Pendidikan

[DOC] Template Cover Laporan Praktikum dan Cara Pembuatannya

Cover laporan praktikum tidak bisa dianggap remeh. Masih banyak para pelajar atau mahasiswa yang beranggapan bahwa cover atau sampul...

Written by Editorial · 1 min read >
cara membuat laporan praktikum

Cover laporan praktikum tidak bisa dianggap remeh. Masih banyak para pelajar atau mahasiswa yang beranggapan bahwa cover atau sampul itu tidak memiliki peranan penting dalam pembuatan laporan. Biasanya hanya fokus terhadap isi laporan penelitian yang dibuatnya. Cover laporan sebuah penelitian justru menjadi daya tarik utama bagi yang ingin membacanya. Sebab, pertama kali pembaca akan melihat covernya dibanding isinya.

Sebaiknya saat melakukan pembuatan cover laporan praktikum anda harus perhatikan keduanya. Cover harus menarik serta isinya juga tidak boleh biasa saja. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak akan kecewa dengan cover yang bagus namun isinya tidak berkualitas. Namun, masih banyak orang yang ingin membuat cover menarik tetapi belum bisa melakukannya. Ada panduan bagaimana cara membuat cover praktikum agar terlihat menarik pembaca.

Contoh cover laporan praktikum Bioteknologi
Contoh cover laporan praktikum Bioteknologi

Pentingnya Cover Laporan Praktikum

Bagian cover sebuah makalah atau laporan praktikum tidak terlalu diperhatikan. Sebenarnya hal tersebut justru dapat mempengaruhi para pembaca. Apabila cover tidak dibuat dengan benar, maka hasilnya juga berdampak pada isi laporan tersebut. Jika pembuatan cover hanya disepelekan akan membuat minat pembaca menjadi malas untuk membacanya.

Oleh karena itu, sebaiknya anda perhatikan dengan benar bagaimana cara membuat cover sebuah praktikum yang baik dan benar. Jika cover menarik dan sesuai isi laporan, pembaca juga  akan tertarik. Cover laporan praktikum atau makalah perlu dibuat dengan rincian yang tepat. Isi juga paling penting dalam sebuah laporan namun, jika ditunjang cover yang menarik banyak pembaca yang penasaran dengan isinya.

Download Template Cover Laporan Praktikum

Berikut template cover laporan praktikum akademik sesuai standar perguruan tinggi negeri. Anda dapat langsung meunduh file berikut dalam format MS Word (docx).

Cara Membuat dan Contoh Cover Laporan Praktikum

Bagi anda yang sering membuat laporan hasil praktikum perlu perhatikan bagian covernya. Ada banyak cara dan contoh yang bisa anda ketahui bagaimana cara membuat cover yang baik dan benar. Di bawah ini ada tahapan yang bisa dilakukan saat pembuatan cover diantaranya:

Judul Laporan

Hal utama yang penting pada cover laporan praktikum yaitu judulnya. Sebab, adanya judul tersebut membuat pembaca tertarik membaca laporannya. Sebaiknya hindari pembuatan judul yang panjang. Berikan judul pendek, menarik dan mewakili isi laporan. Letakkan penulisan judul di bagian tengah atas dengan huruf kapital.

Tujuan Penulisan

Cover laporan praktikum bagian kedua berisikan tujuan. Tujuan pada cover laporan memiliki fungsi memberikan penjelasan dibuatnya laporan tersebut. Contohnya “laporan disusun untuk memenuhi tugas sekolah”. Dengan mengetahui tujuan tersebut, pembaca bisa memahami konteks isi dari laporan tersebut meski belum membacanya.

Logo Instansi atau Lembaga

Adanya logo memiliki peranan sebagai tanda identitas instansi atau lembaga laporan tersebut dibuat. Jika anda membuat laporan tugas sekolah, maka sekolah tersebut yang menjadi logonya. Sesuaikan ukuran agar nyaman saat dipandang.

Nama Penulis

Nama penulis atau tim penyusun perlu dicantumkan untuk identitas pembuat laporan. Apabila laporan praktikum dibuat satu orang cukup ditulis satu nama serta identitasnya. Jika laporan dibuat oleh tim, tuliskan semua sesuai abjad.

Nama Lembaga

Cover sebuah laporan praktikum dicantumkan untuk menambah informasi pembaca. Sebagai contoh ” Sekolah Menengah Atas Negeri Cenderawasih”. Jelasnya penulisan tersebut bertujuan agar tidak tertukar dengan lembaga lainnya.

Tempat dan Tahun

Bagian terakhir yang ada pada bagian cover adalah tempat dan tahun. Tujuannya untuk memberikan informasi kapan dan dimana laporan itu dibuat. Tulis tanggal, bulan, dan tahun secara lengkap. Sedangkan tempat hanya cukup dimana kota pembuatannya.

Membuat cover laporan praktikum perlu dilakukan beberapa cara agar menarik dan tepat. Cover laporan perlu diperhatikan untuk menarik minat pembaca.

Leave a Reply