Kesehatan

Cara Simpel Menghilangkan Noda di Baju Putih

Untuk menjaga pakaian putih dari berbagai noda cukuplah sulit. Hal ini dikarenakan pakaian berwarna putih cukup rentan terkena noda...

Written by Editorial · 1 min read >
ilustrasi cara menghilangkan noda di baju putih

Untuk menjaga pakaian putih dari berbagai noda cukuplah sulit. Hal ini dikarenakan pakaian berwarna putih cukup rentan terkena noda atau kotoran. Beberapa jenis noda seringkali sulit untuk dibersihkan meskipun pakaian tersebut telah berkali-kali dicuci. Hal ini tentunya akan membuat kita enggan untuk memakai kembali pakaian tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda di baju putih yang anda miliki?

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Adanya noda membandel yang terdapat pada pakaian putih tentu membuat kita sedikit tidak nyaman ketika memakai pakaian tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa tips untuk dapat menghilangkan noda pada pakaian berwarna putih. Namun sebelum anda menggunakan tips tersebut untuk membersihkan noda pada pakaian putih yang anda miliki, hendaknya anda mengenali terlebih dahulu jenis noda yang terdapat pada pakaian anda tersebut.

Beberapa Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Hal utama yang perlu anda perhatikan sebelum memikirkan bagaimana cara membersihkan noda pada pakaian putih adalah mengetahui jenis noda yang terdapat pada pakaian tersebut, apakah noda tersebut merupakan jenis noda berminyak atau bukan.

Untuk noda berminyak disarankan untuk tidak membasuh langsung pakaian tersebut dengan menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan minyak melawan air sehingga air yang bersentuhan langsung dengan noda dapat membuat noda menjadi lebih kuat. Hendaknya anda noda dibersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu kering yang kemudian dapat dilanjutkan dengan proses pencucian.

Baca juga cara menghilangkan noda gosong

Sedangkan untuk jenis noda tidak berminyak, anda dapat langsung membasuhnya dengan menggunakan air dingin. Dengan menggunakan aliran air keran pada noda yang terdapat pada pakaian dapat membantu membersihkan noda dari belakang. Apabila mencuci langsung pada pakaian yang terkena dari bagian depan akan semakin menekan noda ke dalam kain.

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk dapat menghilangkan noda pada baju putih dengan menggunakan bahan yang terdapat di sekitar anda diantaranya:

Baking Soda

Cara penggunaannya adalah campur baking soda dengan air. Selanjutnya biarkan campuran tersebut meresap pada noda yang terdapat pada pakaian sekitar 30 menit. Atau anda dapat menggunakan pasta yang hampir sama dengan cuka. Kemudian oleskan pada noda pakaian. Proses selanjutnya anda dapat mencuci pakaian tersebut seperti biasa.

Cuka

Anda dapat menambahkan cairan cuka ketika merendam pakaian putih yang terkena noda. Atau anda dapat mencampurkan cuka dengan baking powder yang dijadikan pasta. Selanjutnya anda dapat menggosokkan campuran pasta tersebut pada noda yang membandel. Diamkan pakaian tersebut kurang lebih 30 menit sebelum proses pencucian.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida terbukti dapat menyingkirkan noda membandel pada pakaian putih secara cepat. Bahkan apabila anda membiarkan beberapa saat pada proses pencucian dapat mencerahkan semua pakaian yang berwarna putih.

Spiritus

Dalam penggunaannya untuk membersihkan noda pakaian putih, anda dapat mengoleskan spiritus beberapa saat sebelum pakaian tersebut dicuci.

Masih banyak lagi cara menghilangkan noda di baju putih yang dapat anda gunakan. Dengan selalu menjaga pakaian putih dari berbagai macam noda, maka tentunya bisa menjaga penampilan anda. Karena pakaian putih yang selalu bersih dari noda dapat mencerminkan kepribadian anda.

Leave a Reply