Kesehatan

Ini Perbedaan Deodorant dengan Antiperspirant

Ada dua jenis bahan yang seringkali kita gunakan untuk mengatasi ketiak basah. Kedua jenis bahan tersebut adalah deodorant dan...

Written by Editorial · 2 min read >
dove_deo

Ada dua jenis bahan yang seringkali kita gunakan untuk mengatasi ketiak basah. Kedua jenis bahan tersebut adalah deodorant dan antiperspirant. Lantas, akankah keduanya sama atau memiliki perbedaan? 

Nah, banyak orang yang selama ini tidak tahu bahwa deodorant dan antiperspirant sebenarnya merupakan dua jenis bahan yang berbeda walau sama – sama dapat mengatasi masalah ketiak basah dan bau ketiak. Ini beda deodorant dan antiperspirant yang Anda harus tahu!

Beda Deodorant dan Antiperspirant 

Deodorant merupakan produk yang mampu mencegah bau badan

Ketika tubuh sedang melakukan aktivitas, maka suhu tubuh akan mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi karena energi didalam tubuh digunakan untuk menunjang aktivitas yang dilakukan. Sementara ketika aktivitas sudah tidak lagi dilakukan, maka suhu tubuh akan kembali normal karena penurunan suhu terjadi. 

Penurunan suhu tubuh yang terjadi diimbangi dengan pengeluaran garam dan air yang dibawa oleh kelenjar ekrin. Kelenjar ekrin ini merupakan kelenjar yang mengatur keringat yang akan dikeluarkan oleh tubuh manusia. 

Ketika kelenjar ini mengangkut keringat, maka akan terjadi proses sekresi lemak dan protein dimana hal ini dapat membuat tubuh menjadi bau karena lemak dan protein bercampur menjadi satu dengan bakteri. 

Nah, penggunaan deodorant dapat membantu mengurangi bau tak sedap yang didapatkan ketika peristiwa tersebut terjadi. Deodorant memiliki fungsi sedemikian rupa karena produk tersebut mengandung suatu zat antibakteri yang mampu membantu mencegah bau pada ketiak. 

Antiperspirant mencegah keringat berlebih pada tubuh

Jika deodorant mencegah bau tak sedap pada ketiak, maka antiperspirant mencegah keluarnya keringat berlebih pada tubuh. Akan tetapi walau memiliki kemampuan tersebut, hal yang sangat disayangkan dari produk satu ini adalah antiperspirant tidak membunuh bakteri yang menyebabkan bau pada ketiak. 

Jadi cara kerja antiperspirant adalah menyumbat kelenjar keringat sehingga mencegah tubuh menghasilkan keringat berlebih karena kandungan zat aktif didalamnya. Jadi jika Anda memiliki masalah keringat berlebih, antiperspirant cocok untuk Anda gunakan walaupun produk ini tidak dapat digunakan menghilangkan bau di area ketiak. 

Deodorant memiliki antibakteri yang mencegah timbulnya bau badan

Deodorant merupakan suatu bahan yang didalamnya terdapat kandungan zat antibakteri berupa triclosan sehingga dapat mencegah bau pada ketiak. Walau dapat mengurangi keringat, namun produk ini tidak seperti antiperspirant yang dapat menghilangkan keringat dan mencegahnya keluar namun hanya menghilangkan bau keringat yang keluar saja. 

Antiperspirant menyumbat kelenjar keringat untuk mencegah keringat berlebih

Karena antiperspirant dapat menyumbat kelenjar keringat sehingga tidak menghasilkan keringat berlebih namun tidak dapat mengurangi bau badan, maka sebenarnya penggabungan keduanya diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tentunya deodorant dan antiperspirant memiliki fungsi yang bertolak belakang

Walaupun antara deodorant dan antiperspirant adalah dua buah produk yang sama – sama digunakan pada ketiak, akan tetapi keduanya memiliki fungsi yang bertolak belakang dan tidaklah sama. 

Baik itu deodorant ataupun antiperspirant sama – sama memiliki fungsi dan kelebihan masing – masing. Jika hanya deodorant yang dikeluarkan, maka bau badan saja yang akan hilang namun keringat tetap akan keluar. 

Anda yang punya keringat berlebih, produk ini kurang cocok untuk Anda. Sementara antiperspirant dapat mencegah kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat berlebih namun tidak mengurangi bau badan. 

Jika Anda mengalami masalah bau badan saja, maka deodorant cocok Anda gunakan. Sementara jika Anda punya masalah keringat berlebih maka penggabungan penggunaan antara antiperspirant dan deodorant sangat dianjurkan.

Hal ini karena antiperspirant yang tidak dapat menghilangkan bau badan, fungsinya bisa dijalankan oleh penggunaan deodorant yang berfungsi menghilangkan bau badan namun tidak dapat meminimalisir keluarnya keringat berlebih seperti antiperspirant. 

Gunakan sesuai kebutuhan

Jika membahas mana yang terbaik antara deodorant dan antiperspirant, maka hal yang Anda harus tahu bahwa semuanya memiliki fungsi masing – masing. Anda bisa menggunakan baik itu deodorant atau antiperspirant sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kini ada banyak produk deodorant yang Anda bisa manfaatkan. Ada produk khusus untuk pria dan ada juga untuk wanita. Anda tinggal perlu sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. 

Itulah sekilas informasi untuk Anda tentang beda deodorant dan antiperspirant. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas menjadi informasi yang menambah pengetahuan Anda dan kita semua.  

Leave a Reply