • Tunggulah hingga aplikasi selesai di install dengan sempurna.
  • Jika proses intalasi telah selesai aka nada notifikasi yang muncul di layar.
  • Jika tidak ingin membuka browser, klik Finish.
  • Jika ingin langsung menggunakan browser, klik Open.

Demikian ulasan mengenai cara download Opera Mini Apk dari Pelita.or.id yang dapat diinstal di HP tanpa melalui Google Play Store. Aplikasi ini memang sangat berguna bagi anda yang sering membuka website dari browser HP. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Author