Autisme, yang seringnya dialami oleh anak sejak dini, adalah masalah yang sejak dulu sudah menjadi perhatian banyak pihak. Mulai dari dokter, peneliti hingga pemerintah. Ini karena selain jumlahnya yang terus meningkat, upaya untuk menyembuhkan pun terus dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak yang didiagnosa mengalami autisme ini bisa sembuh dan menjalani hidupnya dengan normal sebagaimana anak-anak pada umumnya. 

Mengenal Lebih Dalam Dokter Hardiono 

Diantara banyaknya ahli yang juga memberikan perhatian secara langsung terhadap permasalahan autisme ini adalah Prof. Dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K) atau yang lebih akrab dipanggil dengan dokter Hardiono. Beliau adalah seorang dokter spesialis anak yang saat ini masih aktif melayani pasien di salah satu klinik di kawasan Kelapa Gading Jakarta. 

Meskipun bertitel dokter spesialis anak dan memberikan pelayanan kesehatan di klinik anak, namun Dokter Hardiono juga aktif dalam memberikan konsultasi tentang anak bersama para orang tua. Terutama untuk orang tua yang ingin tahu lebih banyak tentang anaknya yang diduga atau bahkan sudah didiagnosis mengalami autisme. Beliau juga sering memberikan seminar dan berbicara tentang autisme. Beberapa pemikiran Dokter Hardiono tentang anak berikut bisa menjadi pedoman bagi Anda dalam memantau dan menemani tumbuh kembang anak.

Perkembangan Anak adalah Proses yang Kompleks 

Dokter Hardiono pernah berkata bahwasannya perkembangan yang terjadi pada anak pada dasarnya adalah proses yang sangat kompleks. Di sisi lain, proses ini juga sangat menakjubkan untuk diamati. Perkembangan sendiri dibagi menjadi berbagai kategori, mulai dari perkembangan motorik hingga perkembangan emosi, sosial dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, Dokter Hardiono menyebutkan bahwa dari perkembangan yang sudah dialami anak sejak lahir, kemampuan melihat dan mengeksplorasi benda-benda berkaitan erat dengan kecerdasannya di masa depan. 

Setiap Anak Sudah Memiliki Kemampuan Tertentu Sejak Lahir

Dokter yang dalam bio sosial media menyebutkan senang mengobrol tentang kesehatan dan perkembangan anak ini juga menyatakan bahwasannya setiap anak sebenarnya sudah memiliki kemampuan tertentu, bahkan sejak lahir. Maka sebagai orang tua harus tanggap dalam mengenali dan mengasah kemampuan tersebut. 

Beliau juga mengatakan bahwa orang tua harus tanggap dalam melihat adanya hal-hal yang tidak sesuai pada anaknya. Misalnya, beliau memberi contoh, ketika berusia 2 bulan anak tidak memberikan respon saat diajak bermain, maka orang tua harus tanggap membawa ke dokter anak.  

Lihat pula: Brainking Plus, Obat Alternatif untuk Anak Autis

Orang Tua Harus Teliti dan Hati-Hati Kalau Ingin Anaknya Tumbuh Sehat 

Satu lagi nasehat yang diberikan oleh Dokter Hardiono terhadap orang tua berkaitan dengan pertumbuhan adalah teliti dan hati-hati, sejak kehamilan bahkan sejak pertama telat menstruasi yang menandakan adanya kehamilan. Karena, saat ini janin sudah terbentuk, kesehatan anak nantinya akan ditentukan saat itu juga. 

Itu tadi adalah profil singkat dari Dokter Hardiono, dokter spesialis anak sekaligus ahli autis serta beberapa pelajaran yang bisa diambil dari beliau. Melalui pendapat dan nasihat tersebut, sebagai orang tua, Anda bisa mempersiapkan langkah-langkah pertumbuhan anak sejak dini dengan baik.