Press Release

Situs sse.pajak.go.id versi 1 dan 3 sudah Tidak Bisa Diakses di 2020

Merasa sebagai peserta pajak budiman? Jika jawabannya ya, tentu Anda sudah familiar dengan fasilitas perpajakan yang diterbitkan oleh pemerintah...

Written by Editorial · 1 min read >
ilustrasi sse pajak versi 1 3 tidak bisa diakses

Merasa sebagai peserta pajak budiman? Jika jawabannya ya, tentu Anda sudah familiar dengan fasilitas perpajakan yang diterbitkan oleh pemerintah yakni SSE (Surat Setoran Elektronik) pajak. Fasilitas ini memungkinkan peserta pajak untuk melakukan setoran pajak secara daring, tidak ada lagi antri di KPP atau teller bank karena semua bisa diselesaikan dengan transfer bank dan metode pembayaran lainnya.

Pengertian dan Manfaat SSE Pajak 

SSE pajak merupakan fasilitas yang diberikan DJP untuk mempermudah peserta pajak melakukan penyetoran pajak. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menerima 15 kode billing yang nantinya bisa digunakan untuk meneruskan pembayaran melalui kanal pembayaran yang telah ditunjuk pemerintah, mulai dari  Kantor Pos Persepsi, transfer via mobile banking, mesin ATM atau internet banking. 

Sayangnya tidak semua jenis pajak difasilitasi oleh SSE pajak, hanya empat jenis pajak saja yang bisa diwakili mulai dari PPN, PBB, PPh dan terakhir PPnBM. Uniknya lagi, sama seperti update software pada aplikasi. Portal e-billing SSE pajak juga terbagi menjadi beberapa versi, yang paling terbaru adalah DJP Online saja yang masih aktif, paling mudah, dan user friendly.

Beda dari aplikasi DJP Online, ketiga portal e-billing SSE pajak masing-masing sudah tidak bisa diakses oleh peserta pajak. Artinya, Anda hanya bisa menggunakan url djponline.pajak.go.id/account/login saja. Sedangkan url sse.pajak.go.id dan sse3.pajak.go.id sudah tidak lagi bisa diakses.

Lantas, apa perbedaan dan manfaat menggunakan SSE pajak?

Yang pertama tentunya efisiensi dan fleksibilitas. Dengan menggunakan sistem ini, peserta pajak tidak perlu lagi mengunjungi KPP untuk menerima kode billing dan menyelesaikan pembayaran pajak. Cukup buka komputer atau laptop dan input url SSE pajak lantas terima kode e-billingnya. 

Jika dirasa pembayaran di teller bank atau kantor pos terlalu repot, Anda masih bisa memilih fitur pembayaran lain yang telah disiapkan oleh SSE pajak sebagaimana yang dijelaskan di atas. 

Panduan Bayar Pajak Via SSE Pajak

Agar lebih paham tentang fungsi dan kelebihan SSE pajak di DJP Online, simak tutorial mudahnya di bawah ini:

  1. Akses URL SSE Pajak

    Pilih satu URL SSE pajak yang ada untuk membuka fitur e-billingnya. Hanya versi DJP Online yang bisa dibuka dan nyaman untuk digunakan.

  2. Pilih e-billing

    Setelah berhasil masuk ke halaman SSE pajak, silahkan pilih e-billing karena fitur SSE ini memang khusus dibuat untuk mendapatkan 15 kode billing.

  3. Isi Formulir SSE

    Agar sistem bisa membaca informasi kepesertaan pajak Anda, silahkan input nomor NPWP, jenis pajak, masa pajak, nama, jenis setoran, alamat dan terakhir jumlah setoran. Datanya harus ditulis dengan baik dan valid, agar sistem bisa memberikan 15 kode e-billing yang Anda butuhkan.

  4. Cetak Kode Billing

    Klik save untuk print kode billing, biasanya ada masa kadaluwarsa dari kode billing yang sudah diprint tersebut, jadi usahakan lakukan pembayaran secepat mungkin setelah kode dicetak.

  5. Lakukan Pembayaran

    Dan terakhir adalah pilih salah satu fitur pembayaran untuk menyelesaikan proses pembayaran. Jika sempat Anda mungkin bisa pergi ke teller bank, tapi bila terlalu repot bisa pilih internet banking atau mobile banking.

Memahami praktek SSE pajak sama artinya dengan mendukung program yang dicanangkan pemerintah. Apalagi sistem ini tidak hanya bermanfaat untuk pemerintah tapi juga bermanfaat bagi Anda selaku peserta pajak aktif.

Leave a Reply