Sound Of Text Wa Keren Online
Teknologi

Cara Membuat Sound of Text WA Keren Online Gratis

Kalau Anda bosan dengan nada dering WA yang itu-itu saja, maka bisa mencoba sound of text WA keren. Ini adalah tren menggunakan nada dering, yang berasal dari teks yang dijadikan audio. Anda bisa membuat teks untuk nada dering sesuai selera, misalnya saja yang bisa sebut nama.

Biasanya, nada dering yang digunakan di WhatsApp standar, yaitu menggunakan nada dering bawaan di dalamnya. Kalau tidak, pengguna WA memanfaatkan lagu favorit sebagai nada dering, biasanya hasil download dari internet.

Artikel ini akan membahas tentang sound of text WA keren dan bagaimana cara membuatnya. Ada banyak situs untuk mengubah teks menjadi audio, yang nantinya memiliki format MP3. Nah, file MP3 tersebutlah yang akhirnya dibuat menjadi nada dering WhatsApp.

Apa itu Sound of Text WA?

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan sound of text WA? Pasalnya, saat ini banyak orang yang membicarakannya. Jadi, ini adalah situs atau aplikasi yang bisa mengubah teks menjadi suara. Situs semacam ini ada banyak di internet, menawarkan fitur-fitur tambahan yang keren.

Ada-ada saja memang pengguna WhatsApp, mereka tidak puas dengan nada dering bawaan di WhatsApp. Padahal, ada banyak nada dering di WhatsApp yang menarik, namun ternyata tidak cukup bagus sehingga banyak yang ingin membuat nada dering sendiri.

Jangan salah, Anda bisa membuat nada dering sendiri kok, tidak harus selalu menggunakan nada dering bawaan WhatsApp. Misalnya saja, Anda membuat nada dering dari lagu favorit. Dengan begitu, Anda bisa sering-sering mendengarkannya.

Nah, sekarang Anda bisa berkreasi untuk membuat sound of text WA, yaitu dengan mengubah teks menjadi nama. Hal ini bisa Anda manfaatkan, misalnya saja untuk membuat nada dering yang bisa sebut nama Anda.

Anda bisa membuat teks dengan bebas, berisi apa saja, lalu mengkonversinya menjadi suara. Nanti, suara tersebut akan memiliki format MP3, format yang biasa digunakan untuk audio. Karena memiliki format MP3, Anda bisa menggunakannya sebagai nada dering, atau mendengarkannya layaknya musik.

Lihat dan baca:  Cara Menggunakan Wideo Text-to-Speech untuk Bahasa Indonesia

Cara Membuat Sound of Text WA Keren

Cara sound of text WA keren sangat mudah, ada banyak situs yang bisa manfaatkan. Beberapa situs bahkan bisa membuat suara seperti bayi, tokoh kartun dan lain sebagainya. Kalau penasaran situs apa saja yang bisa digunakan, bisa cek penjelasan dan cara menggunakannya di bawah ini.

Membuat sound of text Spongebob, bayi dan lainnya untuk nada dering WhatsApp adalah perkara yang mudah. Ada situs khusus yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat audio seperti ini. Berikut akan kami jelaskan satu per satu dan bagaimana cara menggunakannya.

#1 Soundoftext.co.id

Pertama ada Soundoftext.co.id, situs yang akan membantumu untuk membuat sound of text WA dan unik. Ini adalah layanan text to speech yang bisa mengubah teks ke suara dengan mudah secara online. Botika sudah tersedia dalam website maupun aplikasi, tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Perlu diketahui bahwa Soundoftext.co.id adalah layanan yang gratis meski fiturnya terbatas. Maksudnya, versi gratis dari Botika hanya memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks sampai 1000 karakter. Kalau masih kurang, bisa berlangganan versi premium yang berbayar.

Namun, versi gratisnya sudah cukup memadai kok, toh Anda tidak butuh untuk memasukkan banyak karakter. Ini lebih ke mereka yang menggunakan Botika untuk membuat voice over, biasanya untuk dubbing video Youtube, TikTok dan semacamnya.

Berikut cara menggunakan Soundoftext.co.id:

Manfaatkan Tombol Download Dan Putar Di Situs Soundoftext.co .id
Manfaatkan Tombol Download Dan Putar Di Situs Soundoftext.co .id
  • Buka browser, lalu kunjungi situs Soundoftext.co.id.
  • Begitu situs Botika terbuka, masukkan teks yang Anda ingin jadikan audio.
  • Berikutnya pilih jenis suara, apakah laki, perempuan, anak-anak, remaja, dewasa dan lainnya.
  • Jika sudah, centang di Saya bukan robot, tunggu prosesnya.
  • Untuk cek suara/audio, klik Play.
  • Jika sudah cocok dengan suaranya, klik Download untuk menyimpannya.
  • Selesai.

Hal menarik dari Botika adalah bahwa Anda bisa mengatur jenis suara sesuai kebutuhan, tidak standar seperti hanya disuarakan oleh laki-laki dan perempuan. Anda bisa mengatur karakteristik suara, seperti riang, percaya diri dan lain sebagainya.

Lihat dan baca:  Ini Perbedaan Antara Authorized Service Center dan Service Center Standar

#3 Voice of Text

Buat Nada Dering Wa Sebut Anam Sayang Di Voice Of Text
Buat Nada Dering Wa Sebut Anam Sayang Di Voice Of Text

Berikutnya ada situs Voice of Text, situs TTS atau text to speech yang sangat kami rekomendasikan. Pasalnya, dengan situs ini, Anda bisa mengubah teks menjadi suara dengan mudah, cukup ketik teks, dan konversi ke suara atau audio.

Orang-orang menggunakan situs Voice of Text untuk membuat suara, yang nantinya akan dimasukkan sebagai dubbing ke video. Banyak kreator video di media sosial yang memanfaatkan situs TTS, karena belum percaya diri untuk menggunakan suara sendiri.

Selain itu, situs semacam ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat sound of text WA keren, bisa menggunakan berbagai bahasa. Anda bisa menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Jepang bahkan Bahasa Jawa.

Nah, cek tutorial menggunakan Voice of Text berikut ini :

  • Buka situs Voice of Text di alamat https://www.voiceoftext.com/ dengan browser di perangkat.
  • Jika situs sudah terbuka, masukkan teks yang ingin dijadikan MP3, terserah sesuai selera Anda.
  • Kemudian pilih bahasa dari teks tersebut, kalau teks Bahasa Korea, maka harus memilih Bahasa Korea.
  • Jika sudah, sekarang klik Convert to Voice untuk ubah teks ke audio.
  • Setelahnya akan muncul ikon download, klik ikon tersebut untuk download audio dengan format MP3.
  • Selesai, sekarang gunakan MP3 sebagai nada dering WhatsApp.

Voice Maker

Kalau Anda ingin membuat TTS untuk nada dering WhatsApp dengan fitur yang lengkap, maka bisa menggunakan Voice Maker. Berbeda dengan situs TTS lain yang standar, Voice Maker memang memiliki beberapa fitur tambahan.

Suara Bayi Cute Dengan Label Child Di Voicemaker
Suara Bayi Cute Dengan Label Child Di Voicemaker

Selain bisa mengubah teks menjadi suara dalam banyak bahasa, Anda pun bisa mengatur output audionya. Maksudnya adalah, Anda bisa mengatur audio tersebut sesuai kebutuhan, mulai dari kecepatan, penekanan, volume dan lain sebagainya.

Anda pun bisa menentukan sendiri, siapa karakter yang akan menyuarakan teks tersebut. Intinya, Anda akan bisa mendapatkan audio yang benar-benar pas. Cocok untuk dubbing video, atau sekedar membuat nada dering keren untuk WA, SMS atau telepon.

Lihat dan baca:  Cara Buat Sound of Text Pria Keren di WhatsApp

Caranya membuatnya mudah, yaitu:

  • Buka Voice Maker dengan browser, bisa dari HP/PC.
  • Begitu situs terbuka, masukkan teks yang akan diubah ke suara.
  • Lalu atur output audionya, seperti jeda antar kata, kecepatan, penekanan, volume dan jenis karakter.
  • Kalau sudah, klik Convert to Speech untuk memprosesnya menjadi suara.
  • Jika sudah, tinggal klik Download MP3 untuk mengunduhnya.
  • Selesai.

Voice Maker ini layanan yang tidak berbayar alias gratis. Namun, jika ingin fitur yang lebih lengkap, Anda bisa berlangganan premium. Tapi, tidak perlu kalau hanya untuk membuat nada dering WA saja, karena tidak butuh banyak karakter.

Myinstants.com

Kalau Anda suka dengan kartun, anime dan tokoh-tokoh fiksi dan ingin menjadikan suara mereka sebagai nada dering WA, maka bisa mengunjungi situs Myinstants.com. Melalui situs ini, Anda bisa mendapatkan banyak sound of text WA keren yang sangat banyak.

Bahkan tidak hanya suara kartun seperti Doraemon, Luffy dan lainnya, Anda pun bisa menemukan banyak sound viral. Misalnya saja suara ketawa, suara Deddy Corbuzier yang bilang “tolol” dan masih banyak lagi.

Tombol Play Dan Download Suara Pikachu Di Myinstants
Tombol Play Dan Download Suara Pikachu Di Myinstants

Tentu, Anda akan merasa lucu ketika menggunakan sound seperti ini sebagai nada dering WhatsApp. Berikut cara download suara MP3 di Myinstants.com yang bisa dicoba:

  • Kunjungi situs Myinstants.com.
  • Setelah terbuka situsnya, Anda akan bisa melihat judul suara MP3 di beranda.
  • Kalau ingin mencari sound Doraemon misalnya, bisa mencarinya di kolom pencarian.
  • Setelah ketemu sound yang Anda sukai, klik untuk membukanya.
  • Lalu klik Download MP3 untuk mengunduhnya.
  • Selesai.

Cara Buat Nada Dering Sound of Text WA

Sekarang saatnya menggunakan sound MP3 yang Anda download sebagai nada dering di WhatsApp. Caranya sangat mudah, cek langkah-langkahnya dengan seksama berikut ini:

Image
Cara Mengubah Nada Dering Whatsapp
  • Pindahkan suara MP3 yang Anda download ke folder Music.
  • Jika sudah, buka WhatsApp, masuk ke Setelan.
  • Berikutnya klik Notifikasi dan Pilih Nada Dering.
  • Lalu pilih suara MP3 yang Anda download sebelumnya.
  • Selesai.
Image 1
Pengaturan nada dering wa

Cara membuat sound of text WA keren sangat mudah, bisa menggunakan situs TTS yang banyak tersebar di internet. Anda bisa menggunakan suara anak-anak, pria, wanita, bahkan suara-suara dari karakter di kartun, anime, film dan lain sebagainya.

Posted by
Agus Hendarko

Menulis hal yang bermanfaat. Penulis lepas di berbagai media online dengan pengalaman menulis lebih dari 5 tahun.