Dunia Islam

Mengenal Ustaz Hanan Attaki, Dai Kekinian ala Anak Muda Bandung

Ustaz Hanan Attaki banyak digemari di kalangan anak mda karena cara penampilan dan dakwahnya yang gaul, catchy, dan fresh sehingga banyak menarik...

Written by Editorial · 1 min read >
ustadz hanan attaki


Ustaz Hanan Attaki banyak digemari di kalangan anak mda karena cara penampilan dan dakwahnya yang gaul, catchy, dan fresh sehingga banyak menarik khalayak muda untuk menyimak ceramahnya.

Melansir dari berbagai sumber, Ustaz Hanan Attaki merupakan seorang dai yang lahir di Aceh, 31 Desember 1981. Ustaz Hanan Attaki merupakan anak kelima dari enam bersaudara. Sejak masih kecil, Ustaz Hanan Attaki sudah akrab dengan Al-Qur’an dan menghapal Al-Qur’an sedari kecil – ummiabi.

Setelah lulus dari Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh, ia mendapat beasiswa ke Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Ustaz Hanan Attaki pernah menempuh kuliah di Mesir, yakni Universitas Al-Azhar, Fakultas Ushulddin, Jurusan Tafsir Al-Qur’an. Ustaz Hanan Attaki lulus dari Universitas Al-Azhar di tahun 2004 dengan memperoleh gelar (LC). 

Ustaz Hanan Attaki merupakan founder Shift Gerakan Pemuda Hijrah yang berpusat di Bandung dan memiliki kegiatan rutin di dalamnya. Selain menjadi seorang dai penceramah, Ustaz Hanan Attaki juga seorang qari. Suara merdunya selalu terdengar syahdu tiap kali melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Shift merupakan gagasan Ustaz Hanan Attaki beserta teman-temannya untuk menggaet lebih banyak anak muda untuk belajar agama Islam. Uniknya, banyak anggotanya merupakan anak muda yang hobi main skateboard, sepeda BMX, parkour, serta surfing. 

Shift merupakan media yang dibangun Ustaz Hanan Attaki bersama anak-anak muda dari Pemuda Hijrah. Banyak kegiatan seperti Ladies Day, Shift Ngabuburide, Teras Tahfidz, Voice of Youth, dan Shift Weekend. 

Banyak anak muda yang menyukai dakwah kekinian, namun berisi yang dibawakan oleh Shift. Bahasa yang digunakan adalah bahasa gaul anak zaman sekarang, namun tetap tidak mengurangi nilai agama yang terkandung di dalamnya.

Kebanyakan topik dakwah yang dibawakan oleh Ustaz Hanan Attaki mengenai topik ringan maupun hal-hal sepele yang dialami oleh banyak orang. Kebanyakan materi dakwahnya tertuju pada generasi anak muda dengan mengajak mereka berhijrah ke jalan yang benar (doa). Hanan Attaki dalam dakwahnya banyak berpesan tentang perbuatan tercela yang banyak dilakukan oleh anak muda zaman sekarang seperti pergaulan bebas dan sebagainya.

Leave a Reply