Suara Nada Dering Wa Sebut Nama Ini Cara Bikinnya
Teknologi

Suara Nada Dering WA Sebut Nama Pengirim, Ini Cara Bikinnya!

Nada dering WhatsApp yang itu-itu saja tentu membuatmu merasa bosan bukan? Agar terdengar lebih keren dan spesial, kamu bisa lho mengubah nada dering dengan suara yang menyebut nama diri sendiri atau bahkan pengirim pesan dan panggilan yang masuk. 

Jadi saat ada pesan atau panggilan masuk, suara yang muncul adalah nada dering yang menyebut nama yang kamu inginkan. Lantas bagaimana sih cara membuat nada dering sebut nama tersebut? Berikut pembahasannya.

Cara Membuat Ringtone WA Sebut Nama Tanpa Aplikasi

Membuat nada dering sebut nama sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan dan hanya menggunakan situs Sound of Text wa saja. Dengan begitu, kamu tidak perlu memenuhi penyimpanan smartphone dengan aplikasi tambahan.

Untuk membuat nada dering sebut nama dengan Sound of Text yaitu sebagai berikut:

Buat Tulisan Nada Dering Wa Sebut Nama
Buat Tulisan Nada Dering Wa Sebut Nama
  • Langkah 1: Buka browser lalu masuk ke situs Sound of Text ini
  • Langkah 2: Masukkan kalimat yang ingin kamu jadikan nada dering pada kolom Text.
  • Langkah 3: Pilih bahasa yang kamu inginkan pada kolom Voice.
  • Langkah 4: Tekan tombol Submit untuk melanjutkan proses pembuatan nada dering.
  • Langkah 5: Gulung layar atau scroll ke bawah hingga bagian Sounds. Ada dua pilihan yaitu Play dan Download (PlayDown). Play untuk mendengarkan nada dering yang telah kamu buat dan Download untuk mengunduh dalam format mp3.
  • Langkah 6: Apabila hasilnya tidak sesuai keinginan, kamu bisa mengulanginya. Namun jika sudah sesuai keinginan, tekan Download untuk mengunduh.
  • Langkah 7: Cek nada dering yang telah dibuat pada Penyimpanan Internal, lalu folder Download. Selesai.

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Dengan Notification Reader: Shouter

Selain membuat nada dering sebut nama dengan Sound of Text, kamu juga bisa membuat nada dering sebut nama pengirim pesan atau panggilan. Cara melakukannya menggunakan aplikasi yang bernama Notification Reader: Shouter.

Shouter Notification sendiri merupakan aplikasi yang bisa kamu unduh di Play Store secara gratis. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat nada dering berupa kalimat ataupun kata-kata notifikasi dengan menyebutkan nama pengirim. 

Aplikasi ini layaknya asisten virtual yang akan membacakan pemberitahuan di HP. Selain membaca nama kontak, aplikasi ini juga bisa membaca isi pesan. Cara membuat notifikasi sebut nama pengirim pesan atau panggilan yaitu sebagai berikut:

Enable Shouter Di Pengaturan
Enable Shouter Di Pengaturan
  • Langkah 1: Unduh dan pasangan aplikasi Notification Reader: Shouter dari Play Store.
  • Langkah 2: Masuk ke aplikasi, nanti akan muncul notifikasi “Notification Access (Important)”, lalu tekan Yes.
  • Langkah 3: Atur akses notifikasi dengan memilih Enable.
  • Langkah 4: Pilih aplikasi yang kamu inginkan dapat membaca nama kontak.
  • Langkah 5: Jika memilih WhatsApp maka centang aplikasi tersebut. Selesai.

Cara Nada Dering WA Sebut Nama Sayang

Dengan aplikasi Shouter, sangat mudah membuat nada dering wa sebut nama sayang. Kamu hanya perlu mengedit nama kontak WhatsApp yang bersangkutan dengan kata sayang. Misalnya sebagai contoh menyimpan nama kontak sebagai berikut:

  • Istriku Sayang
  • Camela Adikku Sayang
  • Azka Anakku Sayang

Dan seterusnya, dengan menyimpan nama kontak seperti diatas, secara otomatis setiap ada pesan wa masuk dari nama tersebut, akan terdengar nada dering sebut nama sayang. Kece banget bukan?

Cara Memasang Ringtone Sebut Nama di WhatsApp

Setelah membuat nada dering sebut nama sesuai keinginanmu dengan Sound of Text, sekarang saatnya memasangnya pada aplikasi WhatsApp. Jika tidak dipasang, maka nada dering yang kamu buat tentu saja tidak akan berguna.

Nanti nada deringnya akan berganti sesuai dengan nada dering yang telah kamu buat. Cara memasang nada dering sebut nama sangat mudah yaitu sebagai berikut:

Cara Ganti Notifikasi Wa Dengan Sound Of Text Sebut Nama
Cara Ganti Notifikasi Wa Dengan Sound Of Text Sebut Nama
  • Langkah 1: Pindahkan nada dering yang telah kamu buat sebelumnya ke bagian folder Music atau Ringtone di File Manager.
  • Langkah 2: Masuk ke aplikasi WhatsApp untuk mengganti nada dering.
  • Langkah 3: Tekan ikon titik tiga pada kanan atas, lalu pilih Setelan.
  • Langkah 4: Pilih Notifikasi.
  • Langkah 5: Kamu bisa langsung memilih nada dering yang ingin diubah. Kamu bisa mengganti sesuai keinginan mulai dari nada dering Pesan, Panggilan, maupun Grup. Ketiganya bisa menggunakan nada dering yang berbeda.
  •  Langkah 6: Tentukan nada dering yang akan digunakan.

Cara di atas digunakan jika kamu ingin mengganti nada dering pada semua pesan, panggilan, atau grup secara umum. Jika ingin mengganti nada dering satu per satu pada setiap kontak, caranya yaitu sebagai berikut:

Buat Nada Dering Custom Untuk Sound Of Text Wa Sebut Nama
Buat Nada Dering Custom Untuk Sound Of Text Wa Sebut Nama
  • Langkah 1: Masuk ke aplikasi WhatsApp.
  • Langkah 2: Masuk ke tab Percakapan pengguna yang akan kamu ubah nada deringnya.
  • Langkah 3: Pilih Buka Info Kontak atau layar grup. Mudahnya kamu harus masuk ke menu profil pengguna atau grup.
  • Langkah 4: Pilih Notifikasi Custom.
  • Langkah 5: Centang bagian Gunakan Notifikasi Custom.
  • Langkah 5: Pilih Nada Notifikasi yang terletak di bawah notifikasi pesan atau panggilan.
  • Langkah 6: Pilih nada dering yang ingin kamu jadikan nada dering khusus.

Situs Lain Untuk Download Nada Dering Sebut Nama MP3

Selain Sound of Text dan aplikasi Shouter, sebenarnya masih banyak alternatif lain untuk membuat nada dering sebut nama. Adapun alternatif pilihannya yaitu sebagai berikut:

Lihat juga: Nada Dering WA Sebut Nama dengan Kata-kata sendiri

#1. Situs Voice of Text

Situs pertama yang bisa dijadikan alternatif adalah Voice of Text. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan situs ini sebagai pilihan utama, bukan alternatif pilihan. Melalui situs ini, kamu dapat menggunakan bahasa yang lebih beragam, termasuk bahasa Jawa. Alamat website yang bisa kamu kunjungi yaitu www.voiceoftext.com

#2. Situs Voice Maker

Situs www.voicemaker.in ini sangat cocok jika kamu ingin membuat nada dering dengan efek-efek unik. Pasalnya Voice Maker menawarkan beberapa efek yang sangat menarik. Akan tetapi kamu harus terbiasa dengan pengaturan audio yang cukup membingungkan jika menggunakannya.

#3. Situs Botika Online

Alternatif yang terakhir yaitu www.botika.online. Meskipun masih cukup asing di telinga banyak orang, namun Botika Online menawarkan layanan text to speech yang menarik. Kelebihan situs ini yaitu kamu bisa memilih suara perempuan Indonesia yang natural. Berikut contoh suara nada dering wa sebut nama menggunakan suara wanita dari Botika Indonesia:

Nada dering WA sebut nama Pak Ali

Itulah pembahasan mengenai cara membuat nada dering wa sebut nama yang bisa kamu ikuti dari tim Pelita.or.id. Sangat mudah bukan? Jadikan pesan WhatsApp lebih menarik dan anti-mainstream dengan mengganti nada dering.