Sama seperti bertanya seputar penghasilan seseorang, rasanya kurang pas bila menanyakan berapa tarif jasa pengacara. Namun, pertanyaan tersebut mau tidak mau harus diajukan apalagi jika Anda berencana menggunakan jasa seorang pengacara.

Bicara tentang tarif, setiap firma hukum memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan tarif pengacaranya. Tinggi atau rendahnya tarif pengacara sebenarnya bisa dipengaruhi oleh beberapa aspek yang akan dijabarkan dalam artikel ini. Berikut beberapa daftar harga perkiraan jasa pengacara untuk beberapa kasus umum (standar harga kota besar):

Jenis KasusKisaran HargaBiaya Tambahan
Kasus Perceraian6-12 jt
Pidana Umum4-9jt
Pidana Khusus 4-10jt
Hutang Piutang3-12 jtplus success fee
Pertanahan5-12jtplus success fee
Gugatan PMH7-22jtplus success fee
Gugatan Wanprestasi6-12jtplus success fee
KDRT0-4jt
UU ITE1-6jt

Sumber data: Pengacara dan Advokat Surabaya

Bagaimana Penentuan Tarif Jasa Pengacara?

Seorang pengacara junior yang belum memiliki jam terbang tinggi sangat mungkin mematok tarif jasa yang lebih rendah dibandingkan dengan pengacara senior yang sudah punya nama. Padahal bisa jadi pengacara junior tersebut justru lebih cakap daripada pengacara senior. 

Simak beberapa hal yang bisa mempengaruhi tinggi rendahnya tarif pengacara di bawah ini:

Nama Besar

Percaya atau tidak, faktanya nama besar seorang pengacara bisa menentukan besarnya tarif yang ditentukan. Semakin besar dan populer seorang pengacara akan semakin mahal pula tarif yang dipatok. 

Mahalnya tarif dianggap masyarakat awam sebagai fenomena yang wajar karena artinya pengacara tersebut memiliki kualitas dan kemampuan yang baik dalam menangani suatu perkara. Padahal kemampuan pengacara bukan hanya berdasarkan pada tingginya tarif yang ditentukan namun dilihat dari kemahirannya dan kualitasnya dalam memecahkan dan menyelesaikan kasus. 

Tempat Bergabung

Tarif seorang pengacara baru umumnya jauh lebih kecil karena mereka berdiri dengan kakinya sendiri atau bekerjasama dengan firma hukum kecil. Sementara pengacara senior dengan pengalaman menyelesaikan kasus yang banyak memiliki kesempatan bekerjasama dengan firma hukum besar yang mampu menggajinya lebih banyak.

Akibatnya perbedaan tarif pengacara terlihat sangat jomplang, meski demikian kualitas layanan yang diberikan pun ikut berbeda. Ketika Anda menggunakan jasa pengacara dari firma hukum besar, Anda akan memperoleh pelayanan terbaik kualitas nomor satu. 

Kasus yang Diperkarakan

Banyak klien yang suka salah kaprah dan mengganggap seluruh perkara hukum bisa dengan mudah diselesaikan oleh seorang pengacara. Padahal beda kasus beda pula cara pendekatan dan teori yang dibutuhkan.

Semakin sulit suatu kasus biasanya akan semakin sulit pula bagi seorang pengacara untuk membela hak-hak kliennya. Artinya, tarif yang dipatok untuk menyelesaikan kasus ini jauh lebih tinggi daripada kasus biasa. 

Namun jangan pula muda terjebak dengan tarif tinggi yang dipatok suatu pengacara. Beberapa kasus ringan umumnya bisa diselesaikan dengan mudah, jangan sampai Anda menghabiskan banyak uang untuk membayar pengacara ketika menyelesaikan kasus tersebut. 

Pada dasarnya, kualitas yang dimiliki oleh seorang pengacara tidak hanya dilihat berdasarkan tarif jasanya. Tidak menutup kemungkinan, Anda akan menemukan jasa pengacara handal yang justru memungut tarif kecil. 

Daripada mencari pengacara dengan melihat besar kecilnya tarif jasa mereka, akan lebih baik lagi bila Anda menilai pengacara berdasarkan bukti pekerjaannya. Perhatikan dengan baik bagaimana profile mereka, pengacara yang baik dan profesional memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menyelesaikan kasus.

Sementara pengacara yang kurang handal cenderung memiliki prestasi lebih sedikit. Mereka tidak bisa mengembangkan kariernya bukan karena keadaan tapi karena kemampuan intelektualnya yang kurang mumpuni. Sebagai seorang klien, sudah sewajarnya jika Anda menyeleksi dengan baik masing-masing pengacara sebelum menggunakan jasa mereka.

Write A Comment