Dunia Bisnis

Mengenal Rangka Atap Baja Ringan [Prons and Cons]

Atap baja ringan saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Dengan terbuat dari material baja yang lebih ringan serta...

Written by Editorial · 1 min read >
kerangka atap besi baja

Atap baja ringan saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Dengan terbuat dari material baja yang lebih ringan serta tipis dibandingkan dengan baja konvensional. Sudah banyak rumah serta bangunan lainnya yang menggunakan rangka atap baja ringan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan kerangka atap baja ringan?

Brought to you by Casanesia.com

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kerangka Atap Baja Ringan

Dalam penggunaan rangka atap baja ringan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui, diantaranya:

Kelebihan Rangka Baja Ringan

Ringan dan mudah dipasang yang memudahkan anda dalam memasang atap baja ringan. Dengan memiliki sistem sambungan yang mudah hanya dengan menggunakan baut besi, sekrup, keling atau dapat juga dengan cara dilas. Hal ini dapat menghemat biaya penyewaan tukang serta dapat menghemat waktu juga.

Rangka baja ringan dapat dengan mudah dipotong serta dibentuk sesuai dengan atap yang anda inginkan. Dalam penyambungan dengan atap lain dapat anda lakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan material penghubung saja. Selain itu, juga baja ringan lebih lentur dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

Dengan kelenturan tersebut akan berpengaruh terhadap besarnya tegangan tarik atap, maka semakin banyak pula energi yang diserap. Tegangan tarik rangka baja ringan lebih besar dibandingkan dengan tegangan tarik baja konvensional.

Dengan material yang tidak akan mengalami karat serta tahan terhadap segala cuaca ekstrim, maka dapat melindungi rumah anda secara maksimal. Kualitas bahan yang tahan lama dibandingkan dengan atap kayu atau atap baja konvensional yang mudah berkarat. Hal ini disebabkan kualitas bahannya telah disempurnakan. Selain itu, juga atap baja ringan tidak mudah memuai serta menyusut.

Keunggulan lain adalah dengan memiliki bentuk yang lebih bervariasi sehingga dapat dibuat sesuai dengan berbagai model atap yang anda kehendaki. Perlu anda ketahui bahwa material atap baja ringan dapat didaur ulang sehingga dapat anda manfaatkan untuk membuat konstruksi bangunan yang baru.

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Dengan memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi, atap baja ringan tergolong mahal. Harga dihitung per 6 cm yang disesuaikan dengan merk rangka atap baja ringan yang anda kehendaki. Harga yang telah ditetapkan di luar harga perlengkapan lain, seperti aluminium foil, sekrup, kanal, reng dan kelengkapan lainnya.

Jika tidak dipasang dengan benar, atap baja ringan mudah terbawa angin karena sifatnya yang ringan. Yang hanya menggunakan baut dalam sistem sambungannya menjadi salah satu faktor yang menyebabkan atap baja ringan mudah lepas terbawa angin besar. Selain itu, adanya ketidaktelitian dalam menghitung konstruksi atap bangunan dapat menyebabkan kegagalan menyeluruh yang mengakibatkan atap dapat roboh.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan atap rangka baja ringan diatas, dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penggunaan atap baja ringan di rumah anda. Untuk meminimalisir resiko yang dapat terjadi, anda dapat lebih berhati-hati serta lebih teliti dalam penerapan atap baja ringan dalam bangunan rumah anda.

cotoh totebag

5 Model Tas Seminar Paling Populer

Editorial in Dunia Bisnis
  ·   2 min read

Leave a Reply