Dunia Bisnis

Tips Memilih Meja Kantor dan Model-Modelnya

Salah satu kebutuhan kantor adalah meja kerja. Meja ini memiliki fungsi sebagai tempat bekerja, meletakkan perangkat pekerjaan, dan sebagainya....

Written by Editorial · 3 min read >
model meja kantor terbaru

Salah satu kebutuhan kantor adalah meja kerja. Meja ini memiliki fungsi sebagai tempat bekerja, meletakkan perangkat pekerjaan, dan sebagainya. Tentunya, meja kantor yang baik memiliki fungsi dan nilai kepraktisan yang tinggi.

Meskipun era digital membuat pekerjaan bisa dilakukan di mana saja, namun tetap saja ada kalanya ketika kita harus menuliskan sesuatu dalam bentuk fisik. Ketika itulah peran meja kantor sangat terasa kegunaannya.

Tips Memilih Meja Kantor Yang Baik

Tentunya ada beberapa kriteria yang membuat sebuah barang dikatakan memiliki fungsi yang baik. Berbicara tentang meja kantor, tentunya kualitas dalam mendukung pekerjaan pun harus prima. Simak beberapa hal berikut ini untuk memilih meja kantor terbaik:

Bahan

Untuk menilai kualitas suatu barang, bahan adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Bahan meja kantor cukup beragam dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Apa saja jenis bahan untuk membuat sebuah meja kerja atau kantor?

  • Kayu

Semua furnitur kantor rata-rata terbuat dari bahan kayu. Untuk meja kantor, pilihan bahannya cukup luas. Untuk meja direktur atau meja kerja yang berdiri sendiri, biasanya menggunakan kayu yang kuat seperti jati, mahoni, atau kayu trembesi.

Untuk masa pakai yang lebih panjang, disarankan untuk menggunakan kayu jati atau trembesi. Kedua jenis kayu tersebut sangat terkenal dengan kekuatannya dan anti rayap. Terlebih lagi, kedua jenis kayu tersebut tahan terhadap segala cuaca dan kondisi kelembaban.

Meja kantor yang menggunakan bahan kayu sepenuhnya saat ini tergolong langka dan cukup mahal. Selain itu, bobotnya pun cukup berat untuk dipindah-pindahkan. Itu sebabnya, meja kantor jenis ini lebih sering mengisi ruangan para petinggi perusahaan.

  • Multiplex & Particle Board

Untuk meja kantor karyawan, juga terdapat beberapa pilihan. Mulai dari papan multiplex, hingga papan partikel. Keunggulan kedua bahan tersebut adalah harganya murah, ringan, dan mudah dibentuk untuk menyesuaikan denah ruangan kantor.

Namun, kayu lapis dan bahan partikel memiliki kelemahan, terutama ketika cuaca mulai lembab. Bahan-bahan tersebut cenderung akan melar, bahkan isi serpihan kayunya bisa keluar dan membuat meja kantor tak lagi ergonomis untuk dipakai.

  • Kombinasi

Pilihan lainnya yang cukup murah namun tetap awet adalah kombinasi kayu dan besi. Material besi dipakai untuk dijadikan kerangka meja kantor. Untuk alas, penutup samping, hingga laci-laci barulah menggunakan bahan kayu. Tampilan bahan kombinasi ini sangat modern, kuat, dan tentunya tahan cukup lama. Penambahan material kaca juga bisa meningkatkan kesan modern.

Dari semua bahan yang ada, meja kantor pun harus dilapisi dengan cat finishing, terutama untuk meja berbahan dasar kayu. Lapisan cat finishing memiliki beberapa fungsi. Mulai dari melindungi kayu dari serangan iklm, serta memberikan warna yang meriah untuk suasana kantor yang menyenangkan.

Beberapa kantor memilih finishing natural seperti kayu untuk kesan alami yang lebih kuat. Ada juga yang menggunakan cat kayu beragam warna untuk menyelaraskan furnitur dengan branding yang dimiliki oleh perusahaan. Semuanya kembali pada selera dan kebutuhan masing-masing.

Ukuran

Meja kantor pada umumnya memiliki ukuran sedang hingga besar. Penggunaannya pun disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya meja yang lebih besar memiliki fungsi yang lebih banyak dari pada sekadar meja kerja.

Meja yang besar memiliki ruang tambahan untuk meletakkan komputer beserta peralatan pendukungnya. Terdapat juga cukup banyak laci, ruang kompartemen, dan terkadang ambalan yang didesain secara khusus.

Sementara itu, meja dengan ukuran sedang memiliki kegunaan untuk pekerjaan standar kantor. Biasanya, pihak kantor menggabungkan beberapa meja berukuran sedang dan disusun secara memanjang sebagai workstation para pekerjanya.

Meski begitu, ada juga kantor yang menggunakan meja berukuran kecil. Meja tersebut umumnya dipakai untuk jenis pekerjaan yang ringan. Misalnya counter penerimaan tamu, counter pemeriksaan, dan lain sebagainya.

Mengenai ukuran meja, sebetulnya harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan serta jumlah karyawan yang ada. Dengan demikian, ukuran meja tidak memakan terlalu banyak ruang, sehingga suasana kantor tidak penuh sesak. Usahakan agar ukuran meja kantor tidak membebani para karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Model

Desain meja kantor juga termasuk sebagai elemen dalam desain interior. Beberapa kantor menggunakan model furnitur tertentu untuk mendukung konsep desain yang ada. Berikut ini adalah beberapa model meja kantor yang umum digunakan:

model meja kantor terbaru
Model meja kantor minimalis
  • Minimalis

Desain meja kantor minimalis umum digunakan untuk ruangan para karyawan. Untuk desain jenis ini, mengutamakan unsur estetika dan nilai fungsionalitas. Biasanya, dalam satu buah meja sudah terdapat laci tarik dan juga kompartemen untuk menyimpan barang.

Untuk meja kantor minimalis yang ditempatkan menempel dengan dinding, biasanya ditambahkan ambalan untuk meletakkan peralatan kantor, seperti alat tulis, mesin fax, dan juga printer. Tak jarang, meja kantor yang berdesain minimalis dapat direposisi dengan mudah karena konstruksinya yang mudah dibongkar pasang.

Untuk urusan bentuk, desain meja minimalis cenderung kaku, dengan banyak sudut tajam, dan aplikasi hiasan yang tidak begitu banyak. Biasanya meja minimalis menggunakan material kayu dengan finishing pelitur clear coat.

  • Klasik

Meja kantor yang berdesain klasik pada umumnya menggunakan material kayu. Ukurannya secara umum relatif besar dengan tulang-tulang pondasi meja yang menonjol. Terkadang ditambahkan juga ukiran motif tertentu yang menguatkan nuansa klasik.

Untuk kompartemen dan laci, biasanya menggunakan gerendel berbahan metal dengan sepuhan warna emas. Desain meja kantor semacam ini dijual dengan harga yang relatif lebih mahal, karena penggunaan material yang didominasi oleh bahan kayu utuh.

  • Standar

Desain meja kantor sederhana tergolong memiliki harga yang murah. Meja jenis ini memiliki fungsi utama untuk tempat mengerjakan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Misalnya meja resepsionis, meja call center, dan meja petugas keamanan.

Bahan untuk meja jenis ini biasanya menggunakan material HPL atau partikel. Pada umumnya, meja sederhana terdiri atas satu laci tarik dan kompartemen dengan pintu sederhana.

  • Kontemporer

Meja kantor dengan desain perpaduan klasik dan modern dewasa ini makin digemari. Pasalnya meja dengan desain kontemporer cenderung memperkuat kesan santai namun profesional. Untuk bahan meja kantor jenis ini menggunakan bahan kombinasi kayu dan juga besi.

Penggunaan laci maupun konsol pada umumnya didesain menyatu dengan meja. Untuk memudahkan penggunaan biasanya menggunakan handle atau gerendel tanam. Tak jarang juga hanya dibuat cekungan sederhana untuk membuka dan menutup laci dan pintu kompartemen.

  • Cubicle

Nah, desain meja yang satu ini paling banyak diadaptasi untuk ruangan kantor dengan karyawan yang cukup banyak. Meja jenis ini biasanya dipesan secara khusus, karena dibuat untuk menyesuaikan dengan kapasitas ruangan yang ada.

Desain meja kantor cubicle lebih mudah dibentuk persegi atau bujur sangkar. Di mana, dalam ruang tersebut dapat mengakomodasi satu orang pekerja, dengan peralatan kantor standar seperti komputer, telepon meja, dan lemari kompartemen.

Beberapa kantor menerapkan meja kantor cubicle dengan penutup setinggi dada, untuk menjaga konsentrasi karyawan selama bekerja. Namun, desain semacam itu sepertinya sudah mulai banyak ditinggalkan, karena terbukti tidak begitu mempengaruhi kinerja karyawan.

Demikianlah beberapa hal tentang seluk beluk memilih meja kantor yang baik. Kualitas dan fungsionalitas meja kantor tetap harus menjadi nilai utama yang dimiliki meja kantor sebagai peralatan pendukung pekerjaan.