Belakangan, mulai banyak bermunculan situs dan aplikasi sound of text, atau yang kita kenal dengan aplikasi mengubah text menjadi suara. Dengan adanya tools ini, kamu bisa loh mendownload suara-suara unik. Salah satunya adalah suara unik berbahasa Sunda.

Di mana, suara ini nantinya bisa kamu pasang sebagai nada dering atau notifikasi WA. Keren kan? Nah, salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah voiceoftext.com. Bagi kamu yang penasaran, simak cara buat sound of text Bahasa Sunda di WhatsApp (Download WA Aero) berikut.

Keunggulan Aplikasi Voice Of Text

Untuk saat ini, WhatsApp menjadi aplikasi yang nyaris digunakan semua orang. Karena memang, ia menawarkan berbagai keunggulan. Mulai dari tampilannya yang sederhana, bisa digunakan untuk berkirim pesan secara gratis, memungkinkan untuk melakukan video call dengan beberapa orang, dan lain sebagainya.

Sayangnya, saking banyaknya pengguna WA kadang membuat notifikasi yang digunakan antara satu dengan yang lain itu sama. Ia nggak sih? Hal ini tentu akan mengganggu kamu ketika berada di tempat umum. Bahkan bisa membuat kamu malu karena salah mengenali notif. Maka dari itu. untuk menghindari kekeliruan dan salah mengenali notif ada baiknya jika kamu membuat notif yang unik.

Yakni berbahasa sunda. Apalagi nih, bahasa sunda terkenal lembut loh. Sehingga cocok banget untuk kamu gunakan. Menariknya, cara buat sound of text Bahasa Sunda di WhatsApp sangat mudah kok. Kamu nggak perlu melakukan berbagai macam turotial yang rumit.

Bagi pengguna baru voiceoftext, tentu penasaran dengan aplikasi ini ya. Nah sederhananya, aplikasi sound of text ini memungkinkan kamu untuk membuat sebuah suara hanya dengan memasukkan text ke dalam kolom yang tersedia.

Adapun format file yang bisa kamu download adalah MP3, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai notifikasi WhatsApp. Menariknya, selain membantu kamu mengubah text menjadi sound, aplikasi ini juga menawarkan keunggulan berupa isu privasi, Di mana, mereka tidak akan menyimpan text yang sudah kamu masukkan dan kamu ubah menjadi suara ke server mereka. Sehingga sangat aman digunakan.

Referensi: https://kobi-id.org/fitur-keren-voice-spice-kartu-ucapan/

Cara Menggunakan Aplikasi Voice of Text

Sound Of Text Bahasa Sunda
Sound Of Text Bahasa Sunda

Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Kunjungi situs voice of text di voiceoftext.com
  2. Geser layar ke bawah, cari kolom text yang warnannya biru.
  3. Masukkan text yang sudah kamu miliki dan siap dijadikan sound.
  4. Lalu klik ‘convert to voice‘ yang terdapat di bagian bawah kolom. Begitu kamu klik, maka akan muncul tiga pilihan.
  5. Untuk mendownload, tekan ‘download ‘ yang juga ada di bagian bawah.
  6. Selesai.

Selain bisa mengubah text menjadi suara, kamu juga bisa mengatur kecepatannya, yakni dengan manfaatkan control bar, sementara jika ingin mengatur penekanannya serta nada bicara gunakan speed dan pitch.  Menarik bukan?

Cara Buat Sound of Tect Bahasa Sunda di WhatsApp

Cara menggunakan aplikasi voice of text di atas merupakan cara yang paling umum atau paling dasar. Sementara jika ingin membuat bahasa Sunda secara cepat, kamu bisa melakukan cara mudah berikut.

Download Sound Of Text Sunda
Download Sound Of Text Sunda
  1. Kunjungi situs www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-sunda.html.
  2. Geser layar ke bawah. Cari kolom bertuliskan ‘ketik bahasa sunda di sini’.
  3. Masukkan text berbahasa sunda yang sudah kamu siapkan.
  4. Lalu klik pada tulisan ‘convert to voice‘.
  5. Ketika akan mendownload, maka klik saja ikon download yang berada di bawah tulisan convert to voice tersebut.

Gampang kan? Jika hanya sebatas membuat voice untuk keperluan notifikasi WA, tentu situs ini masih sangat worth it ya. Namun jika untuk membuat sound yang panjang, tentu memakan waktu yang lumayan lama. Karena mereka memberikan batasan.

Di mana, sekali mengubah text menjadi voice kapasitas katanya maksimal 200 karakter saja. Nah, jika ingin melihat pilihan suara Google bahasa apa saja, kamu bisa scroll ke bawah saja. Di sana, sudah terdapat berbagai pilihan yang siap kamu gunakan. Mulai dari suara Google Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Inggris, Korea, Arab, Jepang, dan lain sebagainya.

Menariknya, Voice of text ini menjadi salah satu aplikasi sound of text yang menyediakan pembuatan sound berbahasa sunda. Karena ternyata, hanya sedikit loh aplikasi yang menyediakan hal tersebut.

Apabila suara Google berbahasa sundanya sudah siap, maka sekarang kamu tinggal menjadikannya sebagai nada dering sound WA saja. Adapun cara buat sound of text Bahasa Sunda di WA adalah:

  • Buka Aplikasi WA .
  • Klik ikon titik 3 yang di bagian atas sebelah kanan,
  • Pilih pengaturan.
  • Klik notifikasi.
  • Klik nada notifikasi.
  • Pilih ‘pilih dari file’.
  • Kamu bisa mencari sound yang sudah kamu buat tadi. Lalu klik sound tersebut.
  • Selesai.

Jika ingin menjadikan nada tersebut sebagai notifikasi grup juga, maka kamu bisa melakukan cara yang sama.