Kesehatan

Penolongan Pertama pada Luka Bakar

Luka bakar sangat rentan terjadi pada masyarakat dan harus ditangani sesegera mungkin. Oleh sebab itu diperlukannya langkah pertama penolongan...

Written by Editorial · 1 min read >
pertolongan pertama luka bakar

Luka bakar sangat rentan terjadi pada masyarakat dan harus ditangani sesegera mungkin. Oleh sebab itu diperlukannya langkah pertama penolongan terhadap luka bakar. Sehingga tidak berakibat buruk bagi kesehatan lainnya.

Sementara, berbeda dengan luka bakar, berikut ada promo obat-obatan yang bisa anda peroleh dengan mengunjungi Promo GoApotik. Berikut ini informasi seputar luka bakar hingga pertolongan pertamanya

Penyebab Umum Luka Bakar

Luka bakar disebabkan karena suhu panas yang timbul dari uap, api, zat cair, dan benda panas.  Terutama jika terjadi gesekan kulit dan permukaan kasar yang keras, contohnya kecelakaan mengakibatkan terseret di jalan raya. 

Dapat pula diakibatkan karena radiasi sinar matahari yang menerpa kulit dengan ekstrim. Bagi pengguna alat kecantikan sangat rentan mengalami luka bakar yang berasal dari alat menggelapkan warna kulit.

Tidak hanya karena suhu panas, pada kondisi suhu yang dingin seperti terkena air dan angin. Arus listrik juga dapat mengakibatkan luka bakar, jika anda tersengat aliran listrik atau tersambar petir. 

Ketika bereksperimen dengan bahan kimia juga wajib waspada, pasalnya jika bahan kimia mengalami kontak langsung pada kulit dapat menjadi terbakar. Efek kemoterapi karena sinar X pada pasien kanker juga menyebabkan kulit terkena luka bakar.

Tingkat Keparahan Luka Bakar

Jika anda hanya mengalami luka bakar ringan, pertama harus memastikan luka tetap bersih. Jangan memecahkan gelembung luka sendiri karena dapat mengakibatkan infeksi dan memperburuk kondisi luka. 

Tingkat keparahan luka bakar dilihat dari ketebalan lapisan kulit yang melepuh, ukuran serta lokasi terjadinya luka bakar. Penyebab dari luka bakar sendiri dan didukung faktor kesehatan penderita.

Langkah-Langkah Pertolongan Pertama

  1. Segera dinginkan luka bakar dengan cara membilasnya menggunakan air mengalir dingin Bukan disiram dengan air es karena dapat berakibat penurunan suhu tubuh atau hypotermia. 
  2. Apabila rasa sakit tidak reda maka manfaatkan kompres berisi air es. Tetapi jangan langsung diletakkan es pada kulit.
  3. Tutuplah luka bakar menggunakan perban yang berbahan dasar kapas. Jangan membalut luka begitu ketat karena tekanan berlebihan tidak baik untuk proses penyembuhan.
  4. Jika pakaian terbakar jangan langsung dilepaskan, pastikan dahulu  tubuh korban tidak terkena asap panas dan nyala api.
  5. Cek nafas korban, apabila tidak bernafas maka berikan cardiopulmonary resuscitation (CPR).

Begitulah cara pertolongan pertama pada penderita luka bakar, untuk penanganan lebih lengkap dapat kunjungi artikel mengenai penanganan kulit terbakar.