Dunia Bisnis

Kisah Oppo Berhasil Kuasai Pasar Indonesia Dengan Cepat

Setelah runtuhnya kejayaan Nokia dan Balckberry di Indonesia, ada banyak sekali brand smartphone yang sekarang merajalela di tanah air....

Written by Editorial · 1 min read >
cara oppo kuasai pasar indo

Setelah runtuhnya kejayaan Nokia dan Balckberry di Indonesia, ada banyak sekali brand smartphone yang sekarang merajalela di tanah air. Salah satunya adalah Oppo. Bahkan, Oppo berhasil menguasai pasar smartphone di Indonesia hanya dalam waktu yang singkat. Penasaran bagaimana salah satu brand dari smartphone ini bisa menguasai pasar Indonesia dalam waktu yang singkat? Berikut akan kita ulas cara Oppo berhasil kuasai pasar Indonesia dengan cepat.

Asal Masuknya Barand Oppo Di Indonesia

Oppo adalah sebuah brand yang sudah masuk dari semenjak tahun 2013 lalu di Indonesia. Varian pertama yang diluncurkannya di Indonesia adalah Oppo Find 5. Karena populasi penduduk di negara ini tergolong besar, maka brand ini berani dan mau masuk untuk bersaing. Populasi penduduk di Indonesai yang besar ini juga berimbang dengan adanya penggunaan internet yang tinggi.

Jadi, ini menjadi alasan mengapa brand baru ini berani memasuki pasar Indonesia. Bahkan, keunikan yang terjadi di pasar smartphone Indonesia ini juga menjadi salah satu alasan mengapa mereka berusaha untuk tetap maju dan bersaing. Walaupun dengan banyaknya jenis pesaing baru lainnya, Oppo tetap maju dan terus berkarya.

Strategi “Simpel dan Fokus”

Dengan terbuktinya Oppo menjadi salah satu brand smartphone yang menua sukses di puncak 2016 silam, ternyata brand ini mengusung tema Simpel dan Fokus. Dimana startegi pemasaran yang mereka gunakan adalah yang paling mudah dipromosikan dan menarik. Pihak Oppo juga sering mengamati bagaimana perilaku pembelian konsumen dari tahun ke tahun.

Tuai Julukan The Selfie Expert

Dengan adanya jargon baru yang dimiliki oleh Oppo yakni “selfie expert” menjadi salah satu hal yang bisa memancing dan memicu minat para pembeli. Perangkat Oppo sudah dibekali dengan penggunaan kamera utama dan kamera depan yang sangat menggiurkan dan bagus.Tidak hanya masalah kamera saja, desain yang dibuat simpel dan elegan juga menjadi salah satu kelebihan dari Oppo.

Dengan jargonya tersebut pihak Oppo selalu berusaha menghadirkan dan menciptakan smartphone baru yang bagus dan terjangkau. Harga untuk rata-rata produk Oppo masih tergolong menengah ke bawah. Ini juga menajdi salah satu hal yang membuat nama Oppo menjadi melambung tinggi. Dan dari segi penggunaan kamera, pihak Oppo paham betul bahwasanya pengguna lebih menyukai kemampuan kamera depan daripada kamera utama.

Peranan Brand Ambassador

Pastinya pernah dong ya, melihat iklan-iklan yang menampilkan brand smartphone ini? Nah, peranan dari sang brand ambassador dari Oppo ini juga menunjang keberhasilannya di pasar tanah air. Boleh dikatakan, salah satu kunci kemudahan Oppo memasuki pasaran adalah dengan menggunakan faktor ini.

Pihak Oppo paham betul peranan dari artis-artis terkenal tanah air. Sebut saja Rio Haryanto, Reza Rahardian, Raisa Andriana, Chelsea Islan dan Isyana Saraswati digandeng oleh pihak mereka. Ini mewujudkan salah satu target marketing pihak Oppo. Menjadi salah satu merk yang populer dan bisa diterima oleh masayarakat di indonesia.

Serius Berkontribusi dan Pelayanan Maksimal

Seiring dengan kesuksesan dari Oppo di Indonesia, ini membuat brand tersebut menjadi lebih serius. Oppo tidak hanya menggunakan pasar Indonesia sebagai target penjualan saja, bahkan Oppo sudah melakukan topping off pabrik. Ini membuktikan, keseriusan pihak Oppo dalam mengembangkan produk mereka di Indonesia.

Bahkan, peningkatan layanan juga menjadikan brand ini memiliki lebih dari 80 titik layanan purna jual yang digunakan untuk pelayanan konsumen di Indonesia. Bahkan, sekarang kita bisa dengan mudah mendapati banyaknya service center Oppo yang tersebar di kota-kota besar.