Pendidikan

Hal yang Harus Ada di Proposal Bantuan Bus Sekolah

Proposal merupakan suatu surat atau dokumen yang diajukan untuk mendapatkan persetujuan. Proposal biasanya diajukan sebagai suatu rencana yang tujuan...

Written by Editorial Staff · 1 min read >
Hal yang Harus Ada di Proposal Bantuan Bus Sekolah

Proposal merupakan suatu surat atau dokumen yang diajukan untuk mendapatkan persetujuan. Proposal biasanya diajukan sebagai suatu rencana yang tujuan pengajuannya agar mendapatkan izin atau di ACC atas suatu rencana yang diinginkan.

Selain proposal kegiatan, jenis proposal lainnya yang seringkali ada adalah proposal bantuan. Sebagai contoh adalah proposal bantuan pendaaan bus sekolah. Tujuan proposal bantuan bus sekolah diajukan adalah agar sekolah yang bersangkutan mendapatkan bantuan bus dalam satu anggaran.

Lantas, hal yang harus ada di proposal bantuan bus sekolah apa saja? Berikut apa saja komponen penting di proposal bantuan pengajuan bus sekolah yang Anda harus tahu!

Isi Proposal Bantuan Bus Sekolah

Pendahuluan atau latar belakang masalah

Pendahuluan yang dimaksud disini berisi tentang latar belakang masalah yang menjadi suatu dasar diadakannya suatu kegiatan. Karena itu, di bagian latar belakang ini berisi mengenai pokok permasalahan dari kegiatan dengan singkat dan jelas.

Di bagian ini isi dan tujuan proposal harus disebutkan. Latar belakang masalah juga harus menunjukkan sangat pentingnya permasalahan dari sebuah proposal untuk sesegera mungkin diselesaikan.

Anda yang akan membuat suatu proposal bantuan bus sekolah, tujuan proposal bantuan bus sekolah ini harus ada disana.

Masalah atau perumusan masalah

Hal yang harus ada di proposal bantuan bus sekolah yang selanjutnya adalah di bagian perumusan masalah. Disini masalah merupakan suatu ungkapan yang harus ada kaitannya dengan objek kegiatan.

Masalah disini harus diungkapkan atas dasar dengan apa yang sudah digambarkan. Penggambaran masalah yang perlu dituliskan di bagian perumusan masalah yaitu tertuang di dalam kegiatan pendahuluan, di bagian dasar pemikiran, atau di bagian latar belakang dari proposal bantuan pengadaan bus sekolah yang diedarkan.

Tujuan proposal dibuat

Jika Anda akan membuat proposal bus bantuan sekolah, maka tujuan yang diungkapkan berisi ungkapan maksud dari proposal tersebut yaitu meminta bantuan bus.

Anda harus menuliskan apa kegunaan bus tersebut jika nantinya bantuan sudah diturunkan. Semua itu ada dan tertuang di tujuan proposal ini.

Sasaran

Sasaran yang tercantum didalam proposal merupakan suatu ungkapan yang ditujukan kepada siapa kegiatan atau acara tersebut akan dilaksanakan. Cantumkan di bagian ini!

Teknik pelaksanaan kegiatan

Teknik pelaksanaan kegiatan dalam hal yang harus ada di proposal bantuan bus sekolah merupakan tata cara menyelesaikan permasalahan yang nantinya akan diajukan didalam proposal.

Teknik pelaksanaan sendiri disampaikan tidak lain untuk meyakinkan pihak penerima proposal bahwa masalah tersebut dapat diselesaikan secara tepat dan dalam kondisi logis.

Jadwal pelaksanaan

Jadwal yang tercantum dibuat berdasarkan waktu, jenis dan orang yang menangani suatu kegiatan. Jadwal dari pelaksanaan itu sendiri memberikan suatu gambaran mengenai kegiatan atau acara dari awal sampai akhir kegiatan.

Anggaran

Suatu kegiatan pasti butuh anggaran. Termasuk pengadaan bantuan bus sekolah yang diajukan tentu ada kaitannya dengan anggaran karena membeli bus sekolah sebagai operasional butuh  uang.

Nah, anggaran ini merupakan biaya yang diperlukan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang sudah diterangkan didalam proposal. Pada bagian ini, disajikan anggaran yang diperlukan secara objektif, efisien, dan logis.

Disini juga akan dirinci berdasarkan jenis dari kegiatan atau acara dan memperhatikan harga pasar yang sesuai jika konteksnya adalah pengadaan bus sekolah.

Bagian penutup

Penutup berisi tentang rangkuman, kesimpulan beserta harapan atas apa yang telah disampaikan didalam proposal. Penutup juga berisi tentang tempat, tanggal dari penyusunan sebuah proposal dan sekaligus tanda tangan juga nama terang dari penanggung jawab proposal.

Itulah beberapa hal yang harus ada di proposal bantuan bus sekolah. Namun sejatinya, dalam proposal apa saja yang diajukan, semua aspek tersebut harus ada sebagai komponen proposal yang tak terpisahkan.