Berdagang online merupakan peluang baru yang sangat besar, karena semakin bertambahnya para pengguna smartphone yang merasakan mudahnya berbelanja via online. Jika Anda juga merupakan salah satu pedagang online, Anda tentu memiliki situs web untuk berjualan bukan?

Situs web tentu menjadi wadah yang tepat untuk meyakinkan para calon pembeli bahwa toko Anda bisa dipercaya. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi situs web dengan plugin ongkos kirim untuk mendorong calon pembeli agar langsung melakukan pemesanan atau pembelian.

Plugin Ekspedisi dan Ongkos Kirim untuk WordPress

Ada setidaknya 5 plugin ongkos kirim yang bisa Anda gunakan di situs web jualan online Anda. Plugin yang akan Anda lihat di bawah ini mendukung berbagai platform, terutama WordPress yang sudah banyak digunakan oleh para pedagang online.

Plugin Ongkos Kirim

Pilihan pertama adalah Plugin Ongkos Kirim yang beralamatkan di pluginongkoskirim.com. Plugin Ongkos Kirim menyediakan banyak fitur untuk situs jualan online yang Anda miliki. Beberapa fiturnya adalah Multiple Couriers, Shipping Report, Ongkos Kirim Kustom, dan Kupon Diskon.

Image 3
Keunggulan dan fitur via pluginongkoskirim.com

Multiple Couriers menyediakan berbagai pilihan penyedia pengiriman termasuk jenis layanan yang disediakan oleh jasa pengiriman tersebut. Fitur ini tentu mempermudah para pelanggan untuk menentukan jasa pengiriman mana yang paling pas dengan kebutuhan mereka.

Raja Ongkir

Plugin lain yang bisa Anda gunakan disediakan oleh Raja Ongkir. Plugin ini merupakan sebuah widget yang bisa digunakan oleh calon pembeli untuk melakukan pengecekan tarif ongkos kirim. Yang menarik dari widget ini adalah pilihan pengiriman domestik dan internasional.

Anda hanya perlu memasukkan nama kota asal serta kota tujuan serta berat barang untuk mengetahui ongkos kirim domestik. Sedangkan untuk mengetahui ongkir internasional, Anda tinggal memasukkan nama kota pengirim serta, nama negara tujuan, dan berat barang.

Lihat juga: Aplikasi Cek Ongkir Anteraja

Berbagai ongkos kirim yang disediakan oleh Raja Ongkir berasal dari berbagai perusahaan pengiriman sebanyak 23 kurir yang mencakup Tiki, Pos, JNE, Wahana, dan perusahaan pengiriman untuk mempermudah pembeli menentukan ongkos kirim terbaik sesuai kebutuhan.

Image 2
Tampilan widget rajaongkir

Raja Ongkir menyediakan 3 pilihan akun yaitu Akun Starter, akun Basic, serta akun Pro. Akun Starter tersedia secara gratis dengan pilihan ongkos kirim Pos, Tiki, dan JNE. Untuk akun Basic, Anda perlu membayar Rp200.000 dan untuk akun Pro anda perlu menyediakan Rp500.000.

OngkosKirim.id

Seperti halnya plugin untuk ongkos kirim yang lain, OngkosKirim.id juga menawarkan banyak fitur yang bermanfaat untuk situs web jualan online Anda, seperti pilihan ekspedisi yang lengkap termasuk Wahana, Sicepat, Pos, Tiki, JNE, dan J&T.

Fitur lain yang juga disediakan oleh OngkosKirim.id adalah data realtime harga terbaru dari setiap ekspedisi, perhitungan ongkos kirim yang akurat dengan data hingga tingkat kecamatan, kode unik untuk setiap transaksi, pilihan multi bahasa, dan fitur multi-currency.

Versi gratis dari plugin ongkos kirim yang satu ini sudah memiliki user experience yang sangat baik serta sangat cocok untuk digunakan di pasar Indonesia. Pengaturan plugin yang simple serta pengambilan data kecamatan dan kota yang cepat membuat OngkosKirim.id semakin menarik.

Selain plugin yang ringan serta pengaturan plugin yang mudah, OngkosKirim.id juga memiliki penataan formulir untuk alamat yang baik di halaman checkout. Tapi plugin yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan yang dimiliki OngkosKirim.id antara lain adalah biaya kirim yang sedikit melenceng dibandingkan dengan situs resmi perusahaan pengiriman (terjadi di versi gratis), tidak cocok dengan pilihan multi step checkout dan tidak support perhitungan berdasarkan volume barang.

Woongkir

Woongkir merupakan plugin ongkos kirim yang dikembangkan serta didistribusikan melalui situs web resmi WordPress.org secara gratis. Ada banyak sekali fitur yang disediakan oleh plugin ini, termasuk penghitungan ongkir yang didasarkan pada volume dan berat produk.

Image 1
Demo Plugin Woongkir

Selain itu, Woongkir juga mendukung berbagai layanan pengiriman, penghitungan ongkos kirim internasional dan domestik, mendukung pilihan multi step checkout, dan lain sebagainya. Karena bisa digunakan secara gratis, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan plugin untuk ongkos kirim.

Sayangnya, ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh plugin yang satu ini yaitu diperlukannya API dari Raja Ongkir serta dibutuhkan biaya jika Anda menginginkan pilihan kurir yang lengkap.

WP Cek Ongkir

Plugin lain yang juga sangat berguna untuk situs web jualan online adalah WP Cek Ongkir Domestik Otomatis dari Didin Studio. Plugin ini bisa Anda dapatkan dengan membayar sebanyak 400.000 rupiah. Biaya yang Anda bayarkan sudah mencakup berbagai fitur dan juga banyak kelebihan.

Image
Tampilan plugin WP Cek Ongkir

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh plugin ongkos kirim ini antara lain bisa digunakan di WordPress yang terbaru yaitu versi 5.5, bisa Anda jalankan di PHP 7.3 serta PHP 5.6, bisa menyimpan screenshot aplikasi di Google Photos sehingga bisa dilihat kembali.

Kelima plugin tersebut akan membuat situs web jualan online Anda tampak semakin menarik dan meyakinkan. Tentukan pilihan Anda sekarang dan pastikan Anda menambahkan plugin terbaik pada situs web jualan WordPress milik Anda.