Pendidikan

Mengapa Psikotes Dibutuhkan saat Melamar Kerja?

Melamar pekerjaan tentu bukan hal yang mudah. Anda perlu menyiapkan berbagai hal, mulai dari berkas hingga mental sebelum melamar...

Written by Editorial · 1 min read >
sulitnya melamar pekerjaan psikotest

Melamar pekerjaan tentu bukan hal yang mudah. Anda perlu menyiapkan berbagai hal, mulai dari berkas hingga mental sebelum melamar pekerjaan. Berbagai tahapan perlu Anda jalani mulai dari mengirimkan berkas, wawancara, dan juga melakukan psikotes.

Memang psikotes tidak dilakukan di semua perusahaan, terkadang hanya beberapa yang memasukkan tahapan ini. Tetapi sebenernya, psikotes bisa menjadi hal yang penting dalam menentukan calon karyawan mana yang tepat untuk masuk ke perusahaan tersebut.

Tentunya, psikotes bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk menilai kepribadian Anda sebelum memutuskan untuk menerima sebagai karyawan baru.

Alasan Psikotes Dibutuhkan saat Melamar Pekerjaan

Ada beberapa alasan yang mendasari perusahaan untuk melakukan psikotes dalam tahap rekrutmen karyawan baru. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menggali Informasi Tersembunyi

Tentunya, saat melamar pekerjaan calaon karyawan akan berusaha untuk memperlihatkan hal-hal yang positif dari dirinya. Sehingga Ia akan terus melakukan hal terbaik dan meningkatkan performanya.

Tetapi, belum tentu hal tersebut bisa bertahan lama. Bisa jadi, dengan semakin lama bekerja, performa karyawan malah semakin menurun. Padahal hal ini bisa merugikan perusahaan tempat ia bekerja.

Sehingga, tes psikotes perlu dilakukan untuk menilai hal-hal yang tidak bisa diperoleh dari pengamatan biasa. Yang nantinya, dari tes psikotes ini tidak hanya diketahui mengenai sebab dan akibat atas perkembangan performa karyawan, tetapi juga bisa diambil solusi jika ada masalah.

2. Menentukan Posisi yang Tepat

Tes psikotes juga bermanfaat bagi pelamar kerja. Tes psikotes dapat membantu untuk melihat berbagai potensi, kemampuan, dan bakat yang dimiliki oleh calon karyawan. Dari berbagai penilaian psikologis tersebut,

maka HRD bisa menyimpulkan posisi mana yang tepat bagi setiap calon karyawan.

Pada dasarnya setiap orang memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda-beda. Sehingga, jika berada dalam posisi yang tepat maka potensi tersebut dapat semakin dikembangkan. Selain itu, karyawan juga bisa mengerjakan tugasnya dengan baik karena berada dalam posisi yang benar-benar tepat bagi dirinya.

Hal tersebut tentu menguntungkan, baik bagi perusahaan maupun calon karyawan. Meskipun demikian, perlu diingat lagi bahwa motivasi atau pengaruh dari luar juga berpengaruh.

3. Menilai Kemampuan Calon Karyawan

Dengan psikotes, kecerdasan dan kemampuan calon karyawan dapat diukur karena hal tersebut penting untuk mengetahui sejauh mana calon karyawan dapat memenuhi tuntutan dan ekspektasi pekerjaan yang akan digarapnya.

Psikotes juga berguna untuk menilai kemampuan calon karyawan dalam mengelola tugas, baik individu maupun kelompok serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan ini merupakan kemampuan utama yang dibutuhkan sebagai seorang karyawan.

Karena beberapa hal penting tadi, maka jangan kaget jika beberapa perusahaan melakukan psikotes dalam proses rekrutmen calon karyawan baru. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan diri Anda sejak awal agar mendapatkan hasil yang terbaik.

makanan serat tinggi untuk wasir

5 Makanan Berserat Tinggi untuk Wasir

Editorial in Pendidikan
  ·   1 min read