Kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Rambut dan Treatment yang Tepat

Mengetahui jenis rambut itu sangat penting sebelum beli sampo atau produk tertentu demi merawatnya. Cara paling mudah untuk melihat...

Written by Editorial · 1 min read >
treatment rambut botak

Mengetahui jenis rambut itu sangat penting sebelum beli sampo atau produk tertentu demi merawatnya. Cara paling mudah untuk melihat rambut dalam keadaan alami, bisa dengan keramas dulu, lalu mengeringkannya.

Dengan mengetahui jenis-jenis rambut, nantinya tak perlu keluar banyak uang hanya untuk mengubahnya. Cukup maksimalkan apa yang ada agar tetap terlihat alami dan berkarakter.

Jenis Rambut menurut Sifatnya

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jenis rambut, diantaranya adalah berikut ini:

Rambut Kering

Apa ciri yang paling mencolok untuk kategori rambut kering? Ketika selesai mandi kan biasanya sisiran tuh. Apakah terasa kesat dan sulit sekali melalui ujian sisir? Begitu dipaksakan, eh, banyak rambut yang tercerabut dari akarnya.

Biasanya, rambut kering ukurannya kecil-kecil. Seakan-akan terlihat kurus dan kurang berisi. Tapi untungnya, jenis rambut ini jarang sekali yang cepat beruban meskipun sudah berumur lanjut. Berbeda dengan pemilik rambut berminyak dan tebal-tebal itu. Oleh karenanya, tidak sedikit orang tipe ini yang memilih menggunakan shampoo untuk rambut kering.

Rambut Berminyak

Seringkali, rambut berminyak itu mudah mengundang ketombe. Iya, kan? Pasti sangat menjengkelkan. Sudah ganti-ganti sampo, ketombe itu sulit hilang juga.

Ciri khas rambut berminyak itu memiliki penampilan yang kerapkali terlihat lemas dan lepek. Lebih-lebih ketika mengenakan kerudung dalam waktu lama.

Jenis Rambut berdasarkan Polanya

Selain melalui sifatnya, kita juga bisa mengetahui jenis rambut berdasarkan polanya:

Rambut Keriting

Jenis rambut ini memiliki 2 pola khusus, yakni berbentuk ikal dan bulat-bulat. Tapi, keduanya sama-sama memiliki pola mirip huruf S.

Seringkali, pemilik rambut keriting banyak yang mengubah bentuknya lewat rebounding. Padahal, ketika terlalu sering mengubahnya, bisa merusak sifat alami dari rambut tersebut.

Rambut Lurus

Karakteristik dari rambut lurus itu biasanya tidak tebal-tebal amat dan tidak memiliki lekukan sama sekali. Biasanya, jenis rambut yang ini cukup rapuh. Tapi, kalau perawatannya bagus dan sering dikasih nutrisi, justru jadi tampak kukuh dan berkarakter.

Rambut Bergelombang

Inilah jenis rambut yang biasanya jadi idaman banyak orang. Ada yang memiliki rambut bergelombang dari atas ke bawah. Ada pula yang gelombangnya cuma ada di bawah. Sedangkan bagian atas tampak lurus-lurus saja.

Alhasil, ketika seseorang memilih untuk memangkas hingga pendek, kesannya ia punya rambut lurus. Jadi tidak perlu rebounding hanya untuk tampil menawan di hadapan orang tercinta.

Mau bergelombang, tipis, berminyak, kering, atau apa pun itu, sebaiknya tetap syukuri keadaan alaminya. Kemudian tambah rasa syukur dengan menjaga kualitasnya. Misal dengan sering-sering mengonsumsi vitamin atau makanan bernutrisi tinggi agar tetap menawan sampai hari tua tanpa harus dibuat-buat.