BLT atau Bantuan Langsung Tunai adalah salah satu jenis bantuan yang dicairkan pemerintah untuk membantu perekonomian rakyat selama masa pandemi. Apabila Anda termasuk dalam daftar penerima BLT, Anda bisa langsung mencairkannya. Untuk mengecek nya Anda bisa mengunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id cek nama dapat BLT.

Siapa Penerima BLT SSO BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa cara untuk mengecek apakah Anda merupakan salah satu penerima BLT dari pemerintah ini. Namun Anda tentu perlu memahami siapa penerima BLT dari Pemerintah. Mereka yang merupakan penerima BLT dari pemerintah adalah pekerja yang telah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji dibawah 5 juta rupiah.

Oleh karena itulah apabila Anda memiliki gaji diatas 5 juta rupiah, Anda tidak akan menerima bantuan ini atau tidak akan menemukan nama Anda.

Lihat juga: Cara Cek Penerima BPUM lewat eForm BRI

Cara Cek Dapat BLT

Selain mengunjungi sso.bpjsketenagakerjaan cek nama dapat BLT, Anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengetahui apakah BPJS Ketenagakerjaan Anda masih aktif atau tidak. Bila tidak maka disangsikan nama Anda akan ada dalam daftar penerima BLT. Berikut cara mengecek keaktifan kepesertaan.

#1 Melalui BPJSTK Mobile

Caranya cukup mudah, untuk Anda yang sudah menggunakan aplikasinya, Anda bisa mengikuti langkah dari langkah ke 4.

Aplikasi Resmi Jamsostek Mobile Bpjs Ketenagakerjaan
Aplikasi Resmi Jamsostek Mobile Bpjs Ketenagakerjaan
  1. Unduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan kemudian daftarkan diri Anda, syaratnya adalah Nomor KPJ di Kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda dan juga NIK e KTP dan juga tanggal lahir Anda.
  2. Setelah terdaftar, Anda bisa masuk menggunakan akun Anda. 
  3. Setelah masuk, pilih Kartu Digital
  4. Akan muncul di bagian bawah mengenai aktif tidaknya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda.

#2 Melalui Situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara berikutnya adalah Anda bisa mengunjungi situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id cek nama dapat BLT. Berikut langkah-langkahnya.

Login Portal Sso Bpjs Ketenagakerjaan
Login Portal Sso Bpjs Ketenagakerjaan
  1. Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Klik registrasi apabila Anda belum pernah mendaftarkan diri
  3. Isi formulir yang ada sesuai dengan data. Formulir tersebut akan berisi, nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel dan email.
  4. Apabila formulir berhasil diisi, kamu akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui SMS atau email.

Selanjutnya Anda bisa masuk ke situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id sebagai peserta.

#3 Cek Saldo BPJS via SMS 2757

Selain melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id cek nama dapat BLT Anda, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui SMS. Berikut format SMS nya.

1. Ketik format SMS berikut:

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(jika ada) lalu kirim ke 2757 

2. Anda akan segera menerima balasan SMS Dari BPJS berupa nomor ID, selanjutnya Anda bisa mengecek saldo JHT Anda dengan mengirimkan nomor SMS dengan format berikut:

SALDO(spasi)NOMOR PESERTA dan kirim ke 2757

3. Akan ada balasan berupa saldo JHT Anda dan itu artinya Anda masih aktif terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah Anda akan menerima BLT atau tidak selain mengunjungi situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id cek nama dapat BLT dan juga beberapa cara lainnya.