Sejak teknologi ponsel pintar atau yang lebih dikenal dengan istilah smartphone, penggunaan musik serta ringtone yang unik dan lucu sudah sangat umum digunakan. Untuk membuat notifikasi nada dering yang berbeda dan jauh lebih fungsional, sekarang kamu dapat membuat nada dering yang secara otomatis dapat menyebutkan siapa nama pengirim pesan WhatsApp yang masuk.

Penasaran bukan bagaimana cara membuat hal yang satu ini? Yuk simak dan ikuti langkah-langkah membuat notifikasi WhatsApp menyebut nama pengirim pesan dengan bantuan aplikasi bernama Notification Reader: Shouter.

Shouter Reader Notification
Shouter Reader Notification

Sebenarnya, aplikasi Shouter ini menggunakan teknologi berbasis text to speech converter dari Google. Sehingga, teks notifikasi WhatsApp yang muncul dapat diubah dalam bentuk suara yang dapat disesuaikan bahasa serta gaya bicaranya sesuai keinginan. Berikut contoh ucapan dari aplikasi Shouter untuk notifikasi pesan WA yang masuk secara default:

Notification from WhatsApp, It says message from [nama kontak pengirim pesan]

Nada Dering WA dengan voice name

Lewat aplikasi ini juga, pesan yang diucapkan dapat kamu ubah lewat menu kustomasi lanjutan. Semakin penasaran bukan, berikut langsung saja langkah-langkah menggunakan Shouter untuk membuat nada dering WA yang dapat menyebutkan nama pengirim pesannya:

  1. Install aplikasi Notification Reader: Shouter di Google Play Store dengan cara masuk ke tautan berikut: com.bhkapps.shouter atau install langsung file APK nya di com.bhkapps.shouter.apk.
  2. Jalankan aplikasi Shouter dan pilih opsi Izinkan (YES) jika muncul dialog box Notification Access (Important).
  3. Selanjutnya, masuk ke pengaturan akses notifikasi dan pilih Enable untuk mengaktifkan Shouter dalam mengakses notifikasi yang masuk ke ponsel kita.
  4. Setelah ketiga tahap diatas selesai, selanjutnya tinggal mengatur aplikasi apa saja yang akan menggunakan Shouter sebagai nada deringnya.
Pilih App Notification Pada Aplikasi Shouter
Pilih App Notification Pada Aplikasi Shouter
  1. Pada tahap kelima, buka aplikasi Shouter lalu pilih App Notification seperti gambar diatas, lalu klik centang pada kotak Enable.
  2. Klik menu Select App dan pilih aplikasi WhatsApp agar suara notifikasi Shouter dapat bekerja jika ada pesan WhatsApp yang masuk.
  3. Sampai disini, Anda sudah berhasil membuat nada dering WA yang menyebutkan nama kontak si pengirim pesan. Sebagai tambahan, kamu dapat mengatur bahasa pada menu Language, serta gaya bicara pada menu Voice Settings di aplikasi Shouter sesuai selera.

Mudah saja bukan menggunakan aplikasi Shouter Notification Reader? Untuk membuatnya lebih personal dan keren, kamu bisa mengatur kata-kata yang akan diucapkan dengan bahasa sendiri yang lebih natural. Pengaturan ini dapat kamu buka di App Notification lalu pilih Customize your voice notification message, disana akan ada dua kolom yang dapat kamu isi dengan tulisan versi kamu sendiri.

Walaupun begitu, untuk memiliki nada dering WhatsApp dengan voice name ini, kamu butuh untuk menginstall aplikasi pihak ketiga di ponsel Android kamu.

Jika ingin membuat nada dering WA sendiri berbasis text to speech tanpa harus menginstall aplikasi, kamu dapat menggunakan freeTTS untuk membuat file mp3 dengan suara robot berbahasa Indonesia. Silakan baca tutorial berikut Buat Nada Dering WhatsApp dengan FreeTTS yang diulas oleh tim Giftcard Indonesia untuk mempelajarinya lebih lanjut. Selamat mencoba guys!