Teknologi

3 Tips untuk Membuat Kayu Lebih Awet dan Tahan Lama

Artikel ini disponsori oleh Jasa Pembasmi Rayap Kayu adalah salah satu bahan bangunan serta merupakan bahan baku pembuatan furniture....

Written by Editorial · 1 min read >
tips membuat kayu awet dan tahan lama

Artikel ini disponsori oleh Jasa Pembasmi Rayap

Kayu adalah salah satu bahan bangunan serta merupakan bahan baku pembuatan furniture. Oleh karena itu, diperlukan adanya kayu dengan kualitas yang baik serta keawetan yang bagus pula. Untuk mendapatkan jenis kayu yang awet dan tahan lama, selain dipilih dari jenis kayu yang berkualitas juga terdapat suatu proses dalam pengawetan kayu. Di bawah ini akan kita bahas mengenai tips untuk membuat kayu lebih awet.

Tips untuk Membuat Kayu Lebih Awet

Tujuan adanya proses pengawetan kayu adalah agar kayu tidak mudah rusak, terutama oleh adanya serangan hama kayu seperti serangga rayap, bubuk, teter dan lain sebagainya. Pengawetan kayu dapat dilakukan dengan berbagai proses, yakni secara teknis maupun bahan alami yang terdapat di lingkungan sekitar.

Struktur kayu yang kuat tidak menjamin kekuatan kayu untuk jangka panjang. Oleh karena itu, dibutuhkan perhitungan yang teliti dalam penggunaan kayu sebagai bahan baku bangunan. Dibawah ini tips untuk membuat kayu lebih awet antara lain:

Perendaman Kayu

Proses perendaman pada air dengan menggunakan larutan Natrium Flouride dalam beberapa waktu dapat membuat kayu menjadi lebih awet dibandingkan dengan kayu yang tanpa melalui proses perendaman. Semua bagian atau permukaan kayu harus terendam secara sempurna. Akan tetapi, proses ini tidak bisa diterapkan pada kayu yang akan segera dipakai, karena proses perendaman memerlukan waktu yang cukup lama.

Pengawetan Kayu dengan Pelapis

Merupakan proses mengawetkan kayu dengan menggunakan cairan bahan pengawet yang dapat menghindarkan kayu dari berbagai serangan hama serta dari pengaruh cuaca. Cairan pengawet yang dapat digunakan antara lain berupa cairan tir, solar, cat, minyak atau oli.

Proses ini merupakan langkah pengawetan kayu dengan biaya paling murah dikarenakan dapat menggunakan bahan bekas pakai. Akan tetapi, proses ini memiliki kekurangan yakni perlu dilakukan pengulangan secara berkala karena lapisan pengawet dapat luntur.

Pengawetan Kayu dengan Teknik Vakum

Proses pengawetan kayu dengan teknik vakum biasa diterapkan pada perusahaan atau pabrik kayu. Keutamaan teknik ini diantaranya penetrasi serta retensi bahan pengawet yang cukup tinggi, proses pengawetan yang cukup cepat serta dapat digunakan dalam proses pengawetan kayu basah maupun kayu kering.

Terdapat dua teknik vakum dalam pengawetan kayu yakni teknik vakum dengan tekanan metode sel kosong dan teknik vakum dengan metode sel penuh. Kedua proses ini biasa digunakan pada perusahaan atau pabrik kayu. Akan tetapi, dalam penggunaan teknik vakum untuk proses pengawetan kayu ini perlu adanya biaya yang cukup mahal karena butuh ketelitian yang tinggi.

Dengan adanya tips untuk membuat kayu lebih awet, maka anda dapat memperoleh kayu yang tidak mudah rusak, terutama dari berbagai serangan hama. Maka kayu yang akan anda pergunakan menjadi lebih terjamin keawetannya, sehingga dapat menghemat biaya renovasi bangunan rumah yang menggunakan bahan baku kayu.

Leave a Reply