Dunia Bisnis

Ini 5 Tips Memilih Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Dealer Nakal

Membeli sebuah mobil, baik baru maupun bekas tentu saja membutuhkan pengetahuan mengenai keadaan mobil mulai dari bagian interior, eksterior,...

Written by Editorial · 2 min read >
ilustrasi mobil di dealer mobil

Membeli sebuah mobil, baik baru maupun bekas tentu saja membutuhkan pengetahuan mengenai keadaan mobil mulai dari bagian interior, eksterior, mesin, hingga transmisi. Pengetahuan ini berguna untuk mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan. Terutama dalam membeli mobil bekas, tentu saja pengetahuan seperti ini sangat dibutuhkan, agar barang yang dibeli tidak terdapat kecurangan.

Dalam proses hunting mobil bekas, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mengetahui kondisi mobil yang akan dibeli secara tepat. Tentu saja, Anda tidak mau jika setelah prosesi pembelian, ternyata mobil yang dibeli mengalami kecacatan yang luput dari pantauan. Guna mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat memerhatikan beberapa tips berikut ini sebelum membeli mobil.

Mobil Bekas Idaman

Sebelum menyatakan akan membeli sebuah mobil, terutama mobil bekas, Anda harus memerhatikan dengan seksama dan detail setiap deskripsi yang diberikan oleh penjual. Namun, Anda juga bisa melakukan pengecekan ulang berdasarkan poin-poin yang Anda miliki atau membawa teman yang lebih paham mengenai keadaan mobil.

Lihat juga: 7 Mobil Bekas Termahal Indonesia

Membawa Montir atau Teman Ahli Mobil

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika meninjau atau melakukan pengecekan terhadap mobil bekas adalah membawa seorang teman yang ahli dalam mobil maupun montir. Teman atau montir dapat memerhatikan mobil secara lebih detail dari segala aspeknya, sehingga saran mereka dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli.

Periksa Kesehatan Mesin dan Umur Mesin

Mobil sangat erat kaitannya dengan mesin pembakaran. Bagi Anda yang berencana membeli mobil bekas, maka sangat disarankan untuk memerhatikan kesehatan dan umur mesin. Anda harus bertanya kepada penjual mengenai keadaan mesin, berapa kilometer yang telah ditempuh, apakah servis secara rutin, penggunaan oli, dan sejenisnya.

Setelah Anda menanyakan keadaan mesin kepada penjual, Anda dapat secara langsung memeriksa dengan cara menghidupkan mobil. Anda harus merasakan mesin ketika menyala apakah telah sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh penjual atau tidak. Indikator paling sederhana untuk mengecek mesin adalah dari suara mesin yang keluar.

Eksterior (Goresan, Lecet, Terkena Banjir)

Setelah Anda mengetahui kondisi mesin dengan baik, hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah eksterior dari mobil. Anda harus memerhatikan kerangka bodi mobil secara seksama, apakah terdapat lecet atau goresan pada wilayah-wilayah buta seperti bumper depan dan belakang.

Selain itu, Anda juga harus menanyakan apakah mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak. Hal itu disebabkan akan berdampak terhadap kelayakan mobil yang Anda beli. Anda juga dapat menanyakan perihal orisinalitas cat mobil, apakah pernah dilakukan pengecatan ulang atau menggunakan cat awal keluaran pabrik.

Pedal, Transmisi, dan Suspensi Mobil

Selain mesin, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah masalah pedal dan suspensi. Anda ketika  menghidupkan dan mencoba untuk menjalankan sebuah mobil, namun pedal dan suspensi begitu berat atau terlihat tidak normal, maka Anda harus memeriksanya terlebih dahulu sebelum membeli. Bisa jadi terdapat kerusakan akibat jarang mengganti oli.

Interior

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah interior di dalam mobil. Anda harus memastikan bahwa bagian interior dirawat dengan baik. Anda juga harus menanyakan apakah ada perubahan dalam interior, baik dalam tempat duduk dan lain sebagainya. Memastikan interior dengan baik akan menambah kenyamanan perjalanan Anda.

Beberapa poin penting tersebut dapat Anda akumulasikan sendiri dan didukung oleh harga pasaran mobil tersebut. Sehingga Anda bisa membeli mobil dengan harga yang tepat dan tidak rugi. Poin penting yang perlu digarisbawahi adalah membawa teman/montir jika Anda masih kurang ahli dalam hal ini.

Jika poin-poin di atas dianggap terlalu sulit, alternatif lainnya adalah dengan mencari mobil bekas di SEVA.ID. Marketplace mobil second besutan Astra International ini punya segudang kelebihan untuk jadi pilihan utama Anda. Fitur pilihan expert serta adanya jaminan serta garansi resmi Astra jadi alasan kuat mengapa pada akhirnya orang memilih membeli mobil bekas lewat platform SEVA.

Lihat juga: Rekomendasi Situs Mobil Bekas dari Karinov

Leave a Reply