Elektronik

Ketahui Jenis-Jenis Panel Surya untuk Alat Penghemat Tenaga Listrik

Panel surya sudah lama dikenal sebagai energi terbarukan dan telah bertransformasi menjadi energi alternatif paling mudah di aplikasikan, terutama...

Written by Editorial · 1 min read >
solar panel di atap rumah

Panel surya sudah lama dikenal sebagai energi terbarukan dan telah bertransformasi menjadi energi alternatif paling mudah di aplikasikan, terutama bagi masyarakat awam. Panel surya juga bisa dipakai sebagai alat penghemat energi listrik. Sayangnya tidak banyak masyarakat yang tahu, jika panel surya memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Panel surya yang dijual dan digunakan di Indonesia adalah salah satu jenis tertentu yang dianggap paling cocok untuk  geografis wilayah ini yang beriklim tropis. Alasan inilah mengapa harga panel surya bervariasi, menyesuaikan dengan jenis bahan yang dipakai dan kecocokan geografis.

Berbagai Jenis Panel Surya

Ada 4 jenis panel surya yang bisa digunakan dan sesuai geografis Indonesia. Ada jenis Mono,  Poli, Amorphous, dan Compound. Jenis panel surya yang paling banyak dipakai masyarakat Indonesia terutama untuk kebutuhan rumah adalah Mono dan Poli yang merupakan kependekan dari Monokristalin dan Polikristalin.

Jenis panel surya Monokristalin di anggap paling efisien, dalam menghasilkan daya listrik dengan persatuan luas yang paling tinggi serta memiliki efisiensi sampai dengan 15%. Namun panel jenis ini tidak dapat berfungsi baik di tempat yang cahaya mataharinya kurang dan efisiensinya akan menurun secara drastis dalam cuaca berawan.

Lain halnya dengan panel surya jenis Polikristalin yang memiliki susunan kristal acak. Panel surya jenis ini memerlukan luas permukan yang lebih besar dibandingkan dengan Monokristalin jika untuk menghasilkan daya listrik yang sama. Kelebihannya jenis panel surya ini tetap dapat menghasilkan listrik dalam berbagai kondisi cuaca bahkan pada saat mendung sekalipun.

Iklim dan cuaca berpengaruh dalam menentukan jenis panel surya yang akan digunakan. Untuk geografis Indonesia, meski berada di garis katulistiwa dan mendapatkan sinar matahari yang panjang setiap tahunnya, Indonesia tetaplah negara tropis. Selain mendapat sinar matahari yang cukup, juga memiliki curah hujan yang tinggi.

Lantas jenis panel surya yang paling cocok digunakan di Indonesia adalah jenis Polikristalin. Walaupun efisiensinya lebih rendah dari Monokristalin pada saat kondisi matahari terik, tetapi efisiensinya akan tetap stabil pada cuaca berawan atau mendung. Harga panel surya Polikristalin juga lebih terjangkau dibanding jenis lainnya.

Penggunaan panel surya sebagai langkah menghemat energi mengharuskan Anda teliti dalam memilih perusahaan penyedia panel surya. Anda bisa memakai jasa Sewatama yang pengalamannya di bidang ini lebih dari 22 tahun. Anda dapat berkonsultasi, dibuatkan anggaran dana, serta dapat memakai fasilitas perawatan pasca pemasangan. Jadi, pilih Sewatama sebagai solusi kelistrikan Anda.

Leave a Reply