Dunia Bisnis

Mengenal Layanan Free Email Hosting Dari Zoho.com

Tahukah Anda jika Zoho mail ternyata bisa digunakan untuk membuat email domain sendiri secara gratis lho. Namun, sebelum mengenal...

Written by Editorial · 2 min read >
layanan free email hosting dari zoho

Tahukah Anda jika Zoho mail ternyata bisa digunakan untuk membuat email domain sendiri secara gratis lho. Namun, sebelum mengenal layanan free email hosting dari Zoho.com, sepertinya Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan Zoho itu sendiri.

Nah, di bawah ini Anda diajak untuk mengenal Zoho dan apa sih yang diperlukan untuk menggunakan Zoho mail itu sendiri. Sudah penasaran? Yuk langsung saja simak uraian selengkapnya yang ada di bawah ini.

Apa itu Zoho Email Hosting

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Zoho itu? Zoho ternyata merupakan sebuah aplikasi online yang mana dia menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari.

Bahkan, di sini Anda akan menemukan aplikasi yang sangat beragam dari aplikasi untuk kebutuhan sales dan marketing, email dan juga finance. Tidak hanya itu, Zoho.com juga menyediakan tools yang bisa digunakan untuk menunjang produktivitas kerja seperti spreadsheet document creator, tools presentasi hingga hal-hal yang mencakup tentang sosial media management juga ada.

Namun, ada salah satu produk dari Zoho.com yang memberikan layanan Zoho mail dimana layanan ini digunakan untuk menerima email melalui domain kostum dengan bantuan dari layanan pihak ketiga. Jika layanan email pihak ketiga ini biasanya harus membayar.

Maka, saat Anda menggunakan Zoho, maka justru Zoholah yang menawarkan email gratis untuk 10 user pada setiap domain yang didaftarkan.

Apa yang harus disiapkan sebelum menggunakan Zoho Mail?

Jika Anda sudah mengenal free hosting dari Zoho.com di atas, kini saatnya Anda menyiapkan hal apa saja yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan ini. ternyata, yang Anda butuhkan hanyalah sebuah nama domain yang aktif. Untuk Anda yang belum memilikinya, maka Anda bisa membelinya terlebih dahulu.

Lihat juga kumpulan kode promo hosting disini.

Cara Membuat Email Domain Sendiri tanpa Hosting

Di sini adalah langkah yang penting dan harus dicermati dengan baik ketika Anda ingin memiliki email domain sesuai dengan domain milik Anda. Bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja simak selengkapnya sebagai berikut:

Setting Name Server Domain

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyetting nameserver domain milik Anda terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melakukan custom domain ke layanan dari email lainnya. Nah, untuk melakukannya, maka Anda membutuhkan name server default.

Membuat Akun Zoho Mail

Setelah Anda berhasil setting nameserver domain, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Zoho mail terlebih dahulu. Anda bisa masuk ke websitenya dan  daftarkan sendiri akun Zoho mail sesuai dengan yang Anda inginkan.

Setting CName Zoho Mail pada domain

Setelah Anda memiliki akun Zoho mail, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan konfigurasi CName Zoho pada domain Anda. Di sini, Anda bisa melakukan login ada niagahoster dan kemudian memilih menu hosting dan domain lalu pilih kelola pada domain milik Anda.

Verifikasi CNAME

Jika Anda sudah melakukan setting, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan verifikasi. Hal ini digunakan untuk memastikan apakah domain yang Anda buat sudah benar.

Membuat Nama Akun Email

Jika sudah, maka silahkan Anda membuat akun email sesuai dengan akun yang Anda inginkan. Misalnya adalah [email protected].

Melakukan Konfigurasi MX Record

Jika nama aku sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi MX record.

Ketika Anda sudah menyelesaikan langkah dalam membuat email dengan domain sendiri di atas. Maka artinya email domain sendiri dari Zohomail ini sudah menjadi milik Anda. Bahkan, email ini juga menjadi alamat yang terpercaya.

Sampai di sini mengenal layanan free email hosting dari Zoho.com. Semoga beberapa informasi di atas dapat memberikan banyak pelajaran dan manfaat yang bisa digunakan.

cotoh totebag

5 Model Tas Seminar Paling Populer

Editorial in Dunia Bisnis
  ·   2 min read