Bisnis jastip sekarang memang sudah banyak berkembang. Tidak hanya di luar negeri, perkembangannya di Indonesia pun sangat besar. Di Indonesia ada banyak bisnis jastip yang hadir sebagai jawaban bagi mereka yang butuh membeli barang dari suatu negara tanpa perlu ke negara tersebut. 

Semisal Anda ingin beli barang dari China sementara Anda tinggal di Indonesia, Anda bisa membeli barang dari China hanya dengan menggunakan jastip. Anda tinggal tunggu barang dibelikan dan segera datang ke tempat Anda tanpa Anda perlu kemana – mana. 

Akan tetapi membeli barang dari China menggunakan jastip juga ada plus minusnya. Berikut ini plus minus membeli barang dari China menggunakan jastip yang Anda harus tahu!

Mengenal Jasa Titip dari China

Membeli barang dari China dengan menggunakan jastip ada plus minusnya. Plusnya tentu saja Anda bisa mendapatkan barang apa saja yang Anda mau tanpa Anda harus pesan tiket pesawat ke China. Itu artinya tanpa Anda harus datang langsung ke China, Anda tetap bisa mendapatkan barang yang Anda mau.

Dengan begitu pengorbanan yang Anda harus keluarkan untuk mendapatkan barang atau suatu product yang Anda inginkan jadi semakin murah. Akan tetapi minusnya, karena pada akhirnya Anda tidak bisa meraba atau melihat barang secara langsung melainkan hanya dalam bentuk foto atau video yang dikirimkan petugas jastip, hal tersebut membuat Anda tidak bisa 100% yakin kualitasnya ketika Anda sudah dapatkan barangnya.

Tak jarang lho pembeli merasa kecewa karena ekspektasinya terlalu tinggi sementara barang yang dibelikan jastip di China untuknya memiliki kualitas yang tidak sesuai dengan ekspektasinya. 

Saran yang kami bisa berikan untuk Anda yang membeli barang menggunakan jasa titip China

  • Pertama pastikan Anda sudah tahu barang apa yang akan Anda beli. Jika perlu 1 bulan atau paling cepat 1 minggu sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang tersebut, cari dulu review – review produknya. Cek dulu kualitasnya yang baik seperti apa sebagai bahan perbandingan dengan barang yang didatangkan untuk Anda nantinya.
  • Pastikan Anda memilih jastip yang terpercaya. 
  • Anda bisa cari tahu review pelanggan atau testimoni jastip tersebut di sosial media atau websitenya jika memang ada. Jika review pelanggan 90% bagus, Anda bisa memilihnya. Namun jika tidak bagus, maka Anda bisa mencari jastip yang lainnya. 
  • Cari tahu layanan yang diberikan jastip tersebut. 
  • Agar lebih aman, baiknya Anda memilih jastip yang memberikan garansi. Misalkan ada garansi kesepakatan jika barang cacat atau tidak sesuai pesanan maka bisa refund atau diganti dengan barang lainnya. 

Dengan menerapkan tips diatas sebelum Anda memilih suatu jastip, dengan begitu Anda akan lebih nyaman dalam proses belanja ke depannya. Sementara jika Anda adalah pihak yang akan membuka bisnis jastip, pastikan Anda harus ingat bahwa ada banyak konsekuensi yang Anda harus dapatkan seperti complain karena barang salah atau tidak sesuai selera pembeli karena jika bicara soal selera semuanya berbeda – beda. 

Pastikan juga Anda terapkan sistem transfer dulu baru barang akan dicarikan sehingga dengan begitu dapat mencegah terjadinya pembatalan. Anda juga harus siapkan dana untuk pergi ke suatu tempat dan menyewa hotel atau penginapan selama di tempat tujuan jastip tersebut. 

Itulah berbagai plus minus membeli barang dari China menggunakan jastip yang Anda harus tahu dan pahami terlebih dahulu. Bagi pembeli, jangan sampai salah pilih jastip. Sementara jika Anda penyedia layanan jastip, jangan salah fokus karena berakibat pada hilangnya pembeli Anda.  

Write A Comment