Kesehatan

Waspada Gangguan Pencernaan Ini Pada Bayi

Sebagai seorang orang tua, sudah sepatutnya kita untuk memenuhi semua kebutuhan si kecil. Dimulai dari segala keperluan seperti pakaian,...

Written by Editorial · 1 min read >
waspada gangguan pencernaan pada bayi

Sebagai seorang orang tua, sudah sepatutnya kita untuk memenuhi semua kebutuhan si kecil. Dimulai dari segala keperluan seperti pakaian, dan tempat yang nyaman dan bersih. Dan juga kita harus memenuhi kebutuhan asupan gizi dan nutrisi si kecil. Namun, kita juga harus berhati-hati bila ingin memberi makan atau asupan bagi si kecil. Karena kemampuan bayi untuk mencerna makanan masih berkembang dan belum sempurna. Kondisi ini membuat bayi sangat rentan terhadap berbagai masalah pencernaan.

Bayi yang belum bisa bicara atau masih kesulitan berbicara, tentu tidak dapat memberi tahu apa saja gejala yang dirasakan, yang dapat mereka lakukan hanyalah menangis dan terlihat lemah. Bila kondisi ini terjadi, janganlah menunda untuk pergi ke dokter supaya gejala dan penyakit yang dirasakan tidak bertambah parah dan lebih mudah diobati.

Beberapa gangguan pencernaan yang sering dirasakan pada bayi diantaranya adalah diare. Usus bayi yang lebih sensitive dan lemah dibanding orang dewasa menyebabkan tidak semua makanan yang masuk ke perut si kecil bisa dicerna oleh usus sehingga hal ini akan mengganggu gerakan pada usus dan menyebabkan diare.

Bayi yang mengalami kondisi ini biasanya menunjukkan gejala, seperti sering buang air besar, feses lebih encer, bayi rewel, dan terlihat lemah. Gejala yang lebih parah biasanya ditandai dengan muculnya ruam, demam, menangis saat buang air, perdarahan, dan muncul lender pada feses serta mulut terlihat kering.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh kita sebagai orang tua yaitu dengan meminumkannya larutan gula dan garam atau biasa kita sebut sebagai oralit. Namun, untuk memastikan kondisi yang dialami oleh si kecil, hal tersebut bisa langsung Anda konsultasikan ke dokter. Anda juga dapat membeli obat-obatan yang disarankan oleh dokter di apotik terdekat. Namun, jangan berikan obat tanpa pengawasan dokter, karena dikhawatirkan akan memperburuk kondisi bayi.

Yang terpenting adalah meningkatkan asupan cairan, memilih makanan yang lebih lunak, dan menjaga kebersihan tubuh bayi. Untuk mengetahui gangguan pencernaan lainnya yang dapat terjadi pada bayi, Anda dapat membaca referensi artikel: https://www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi.