Mengenal Keunggulan Chip Apple M1 vs Intel, OS Baru di Produk MacBook!

1 min read

Kecanggihan Teknologi Apple M1

Hadirnya seri MacBook, seperti MacBook Pro, MacBook Air dan juga Mac Mini dengan varian terbaru adalah sebuah sejarah baru bagi Apple. Sebagaimana diketahui, produk laptop terbaru Apple ini menggunakan chip Apple M1 yang diproduksi sendiri. Nah, kali ini, kita akan berusaha mengenal keunggulan chip Apple M1 vs Intel untuk tambahan wawasan.

Ya, sebelum menggunakan chip Apple M1, produk Apple cenderung menggunakan chip Intel. Sebagaimana diketahui, Intel memang menjadi raksasa chip untuk produk laptop dan juga PC.

Peralihan penggunaan chip dari Intel ke Apple M1 ini tentu menjadi perbincangan yang menarik, terutama Anda yang mungkin sedang mempertimbangkan membeli laptop baru. Tentu, ada beberapa hal yang perlu diketahui dari chip terbaru Apple M1 ini untuk diperbandingkan dengan chip dari Intel. 

Lihat pula: Perbandingan Big Sur vs Catalina

Lantas, apa saja keunggulan dari Apple M1 dibandingkan dengan Intel sebagai salah satu chip populer? Simak ulasan selengkapnya!

Apple M1 Menawarkan Performa yang Lebih Tinggi

Setiap pengguna tentu merindukan performa laptop atau PC yang tinggi sehingga aktivitas mereka bisa terselesaikan dengan baik. Nah, Apple mengklaim bahwa prosesor M1 besutan mereka memiliki performa yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan Intel.

Memang, klaim tersebut bisa dikatakan cenderung masih sepihak karena faktanya, pihak Intel pun melakukan penegasan bahwa chip dari mereka memiliki performa yang lebih baik. Oleh karenanya, perlu waktu bagi para user untuk memastikan mana sebenarnya chip yang lebih baik.

Hanya saja, dalam salah satu tes yang dilakukan, chip Apple M1 memiliki skor benchmark yang cenderung lebih tinggi daripada Intel. Barangkali, skor inilah yang menjadi dasar klaim jika M1 besutan Apple memiliki performa yang lebih bagus. 

Lihat dan baca:  Cara Mematikan Autoplay dan Autopause di Youtube
Kecanggihan Teknologi Apple M1
Kecanggihan Teknologi Apple M1

Lebih Hemat Energi

Selain performa, energi juga menjadi salah satu pertimbangan penting ketika hendak mencari device laptop yang baru. Nah, ketika berbincang tentang Apple M1, perlu diketahui bahwa efisiensi energi menjadi salah satu fokus utama Apple silicon dengan basis ARM di Mac. Nah, dengan detail ini, energi yang digunakan nantinya akan cenderung lebih hemat.

Terbukti, dalam tes yang dilakukan, produk MacBook Air dengan chip Apple M1 bisa bertahan hingga 18 jam. Sementara produk yang sama dengan chip intel hanya bisa bertahan dalam waktu 12 jam saja. Sekilas, perbedaan daya tahan keduanya cenderung cukup signifikan. Oleh karenanya, tidak salah jika untuk bagian energi, Apple M1 lebih baik daripada Intel.

Fitur Unik yang Lebih Beragam

Hal lain terkait mengenal keunggulan chip Apple M1 vs Intel adalah bahwa Apple M1 memiliki lebih banyak fitur unik yang hadir dibandingkan dengan chip Intel. Beberapa fitur unik yang dimaksud diantaranya adalah Apple Image Signal Processing, Apple Secure Enclave, Apple Neural Engine dan lainnya.

Fitur ini tentu tidak akan didapatkan jika Apple masih menyerahkan urusan chip mereka pada Intel. Tentu, dengan fitur yang cenderung lebih bervariasi dan unik, maka performa Apple M1 nantinya akan semakin membaik dan tentu banyak hal untuk dinikmati bagi para pengguna Apple.

Beberapa hal di atas adalah keunggulan chip Apple M1 jika dibandingkan dengan Intel. Tentu, dengan penggunaan chip ini, maka Apple memiliki kontrol yang penuh untuk produk buatan mereka. Hal ini tentu memberikan keuntungan di mana Apple bisa mengeksplorasi lebih banyak hal menarik untuk menyenangkan para pelanggan mereka.

Nah, demikian ulasan terkait mengenal keunggulan chip Apple M1 vs Intel. Tentu, Mac besutan Apple akan terasa lebih Mac dengan penggunaan chip Apple M1 yang baru. Semoga bermanfaat.

Lihat dan baca:  5 Cara Google Sound of Text di WhatsApp

Harian Pelita: Media Referensi Terkini