Cara Buat Suara Google di Telegram dan Download dalam Format Mp3
Cara Buat Dan Download Suara Google Lewat Chat Telegram
Cara Buat Dan Download Suara Google Lewat Chat Telegram

Cara Buat Suara Google di Telegram dan Download dalam Format Mp3

Beberapa orang suka melakukan natural language atau teknologi agar bisa berkomunikasi melalui internet layaknya manusia. Aplikasi yang dapat digunakan seperti suara Google sehingga bisa menjadikan suara menjadi teks.

Aplikasi ini bisa disebut sebagai Text to speech dan menjadi tren akhir-akhir. Untuk kemudahan dalam berkomunikasi cara ini bisa dikatakan sangat efektif dan banyak digunakan oleh pengguna Google.

Cara Membuat Suara Google di Telegram

Aplikasi chatting Telegram yang sering digunakan oleh sebagian orang ini memang bisa menggunakan Google Text to speech. Caranya adalah dengan menggunakan chatbot seperti yang ada pada chatting layaknya aplikasi Telegram.

Dengan menggunakan chatbot tersebut maka Anda bisa mengubah sebuah tulisan ke dalam bentuk suara bahkan dalam berbagai bahasa. Meskipun untuk Bahasa Indonesia masih belum bisa digunakan, namun tak ada salahnya untuk mencobanya.

Pastinya Anda penasaran dengan cara yang bisa digunakan, maka bisa mengikuti langkah di bawah ini:

Bot Text To Speech Di Telegram
Bot Text To Speech Di Telegram
  • Pertama, Anda bisa membuka aplikasi Telegram yang sudah terinstal dan sudah Login pada akun pribadi Anda.
  • Atau bisa menggunakan browser dengan menggunakan Web Telegram pada URL https://web.telegram.org/ dan masuk ke akun pribadi Anda.
  • Lakukan search dengan menulis pada kolom pencarian yaitu @TTSBot atau bisa menggunakan tautan https://t.me/TTBot jika Anda kesusahan mencari chatbot tersebut. Pastikan bahwa chatbot tersebut memang resmi milik Text To Speech dengan melihat foto profil yang benar.
  • Jika sudah menemukannya, maka bisa klik Start atau Send Message agar bisa melakukan percakapan dengan TTSBot tersebut.
Pilih Bahasa Dan Download Mp3 Suara Google Di Telegram
Pilih Bahasa Dan Download Mp3 Suara Google Di Telegram
  • Setelah itu, akan muncul Menu dan bisa klik Speak.
  • Untuk caranya adalah dengan mengetikkan kata-kata yang ingin Anda ubah menjadi sebuah suara pada kolom chat. Jika sudah diketik, maka bisa klik Kirim atau Send.
  • Lalu, jika sudah berhasil akan muncul file audio yang bisa langsung diputar atau diunduh sehingga Anda bisa mengirimkan ke berbagai chat atau menyimpannya.
  • Akan tetapi, harus menekan tombol Download terlebih dahulu atau tombol Play yang fungsinya masing-masing.
  • Proses selesai sehingga Anda berhasil dalam melakukan pengubahan teks ke bentuk suara Google.

Untuk cara di atas biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memerlukan penjelasan dengan kata-kata, namun malas untuk bersuara. Hal tersebut bahkan lebih efektif karena Anda tidak perlu takut salah mengatakan sesuatu.

Jika ada yang salah, tinggal edit dengan menghapus kata yang salah tersebut. Ini akan sangat menyenangkan dan berguna bagi Anda yang butuh sebuah file audio dalam suatu pembahasan.

Cara Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan Telegram untuk menghasilkan suara Google, ternyata Anda juga bisa merubah teks ke dalam suara tanpa menggunakan aplikasi. Untuk caranya sendiri hanya membutuhkan situs yang dibuka pada browser seperti Google Chrome.

Menariknya, untuk cara ini bisa Anda gunakan dalam bentuk Bahasa Indonesia yang mana belum bisa dilakukan pada Telegram untuk Suara Google ini. Pilihan ini menjadi terbaik dan pastinya mudah digunakan dan hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Jika Anda penasaran dengan langkah mengubah teks menjadi suara Google tanpa aplikasi, maka bisa menggunakan langkah di bawah ini:

Download Suara Google Translate Di Situs Sound Of Text
Download Suara Google Translate Di Situs Sound Of Text
  • Masuk ke browser pada PC atau Laptop Anda, kemudian masuk ke soundoftext.com.
  • Setelah itu, scroll ke bawah hingga muncul kolom text dan Anda bisa memasukkan tulisan di sana yang ingin diubah pada suara Google.
  • Kemudian, pilihlah bahasa pada kolom Voice dan untuk bahasa Indonesia tinggal klik Indonesian.
  • Klik pada tombol Submit agar teks berhasil diubah ke dalam suara yang diinginkan.
  • Lalu, lihatlah pada kolom Sounds yang ada di bagian bawah dan bisa memilih opsi Play atau Download pada file audio mp3.

Untuk cara kedua ini memang mudah dilakukan sehingga Anda bisa mendapatkan file audio MP3 hanya dengan waktu cepat. File sound of text yang diubah menjadi audio ini ternyata dapat dikirimkan melalui media sosial yang diinginkan seperti WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Referensi terkait: Sound of text di WhatsApp

Anda tak perlu khawatir dan bingung apakah suara yang dihasilkan menjadi aneh. Jawabannya adalah tidak karena logat sudah disesuaikan dengan bahasa pilihan masing-masing. Meski masih terdengar seperti suara robot, namun efektif untuk dicoba dalam memberikan penjelasan suara.

Written by
Redaksi Pelita

Please note

This is a widgetized sidebar area and you can place any widget here, as you would with the classic WordPress sidebar.