Dunia Bisnis

Sapi Brahman India: Ciri Khas dan Kelebihannya

Sapi masih menjadi salah satu hewan favorit untuk dijadikan berbagai olahan makanan, maka tak heran jika jenis hewan ternak...

Written by Editorial · 1 min read >
sapi brahman dari India

Sapi masih menjadi salah satu hewan favorit untuk dijadikan berbagai olahan makanan, maka tak heran jika jenis hewan ternak satu ini masih menjasi salah satu komoditas terbaik untuk kebutuhan bisnis.

Dalam dunia peternakan sapi sendiri ada banyak sekali jenis sapi yang dikembang-biakkan. Dua di antaranya berjenis sapi brahman dan sapi vektor. Secara umum, sapi brahman memiliki ciri fisik lebih besar ketimbang sapi vektor.

Selain itu, apa saja perbedaan di antara keduanya? Yuk kita cari tahu.

Mengenal Sapi Brahman

Dulunya, sapi brahman adalah keturunan langsung dari sapi zebu yang dibudidayakan oleh warga Amerika Serikat. Adapun bibit aslinya diambil dari daratan India. Hingga saat ini, sapi brahman dianggap sebagai jenis unggulan karena memiliki daging tebal dan sehat.

Karakteristik Sapi Brahman

Tidak banyak orang yang bisa membedakan dengan tepat sapi brahman dan sapi jenis lainnya. Jika dilihat secara sekilas, seperti inilah karakteristik sapi brahman.

  • Punya Telinga Besar

Tidak hanya besar, tetapi juga cukup panjang dan menggantung sejajar dengan dagu. Seolah-olah mirip dengan tanduk, namun dalam posisi terbalik.

  • Punya Beberapa Varian Warna

Warna kulit sapi brahman yang kerapkali ditemukan di pasaran memang abu-abu. Tapi, berdasarkan pengembangannya, warna sapi ini ada yang kemerahan, totol-totol, hingga belang.

  • Cerdas dan Mudah Beradaptasi

Kecerdasan sapi brahman tampak mencolok tatkala dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Pada saat yang sama, ia bahkan mampu beradaptasi dengan baik walau beda lingkungan dan tuan.

Kelebihan Sapi Brahman

  • Difungsikan untuk Melacak Garis Keturunan Asli

Meskipun status sapi ini merupakan hasil kawin silang antara sapi Lembah Krishna, sapi ongole, sapi gir, dan sapi gujarat, namun memiliki DNA yang unik. Hal itulah yang membuat para peneliti menggunakan sapi ini untuk melacak keturunan asli. Terutama yang dibudidayakan di Amerika.

  • Punya Daging Berkualitas Tinggi

Biasanya, sapi brahman memang diperlakukan secara spesial. Bahkan di kawasan Oman dan Fujairah, sapi ini diberi makan berupa madu dan susu. Tak heran jika daging yang berasal dari sapi brahman punya kualitas nutrisi tinggi di atas rata-rata.

Mengenal Sapi Vektor

Dari segi bobot, kecerdasan, dan jumlah peminat, sapi vektor memang masih kalah dari jenis sapi brahman. Namun, berhubung jenis sapi ini cukup terjangkau harganya, proses pembiakannya masih berlangsung hingga sekarang.

Selain sapi brahman dan sapi vektor, di Indonesia masih ada banyak lagi jenis-jenis lainnya. Misalnya sapi khas Madura, Aceh, dan lain-lain. Pasti sangat seru kalau bisa menyambangi langsung peternakan sapi dan melihat mereka bisa bertumbuh tiap hari.

cotoh totebag

5 Model Tas Seminar Paling Populer

Editorial in Dunia Bisnis
  ·   2 min read