Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Minggu, 23 Nopember 2014  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Izin Rumah Kost Dilayani di Kantor Kecamatan
[Metropolitan]

Izin Rumah Kost Dilayani di Kantor Kecamatan

Jakarta, Pelita
Pelayanan izin rumah kost di Jakarta Barat dipermudah yang sebelumnya melalui Sudin Perumahan, di kantor walikota Jakarta Barat, kini bisa langsung di kantor kecamatan. Tujuannya, selain tertib administrasi juga untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, kata H Ma\'mun, Kasudin Perumahan Jakarta Barat, ketika membuka loket pelayanan izin rumah kost, di Kantor Kecamatan Tamansari, akhir pekan lalu.
Loket pelayanan izin rumah kost tersebut merupakan pilot project dan yang pertama di DKI Jakarta. Dipilihnya Kecamatan Tamansari karena wilayahnya paling banyak terdapat rumah kost. Selanjutnya, akan dibuka loket pelayanan izin rumah kost di wilayah kecamatan lainnya di Jakarta Barat terutama di wilayah yang banyak terdapat rumah kost seperti Kecamatan Grogol Petamburan, Palmerah dan Tambora.
H Mamun berharap keberadaan loket di kecamatan akan menarik minat masyarakat untuk mengurus perijinan rumah kostnya. Pasalnya, hingga kini dari sekitar 4.000 rumah kost di Jakarta Barat, 70 persennya belum ada izin. Di wilayah Kecamatan Tamansari sendiri, berdasarkan data Sudin Perumahan, terdapat sebanyak 631 rumah kost, 351 ada izinnya, sisanya (280) belum ada izinnya.
Jadi, mulai sekarang warga (pemilik rumah kos) yang tadinya harus mengurus izin ke Kantor Suku Dinas Perumahan, kini bisa langsung membuat surat izin atau memperpanjang izin di kantor kecamatan yang letaknya relatif lebih dekat, tambah H Ma\'mun.
Dijelaskan, Senin pekan depan masyarakat Kecamatan Tamansari sudah bisa membuat izin rumah kos di loket yang disediakan. Loket beroperasi sejak pukul 08.00 WIB, hingga 15.00 WIB, Senin hingga Jumat, semuanya gratis, tidak dikenakan biaya, ujar Ma\'mun didampingi Yuskar, Kasie Dinas Perumahan Kecamatan Tamansari.
Untuk persyaratan permohonan izin rumah kost, pemilik harus melampirkan antara lain, foto kopi bukti kepemilikan rumah berupa sertifikat atau akta jual beli, KTP, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pajak Bumi Bangunan (PBB) terakhir, Undang Undang Gangguan (UUG), surat keterangan RT dan RW serta mengisi formulir isian. Sedangkan untuk persyaratan perpanjangan izin, pemilik harus menambah lampiran berupa foto copy surat izin rumah kost yang telah berakhir masa berlakunya.
Setelah petugas melakukan peninjauan lokasi, surat izin tersebut akan rampung dalam waktu 5 hari. Dijelaskan, tidak semua rumah bisa dijadikan tempat kost, apabila tetangga sekitarnya keberatan dan pemilik tidak bisa memenuhi persyaratan kelengkapan surat-surat permohonan, surat izin tidak akan diterbitkan. (owy)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Kasus Tanah di Jakarta Tertinggi di Indonesia
Ny Tati Fauzi Bowo: Warga Jakarta Sebaiknya Buat Lobang Biopori
DKI Bakal Tertibkan 1.508 Menara Liar
Majikan Dijadikan Umpan oleh Sopir Pribadi
BPK Temukan Penyimpangan Rp432,86 Miliar di APBD DKI