Dunia Islam

Mengenal Apa itu Nomor Porsi Haji dari Kemenag

Sebagai salah satu negara yang punya penduduk muslim paling banyak di dunia, tiap tahun selalu ada kenaikan peserta haji...

Written by Editorial · 1 min read >
Ilustrasi nomor porsi keberangkatan haji

Sebagai salah satu negara yang punya penduduk muslim paling banyak di dunia, tiap tahun selalu ada kenaikan peserta haji yang ingin beribadah ke Mekkah dan Madinah. Tapi dengan terbatasnya kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi, menjadikan calon jemaah harus mendaftar secepatnya untuk bisa berangkat lebih cepat, berdasarkan nomor porsi haji yang didapatkan usai mendaftar.

Pengertian Nomor Porsi Haji

Yang dimaksud nomor porsi haji adalah nomor antrian keberangkatan haji, yang secara resmi dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI sebagai penyelenggara haji. Isi dari nomor tersebut adalah estimasi tanggal seorang calon jemaah haji bisa berangkat ke tanah suci, disesuaikan dengan kalender Islam dan Masehi.

Nomor ini terdiri dari 10 susunan angka yang memiliki arti tertentu bagi Kementerian Agama yang bekerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi. Dengan kepemilikan nomor ini, Anda bisa dinyatakan resmi sebagai calon jemaah haji dari Indonesia.

Kapan Calon Jemaah Mendapatkan Nomor Porsi Haji

Seorang calon jemaah haji baru akan mendapatkan nomor porsi haji, usai melakukan pendaftaran. Sehingga namanya sudah terdaftar sebagai calon jemaah haji, dan harus menunggu antrian keberangkatan berdasarkan nomor urut yang didapatkan. Semakin cepat Anda mendaftar, maka akan semakin cepat pula bisa beribadah ke Mekkah dan Madinah.

Sebab saat ini antrian keberangkatan sudah cukup panjang, bisa jadi ketika Anda mendaftar saat ini maka keberangkatan baru bisa dilakukan 10 hingga 15 tahun yang akan datang. Beda dengan jalur haji plus yang bisa berangkat sesuai dengan kuota di tahun dimana dia mendaftar, namun tentu dengan persyaratan dan biaya yang berbeda dengan haji umum.

Cara Cek Nomor Porsi Haji

Untuk melakukan pengecekan kapan bisa berangkat haji, bisa menggunakan nomor porsi haji. Anda bisa melihat nomor tersebut pada Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH), yaitu di sudut kanan atas yang bertuliskan nomor porsi. Bisa juga pada bukti yang diterima usai menyetor Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Cara pengecekannya adalah:

  • Masuk ke situs alat untuk pengecekan nomor porsi haji salah satunya di halaman berikut: Cek Porsi Haji.
  • Ketik nomor porsi haji Anda di dalam box nomor yang terdapat di sudut kanan atas situs tersebut.
  • Klik tombol ok, dan informasi keberangkatan akan didapatkan.
  • Jika tertulis error pada database situs tersebut, Anda bisa mencobanya kembali di hari yang berbeda. Tapi, kalau kondisi yang sama berulang kali terjadi maka segera melaporkan hal tersebut ke kantor kementerian agama untuk ditindak lanjuti.

Buat Anda yang akan naik haji, pastikan usai mendaftar Anda sudah mendapatkan nomor porsi haji resmi dari pemerintah. Nomor tersebut akan jadi acuan kapan bisa berangkat, sehingga persiapan bisa dilakukan semaksimal mungkin. Jangan mengabaikan nomor ini, karena sangat berkaitan dengan kesempatan Anda menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah.

Leave a Reply